Review OST C20 - The Best Vitamin C Serum



review ost c20 indonesian

Hai. Welcome to my planet 🎀
Di postingan kali ini alhamdulillah suasana hati membaik karena bekas jerawat mulai memudar. haha. Dan ini adalah review ke-4 aku. 
Sebelumnya mau curhat dulu ya.
Pada awalnya mulai berpikir kenapa aku bisa ada keinginan beli-beli hal semacam ini. Dari dulu sih sebenernya selalu ada interest buat skin care, tapi maunya yang simple, soalnya kulit muka aku bukan tipe yang sulit dirawat. Dari zaman smp enggak pernah jerawatan, jerawatan paling 1 atau 2 aja dan itu jerawat hormonal alias jerawat musiman kalo pas mau menstruasi. Jerawat hormonal semacam itu biasanya ilang sendiri tanpa perlu perawatan khusus, dan bekasnya juga cepet ilang. Sebenernya tipe kulitku ini lebih ke normal cenderung kering, berminyak juga sewajarnya. Sewajarnya? Yap, karena beberapa kondisi internal maupun eksternal bisa jadi penyebab kulit jadi berminyak beberapa waktu, bukan dalam jangka waktu yang lama. Jadi dari dulu perawatan kulit wajah palingan berakhir sampai toner atau cleanser aja, dan itu gak bikin kulitku jadi gimana2, tetep baik-baik saja.

Nah, lalu apa yang memutuskan untuk beli-beli skincare macam ini? (bahkan yang dibeli langsung ke serum) karena, beberapa waktu lalu kalo ga salah bulan Agustus sempet jerawatan yang muncul banyak banget di daerah bawah mata, dan jerawat yang muncul tipe jerawat batu dan pustula. Jerawat pustula itu ukurannya gede-gede terus warnanya kemerahan. Panik, sebel, bete banget. Dalam waktu sekitar 2 minggu muka ancur lebur penuh kerusakan dimana-mana. Sampai sekarang belum tau penyebab pastinya. Nah, kerusakan itu yang jadi awal mula kenapa aku mulai concern soal wajah. 

Jerawat muncul, udah pasrah, mungkin akan ilang pada waktunya. Kutunggu dengan sabar, eh malah tambah banyak. Beli obat jerawat, si Benzolac alhamdulillah ngebantu, tapi karena jerawatnya gede-gede banget, jadi ada bekas warna item dimana-mana (Ya Allaaaah). Sedih, banyak yang tanya kok bisa jerawatan parah, akupun ga tau jawab apa, kubilang aja lagi stress, lagi mau mens. Jadi kemana-mana pake masker buat nutupin jerawat yang sebagian besar di sekitar hidung dan pipi. Nah sekitar bulan September pertengahan, jerawat udah mulai kering, tapi aku mulai resah dengan bekasnya yang masha Allah. Jadi mulailah dari situ cari-cari obat penghilang bekas jerawat, rajin baca review obat dan kosmetik, rajin baca cara ngerawat kulit. Dan ketemu nih serum dari seorang vlogger asli Indonesia. 
Aku juga mulai rajin baca-baca review soal serum OST C20 ini dari beauty blogger, dan banyak yang puas sama hasilnya. Lalu kuputuskan untuk beli deh ini serum di olshop (macam instagram, tokoped, shopee) gitu udah banyak yang jual kok. Harganya kisaran 180rb - 250rb. Aku beli di salah satu olshop di instagram dan harganya 200ribu include ongkir. yay lumayaaan.

Sebelum beli serum c20 ini, sempet coba serum probio-C sih, soalnya kadar vitamin C nya 10%, tujuannya aku coba yang konsentrasi sedang dulu, biar kulit beradaptasi, besok pas pake c20 biar kulit gak response yang berlebihan. Untuk review serum probio C bisa klik disini yaa.
 
FYI. Penggunaan serum vitamin c konsentrasi rendah s.d sedang (5%-10%) ditujukan untuk merawat kulit. Sedangkan untuk pengobatan biasanya digunakan konsentrasi tinggi (diatas 15%). Jadi, ost C20 ini termasuk yang konsentrasi tinggi dan digunakan untuk pengobatan seperti jerawat batu beserta bekasnya yang sedang kuderita ini.

Cekidot dulu yuk ke penampakan OST C20 asal Korea ini.

packaging ost c2o serum vitamin c

Brand : C20
Series : Original Pure Vitamin C20 Serum 
Price   : 150k - 250k
 
Kenapa namanya OST c20? OST sendiri kayanya brand kepanjangan dari Only S. Trend. Itu yang tertulis di boxnya. wkwk. Karena kandungan vitamin c didalamnya 20%, maka dikasih nama C20. 
Terpampang secara nyata botolnya kecil berwarna gelap, merupakan ciri khas botol serum vitamin C, karena vitamin C mudah teroksidasi jika terkena cahaya terutama cahaya matahari, jadi dibuatlah packaging berupa botol kaca yang gelap.
Beberapa saran aja sih, kalo beli pastikan ditempat yang trusted, kalo olshop ya pastikan yang reviewnya bagus, followernya banyak, dan adminnya aktif. Pastikan juga untuk tanya apakah barang dikirim dengan packaging yang aman atau gak. Ini contohnya yang aman, karena botol kaca cenderung mudah pecah saat proses pengiriman, biasanya seller yang kreatif bakal kasih bubblewrap buat melindungi. Contohnya dibawah ini:


Description and claims
Original Pure Vitamin C20 Serum. A replenishing facial treatment infused with vitamin C. C20 vitamin serum delivers a multitude of complexion benefits for beautifully healthy skin. Pure vitamin C refine, brighten, balance, and tone skin for a radiant appearance. 
Lebih lengkap silakan dibaca dibawah ini yaaa. Ada tulisan hangeulnya, tapi ada keterangan pake bahasa inggris juga kok.




Ingredients 




Banyak banget ya ingredientsnya. Boleh dicermati sendiri. Tapi masih ada yang perlu digaris bawah tuh. Masih ada Alcohol, Methylparaben, dan Propylparaben. Sedih sih, semoga ada edisi dimana ost c20 ngadain inovasi semacam harmful-free ingredients. Biar aman dipakai jangka panjang.

How To Use
After cleansing and toning, apply 2-3 drops gently all over face everyday night as Serum. Recommend to use at night applying sunblock is essentially needed during daytime.

Cara pakainya bersihkan muka dulu pakai cleanser, terus pake toner, setelah toner terserap sempurna baru olesin nih serum. Cukup gunakan 2-3 tetes dan ratakan ke seluruh muka. Lebih baik jangan pakai siang hari, karena seperti yang sudah kujelaskan, vitamin C mengalami oksidasi jika terkena cahaya matahari, takutnya nanti berefek pada kulit. Dan itu juga udah diperingatkan, semisal dipakai siang hari setelah itu harus pakai sunblock atau sunscreen.

Baca Juga : Banana Boat Sunscreen SPF 50

Yuk lanjut, gimana cara ambil serumnya?
Pertama. nanti di dalam box include pipet yang tujuannya buat mengambil serum itu sendiri. Dan pipet ini sebenernya juga ngebantu buat lihat warna serumnya. Karena ada kalanya si ost c20 ini nanti teroksidasi dan warnyanya berubah, bisa jadi lebih gelap, entah kekuningan atau kecoklatan. Nah lewat pipet ini nanti bisa ngebantu banget buat lihat perubahan warnanya.
Kedua. Buka tutupnya, lalu buang (kejam amat) dan ganti dengan pipet ini. Jadi si pipet ini sebagai tutup pengganti. Higienis kan? Silakan lihat gambar dibawah ini yaaa..






Nah info penting lagi, saat beli harus tau manufactured date nya yaa. Sebelum beli tanyakan pada sellernya kapan serum dibuat. Dan nanti dibotol bawah ada keterangannya, manufactured sama expired date. Serum ini setidaknya harus dihabiskan dalam 3 bulan setelah tutup dibuka, karena setelah itu khasiatnya sudah berkurang. Dan jangan lupa simpen di kulkas setelah dibuka. Kalo mau dibawa travelling atau pergi beberapa hari, tinggal beli botol kecil terus pindahkan serum secukupnya. Pengalaman pribadi selama 4 hari tidak dikulkas serum tidak ada perubahan bentuk dan warna kok, fungsinya juga masih bisa dirasakan.

Baca Juga : Cara Menyimpan Serum Vitamin C



Yuk sekarang saatnya mencobaaa...





First Impression
Pertama mencium baunya, bau khas vitamin C sih, bau-bau asam tapi samar dan enggak mengganggu. Terus warnanya kalo masih baru bening dan sedikit kekuningan yaa, patut dicurigai kalo warnanya udah berubah kuning tua atau kecoklatan.
Waktu kena kulit rasanya bener-bener lengket dan cukup berat. Setelah diserap (sekitar 1-3menitan) pun tetep masih meninggalkan rasa lengket. Tapi ga masalah sih, toh mau dibawa tidur juga kan. Asal pakainya ga terlalu banyak, lengketnya ga mengganggu kok. Tapi kalo aku lebih seneng pakai lebih banyak di area yang banyak blemishnya. Jadi, aplikasikan lebih banyak di area yang banyak flek hitam atau ada jerawat misalnya, dan ini opsional aja. Setelah pakai nanti rasanya lembab, bahkan sampai bangun tidur sekalipun.

Yang notice disini adalah pemakaian pertama akan ada tingling sensation alias cekit-cekit agak panas. Hal itu wajar, ya karena sifat asam kan emang bikin perih kalo terkena sel/ jaringan, apalagi kalau baru pertama kali pakai, kulit harus beradaptasi dulu. Jadi lebih baik hindari area luka/ lecet/ jerawat yang sudah pecah biar gak perih. Aku juga ngalamin itu waktu pertama pakai. Ada rasa cekit-cekit dikit, tapi beberapa menit ilang sendiri. Bahkan bukan cuma di pemakaian pertama, tapi kedua ketiga juga masih ada sensasi tingling. hihi

Gimana? mulai penasaran? Bentar, aku mau curhat lagi gimana efek serum ini setelah beberapa hari pemakaian.

Does it work for my skin?


Awal pakai pada pertengahan September 2016. Karena habis travelling, kena panas, kulit agak gosong, dan kusam banget. Sebelum pake serum memang udah jerawatan terutama di dahi dan pipi,  ada beberapa bekas jerawat, dan banyak bruntusan yang ga jelas bentuknya karena saking banyaknya. Terus mulailah nyoba nih serum yang udah aku simpan kurang lebih setengah bulanan karena ragu mau pakai. 
Pertama kali pakai emang bener banget ada sensasi tingling. Jadi pertama pake, mending oles tipis-tipis aja, biar gak over tingling. Paling 3-4 tetes dan itu udah cukup untuk diratakan di seluruh wajah.
Nah ini penampakan mukaku pas jerawatan. *Photo taken under the lamp, biar detailnya jelas, tanpa flashlight. 

This is before and after using c20....
 

Itu ada jerawat yang udah mengering, dan ada yang mau numbuh, ada bintik-bintik bruntusan cukup banyak. Aku ini jerawatannya cuma di muka bagian kiri aja, yang kanan bersih ga ada jerawat (lucu memang).
Nah after using c20 selama 3minggu, kurang lebih seperti itu lah hasilnya. Bekas jerawat yang kehitaman sudah lumayan memudar, tekstur kulit jadi lebih halus, kulit terasa sangat lembab dan lebih kenyal. Dan yang paling aku suka, dia bisa ngilangin whitehead. Otomatis pori-pori jadi terlihat ringkes dan muka keliatan bersih. 

Kalau untuk jerawat, yang aku rasain serum ini gak bisa mengobati jerawat atau bikin jerawat kempes seketika. Tapi yang jelas serum ini bikin jerawat lebih kalem dan bekasnya jadi cepet ilang. Mungkin karena efek eksfoliasi vitamin C 20% yang bisa membantu kulit beregenerasi lebih cepat. 

Why do i like this product?
Sudah liad sendiri kan hasilnya? akupun juga lumayan takjub. Setiap malam hari sebelum tidur aku sempetin untuk mantengin muka yang super kusam, nah ntar pas paginya bisa glowing banget.
Satu hal yang aku suka banget dari serum ini, yaitu bisa koreksi skin tone aku, kulit jadi lebih cerah, lebih seger, dijamin bangun tidur syok banget lihat muka sendiri. Bekas jerawat pun lama-lama memudar, asalkan pakainya rutin dan telaten. 

Setelah pakai beberapa kali juga aman-aman aja. Gak ada proses purging ataupun bruntusan. Kalaupun muncul bruntusan itu wajar, vitamin C kan sifatnya mengeksfoliasi kulit. Jadi jangan takut, stop beberapa hari kalau ada bruntusan. Dan silakan lanjutkan pemakaian kalau bruntusan sudah mereda.

So, this is my conclusion about this product :
1. Correcting my skin tone.
2. Reduce blemishes/ dark spot.
3. I feel the brightening effect.
4. Ga bikin komedoan
5. Ga bikin purging dan bruntusan 
6. Mengurangi acne scar

But, I realize that this product may be harmful for long therm using. 
Semoga ost benerin ingredientsnya lagi, biar makin aman dan natural. Btw, untuk hasil dari penggunaan serum ini mungkin akan berbeda di setiap kulit.

UPDATE!! (December 2017)
BTW aku sudah stop pakai serum ini karena wajahku udah membaik. Bekas jerawat sekarang udah bener-bener ilang, dan aku pakai 1 tube itu habis selama 4-5 bulan. Dibarengi dengan produk pendukung lain, kulit jadi bener-bener membaik kok. 

Bagi yang sudah baca, diatas aku sempet nulis harapan buat si c20 supaya benerin ingredientsnya yang masih mengandung paraben dan turunannya. Nah, kebetulan aku enggak sengaja searching di online shop, terus liad ost c20 ini kok tampilannya jadi beda. Ternyataaa, OST C20 ini ganti nama jadi Tiam My Signature C-Source Serum. Dan yang bikin aku takjub, mereka juga update ingredientsnya. This is the currently ingredients of  My Signature C-Source Serum
 
Ingredients 

Water, Ascorbic Acid, Alcohol, Sodium Lactate, Butylene Glycol, Glucose, PEG-60 Hydrogenated Castor Oil, 1,2-Hexanediol, Phenoxyethanol, Sodium Hyaluronate, Bis-PEG-18 Methyl Ether Dimethyl Silane, Xanthan Gum, Diethoxyethyl Succinate, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/VP Copolymer, Carthamus Tinctorius (Safflower) Flower Extract, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Glycerin, Zinc PCA, Panthenol, Niacinamide, t-Butyl Alcohol, Camellia Sinensis Leaf Extract, Beta-Glucan, Tocopheryl Acetate, Lecithin, Caprylic/Capric Triglyceride, Ubiquinone, Diisopropyl Adipate.


Mungkin pihak C20 baca review ini kali yaa. Hehe. Mereka beneran upgrade ingredientsnya menjadi lebih aman, dan benar-benar free paraben. Dan doaku terkabulkan sudah. Untuk review lengkap yang versi terbaru silakan klik link ini 
Tiam My Signature C-Source Serum Review

Jadi gimana? Masih berani coba shampoo lain? hahahaha
Akhirnya selesai juga review kali ini. Tapi kalau masih ada yang kurang jelas, bisa email atau komen dibawah ya. Thanks for reading my review

Review OST C20 - The Best Vitamin C Serum Review OST C20 - The Best Vitamin C Serum Reviewed by Dini Nh on October 21, 2016 Rating: 5

26 comments:

  1. Boleh tau dlu beli di olshop apa say?thx 😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai sis. Aku belinya di ig, tapi lupa nama tokonya soalnya udah lama banget. Cari di shopee udah banyak yang jual kok sis :)

      Delete
  2. kalau misal ada pake obat jerawat. pakenya setelah serum atau sebelum serum??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kandungan obat jerawatnya apa ya kak? kalau ada benzoyl perokside atau asam salisilat sebaiknya jangan pake bareng sama vitamin c yaa, nanti bisa jadi over exfoliate dan iritasi :)

      Delete
  3. hai, waktu pakai serum c20 ini km pake combine pake skincare apa lain ga? pake essence gitu ga?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa, aku layering pake skincare lain. Dari toner, essence, serum, moisturizer. Produk yang aku pakai sudah aku review semua, silakan di cek sendiri ya. Dan hasilnya juga oke2 aja, malah muka makin membaik :)

      Delete
  4. Hallo, pernah ga di mix sama St.ives yg Fresh Skin Apricot Scrub trus pakein C20? boleh kah? soalnya tadi baca ga menyimpang ingridientsnya..

    ReplyDelete
    Replies
    1. Hai widy. Jujur belum pernah sih. Tapi st.ives (scrub) kan masuknya physical exfoliator, aku sering pakai scrub terus pakai serum vitamin c. Vit C juga punya fungsi sbg exfoliator, tapi waktu dipakai berurutan hasilnya enggak over exfo tuh. Malah efek serum jadi lebih kerasa.

      Delete
  5. hai kak, waktu pakai serumnya di bulan ke 5 itu serumnya udh berubah bentuk atau belum? lalu pas itu habis kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga berubah bentuk sih, cuma warnanya memang jd lebih kuning. iya aku habisin, tp untungnya gpp sih. hihi

      Delete
  6. Pernah denger produk amoorea gak ka?.nah kalo di mix sama skincare dari amoorea boleh gak yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur baru denger ini. Tapi udah aku cari komposisinya, ga ada yg kontradiktif sama vit c sih. Jadi kemungkinan aman kalo di mix

      Delete
  7. Boleh tau pake cleanser dan tonernya merk apa ya?😊

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku ga pake cleanser krna jarang pake make-up. Jadi cukup face wash aja dari hada labo. Tonernya dari secret key. Semua pernah aku review kok. Coba cek di postingan sebelumnya ya :)

      Delete
  8. Semisal stelah pakai serumnya di pakein NR gel boleh ngga ya kak? Hihi

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh bgt. malah jadi bagus di muka :)

      Delete
  9. Kak kalau tonernya pakai cuka apel kira2 bermasalah gak yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Cuka apel kan termasuk asam sis, menurutku mending jgn dipake bebarengan, takutnya bikin iritasi. cari aman aja, di pake selang seling. hihi

      Delete
  10. Kakak makenya di siang hari juga gk?

    O iya kak. Aku juga mau nanya nihh.
    Aku kan pake toner dan face wash nya Acnes Natural Care yg dari Rohto itu. Gpp kan kalau di pake sama serum ini?

    Jawab ya pleaseee. Thankyou

    ReplyDelete
    Replies
    1. Vit c ga boleh dipake siang hari ya sis, kalaupun iya harus pake sunscreen. Jadi aku pakenya malem terus, soalnya kalo pake siang muka jadi iritasi. huhu.

      Iyaa gpp banget, gak ada bahan yang kontradiktif kok. Semoga membantu ya :)

      Delete
    2. Makasih y kak udh mau jawab😆

      Kalau pakenya malam aja, kakak bisa ngerasain perbedaan di kulit kakak dalam jangka waktu yg pendek kan?

      Soalnya aku pengin supaya serumnya cepat bereaksi ke aku. Tapi takut pake siang hari walaupun udh pake sunscreen.

      Delete
    3. Tergantung prmasalahan kulit sih. Kalo pengalaman pribadi, semisal buat ngilangin bekas jerawat biasanya 2-3 minggu baru bener-bener ilang. Semua butuh waktu, harus telaten :)

      Delete
  11. Toner secret key nya yg apa sis kan bnyak tuh...

    ReplyDelete
    Replies
    1. yg aloe moist toner sis. sudah ku review kok. cek di postingan sebelumnya ya :)

      Delete
  12. Kan aku lg perawatan dari dokter nih. Kalo pake serum itu gimana ya gapapa apa bakal over?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sejujurnya aku kurang paham sama produk dari dokter. Tapi kalo mau coba pake serum vit c, coba aja dipake selang seling dulu. Misalnya hari ini pake serum, hari berikutnya pake produk dokter. Jangan pake bebarengan, takutnya ada bahan yg kontradiktif.
      Semoga jawaban ini membantu ya...

      Delete

Powered by Blogger.