Cara Memindahkan Produk Skincare (Share in Jar) Dengan Steril dan Aman


Bahasan kali ini masih seputar skincare, yaitu tentang bagaimana suatu produk di pindah dari satu wadah (container) ke wadah yang lain dengan tujuan tertentu.

Disclaimer : Tulisan kali ini benar-benar didasarkan pengalaman pribadi dan beberapa konsep yang sudah aku pegang sebelumnya. 


Apa itu share in jar?

Mungkin masih banyak yang belum tau konsep share in jar. Pada intinya, share (membagi) in (kedalam) jar (container). Membagi suatu produk ke dalam wadah-wadah tertentu dengan tujuan tertentu. Pada umumnya share in jar ini dipakai oleh penjual produk kecantikan yang pengen produknya terjual dengan ukuran 'sample size'. Sample size di satu sisi memang menguntungkan, tapi di sisi lain juga harus diperhatikan. Apakah si penjual memindahkan produk itu secara benar? Apakah produk dalam pecahan wadah tersebut benar-benar higienis?

Apa keuntungan share in jar?

Dari penjelasan diatas mungkin sudah mulai paham kenapa suatu produk harus dibagi-bagi ke kemasan yang lebih kecil. Beberapa keuntungannya yaitu

1. Sebagai sample size
Cewek meskipun boros, tapi kadang masih mikir kok. Kalau kebetulan nemu produk yang mahal, isinya banyak, dan belum pernah coba sebelumnya. Pasti yang jadi incaran adalah kemasan share in jar. Karena dengan itu kita bisa coba dulu. Kalaupun gak cocok, masih cenderung aman dan gak membuang banyak sisa produk. Bayangkan ketika beli produk mahal, full size, setelah dipakai ternyata bikin kulit bermasalah. Pasti dilema juga, mau dikemanakan sisa produk yang tidak terpakai itu.

2. Memudahkan untuk dibawa (travelable)
Beberapa pengguna skincare, sangat membutuhkan kemasan skincare yang lebih travelable agar bisa dibawa kapanpun kemanapun tanpa memakan banyak tempat. Contoh produk dengan kemasan yang memakan tempat adalah essence, aloe gel, toner. Ketiga produk tersebut kemasannya selalu khas. Super gede, memakan tempat, dan berat. Jadi kurang mendukung untuk dibawa-bawa.

3. Ekonomis
Bisa dibilang kemasan share in jar harganya lebih murah. Tapi harus tau juga apakah isi produk benar-benar ditakar dengan benar, atau malah kurang dari takaran yang dijanjikan? Yang jelas, keuntungannya kamu bisa mencoba produk yang mahal tapi dengan harga yang lebih murah. Dan untuk masalah harga pada akhirnya sangat relatif dan pasti berbeda pendapat dari pengguna satu dan lainnya.


Bagaimana prinsip sterilitas untuk memindah produk?

1. Selalu anggap bahwa produk dalam kemasan itu steril
Ingat ya, ini prinsip dasarnya. Entah itu produk dalam bentuk cream, liquid, atau gel, yang jelas apapun yang berada di dalam container, harus kamu anggap steril.

2. Jaga sterilitas produk
Apa artinya steril? Steril secara sederhana diartikan bebas kuman, bakteri, spora, ataupun patogen. Meskipun suatu produk dipastikan sudah memiliki preservative (pengawet), tapi kita tetap harus perhatikan agar produk tetap terjaga kualitasnya.

Bagaimana agar produk tetap steril?
Prinsipnya, jangan sampai barang yang non-steril masuk ke tempat steril. Kalau kamu ragu untuk mengambil produk (misalnya cream) yang disitu tidak disediakan aplikator (alat) untuk mengambil produk, kamu bisa gunakan aplikator seadanya yang kamu punya. Misalnya sendok kecil, stick bekas, atau aplikator apapun yang kamu punya. 

"Nah, kalau sembarang aplikator dipakai untuk mengambil produk, nanti produk jadi ga steril dong?"

Pertanyaan diatas tepat dan benar. Meskipun sudah pakai bantuan alat untuk mengambil produk, kalau alatnya kotor ya jadi sama saja. Percuma. Pada akhirnya produk tetap tidak higienis.

Lalu, gimana caranya? Simak penjelasan penting berikut.

Jadi begini tips dan caranya agar produk yang kamu pindah tetap steril. Kalaupun gak steril, minimal lebih higienis dan mengurangi kontaminasi kuman.

1. Pindahkan Produk dengan Prinsip Steril

Produk cream:
Untuk memindahkan produk yang berupa cream yang dikemas di dalam jar, kamu bisa gunakan aplikator/alat bantu untuk mengambil produk tersebut.

Silakan pakai sendok, stick kecil, atau alat lain untuk mengambil produk. Tapi syaratnya, aplikator tersebut harus dalam kondisi steril. Caranya, gunakan air panas untuk merendam aplikator. Atau cukup siram beberapa kali dengan air panas. Meskipun menyiram dengan air panas tidak membunuh spora, melainkan hanya bakteri saja, tapi hal ini lah yang paling sederhana dan memungkinkan. Kalau mau lebih steril lagi, bisa dengan merebus alat/aplikator tersebut dalam air mendidih selama 5-10 menit.

Produk cair :
Produk cair seperti toner, essence, serum, seringkali dikemas dengan wadah besar yang sulit untuk dipindah.
Caranya : Gunakan Spuit (suntikan) untuk mengambilnya. Suntikan sudah dijamin sterilitasnya. Dan kamu juga bisa pakai berkali-kali selama ujung jarumnya selalu tertutup rapat.
Ambil produk dengan spuit, dan pindahkan ke jar yang kamu punya. Untuk jarnya, sekarang ini sudah tersedia banyak di toko-toko kosmetik dengan model, ukuran, dan harga yang bervariasi. Ini contoh yang aku punya.


Dan memindah produk pakai suntikan ini adalah cara paling simple, aman, dan dijamin sterilitasnya. Aku pakai cara ini sebenernya karena gak sengaja, dirumah punya banyak suntikan yang masih steril, dan bingung dipakai untuk apa. Tiba-tiba kepikiran untuk memindah produk seperti essence dan toner. Kalau kamu pengen coba cara ini, kamu bisa beli suntikan di apotek secara bebas, harganya sekitar 6000-8000/buah.


Diatas itu adalah contoh tube STE. Sangat bulky, tubenya dari kaca, dan gak travelable. Padahal essence ini produk yang wajib aku bawa saat bepergian. Waktu dituang, STE ini selalu tercecer dan tumpah-tumpah. Makanya, penggunaan spuit untuk memindah produk ini sangat membantu sekali.

2. Jaga Sterilitas Aplikator

Cukup letakkan aplikator / suntikan di dalam wadah terutup atau bisa juga langsung letakkan aplikator di dalam produk. Walaupun produk tetap berisiko terkontaminasi kuman, tapi setidaknya sudah diminimalkan sejak awal. Untuk suntikan sudah aku jelaskan ya, selama jarumnya tertutup rapat, kamu bisa pakai berkali-kali.

Cara diatas adalah tips sederhana yang selalu aku pakai untuk menjaga produk tetap higienis bahkan steril, meskipun dipindah ke container lain. Semoga tips ini bermanfaat ya. 

Thanks for having me. See you in the next post...

Cara Memindahkan Produk Skincare (Share in Jar) Dengan Steril dan Aman Cara Memindahkan Produk Skincare (Share in Jar) Dengan Steril dan Aman Reviewed by Dini Nh on January 26, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.