Review Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid


Masih ingat bahasan sebelumnya mengenai AHA as a chemical exfoliator?
Aku ulas sedikit ya. Alpha Hydroxy Acids atau AHA adalah salah satu jenis asam yang larut dalam air. Karena itu dia lebih cocok digunakan untuk jenis kulit kering dengan skin concern: menyamarkan dark spot, menghilangkan bekas jerawat, mengurangi whitehead, dan sebagai  moisturizer agent

Karena sifatnya yang hanya larut air, AHA tidak bisa menembus pori-pori yang berisi sebum (minyak). Jadi AHA akan bekerja di permukaan kulit saja, tepatnya di lapisan epidermis. Dan sifatnya yang cenderung mild, membuat AHA sangat tepat untuk dijadikan chemical peeling bagi pemula.

Setelah berkali-kali searching dan ragu mau pake acid, akhirnya keturutan juga cobain si AHA. Produk yang aku pilih kebetulan brand dari Cosrx. Ini adalah produk cosrx pertamaku. Belum tau bakal cocok apa enggak, tapi dari awal baca claims sama ingredientsnya sih aku yakin bakalan cocok. Seperti yang kalian tau, korean skincare selalu bikin ingredients yang simple, tanpa tambahan yang neko-neko.

Berikut ini reviewnya!!

Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid

Brand and series
Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid

Why cosrx? karena ini yang paling mudah ditemukan, paling banyak dijual dipasaran, dan reviewnya udah ada dimana-mana. Cari informasi jadi sesuatu yang wajib sebelum kita beli produk. Kita harus tau bener, terutama bahan-bahannya, pelajari sejauh yang kamu bisa. Dan semisal ada bahan yang kita tahu itu kontradiktif, kita jadi bisa aware dari awal. Inilah alasan kenapa aku selalu beli produk yang hype dan banyak dipakai. Supaya gampang cari infonya, dan pasti banyak pengalaman yang bisa jadi referensi kita. 

Features 
Savior for skin without control of whitehead and sebum.  

Claims
  • Formulated with 7% Glycolic Acid(AHA), AHA 7 Whitehead Power Liquid gently exfoliates skin and helps reveal a radiant even-toned complexion.
  • AHA 7 Whitehead Power Liquid includes apple water containing natural AHA and Glycolic Acid, cleans up the skin and relaxes pores with dead skin cell and other skin trouble, removing whiteheads in pores also.
  • AHA 7 Whitehead Power Liquid clears off old dead skin cell inside the pores and works with vitamin, whiteners and natural moisturizer as treatment, to manage dead skin cell without stimulation, to help with management of skin making it healthier and more vital.
Ingredients 
Pyrus Malus (Apple) Fruit Water, Butylene Glycol, Glycolic Acid, Water, Niacinamide, Sodium Hydroxide, 1,2-Hexanediol, Panthenol, Sodium Hyaluronate, Xanthan Gum, Ethyl Hexanediol. 

Key Ingredients : Pyrus Malus (Apple) Fruit Water 75% , Glycolic Acid (AHA) 7%

Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid


Aku akan ulas sedikit komposisinya 

Pyrus Malus (Apple) Fruit Water 75% : merupakan larutan yang dihasilkan dari ekstrak buah apel. Ada bermacam manfaat yang bisa didapat dari air apel ini, yaitu sebagai antioksidan, astringent, dan exfoliant.

Butylene Glycol : merupakan jenis alkohol yang digunakan sebagai preservative. 

Glycolic Acid  7% : merupakan exfoliator. Dan aku jadi paham, kenapa dia diberi label "cosrx aha 7", karena persentase AHA yang digunakan adalah 7%.
Mengingatkan lagi ya, kandungan AHA yang direkomendasikan untuk eksfoliasi adalah 5% - 8%. Jadi ini udah mencukupi dan efektif banget untuk chemical peeling. 

Niacinamide : adalah nama lain dari Vitamin B3, bermanfaat untuk menyamarkan noda dan mencerahkan kulit. 

Sodium Hydroxide : pH adjuster

Sodium Hyaluronate : Moisturizer

Tingkat keamanan dan level iritasi berdasarkan cosdna

source: cosdna.com

Ngomong-ngomong...
Cosrx emang gilaa, bisa banget bikin produk dengan bahan se-sederhana itu dan berfaedah semua. Bener-bener free paraben, no artificial coloring, no fragrance. Ada beberapa bahan tambahan, itu pun minimal sekali. Udah lah, intinya ingredientsnya ini juaraak! 

How To use
After cleansing, soak a cotton pad and swipe a thin layer of the liquid over the skin, avoiding the eye and mouth area. For use during the daytime, follow with a broad-spectrum sunscreen rated SPF 30 or greater. 
Setelah wajah dibersihkan dengan face wash, basahi kapas dan usapkan ke seluruh wajah, hindari daerah mata dan bibir. Untuk penggunaan di siang hari, gunakan sunscreen minimal SPF 30.

Correct application method 
1. We recommend usage for evenings as this is a high-concentrate, and spread lightly on areas with whiteheads and dead skin cell in the serum/essence stage after using skin and toner to clean skin texture.
2. Use clean hands or cotton pad to spread on the face, to absorb by tapping softly with fingertips.
3. If you feel severe stimulation or your purpose is removal of whitehead and sebum, wash off after 4 to 5 minutes lightly with lukewarm water.
4. Only after fully absorbing AHA 7 whitehead Power liquid, use other essence and cream, and the next morning do not forget to use sunscreen such as sun cream. 

Caution!!!
1. AHA 7 Whitehead Power Liquid is a high-concentrate AHA product and use a small amount on areas with whiteheads and dead skin cell for the skin to adapt itself. Begin with one time a week, and after the skin has adapted, use 2 or 3 times a week, for maintaining clear skin without dead skin cell, sebum, or whiteheads. 
2. On days when you use AHA 7 Whitehead Power Liquid, do not use other exfoliating products, retinol, or vitamin C elements.
3. After the use of AHA 7 Whitehead Power Liquid, use  serum or mask product for moisture retention and antioxidant function, for a heightened moisture retention effect. 

Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid


Intinya,
Penggunaan AHA hanya direkomendasikan untuk di malam hari. Gunakan setelah kulit dalam kondisi bersih. Dan AHA ini bisa digunakan untuk menggantikan serum/essence. Jadi urutan pemakaian yang direkomendasikan adalah facewash-toner-AHA.
Packaging
Kebanyakan produk cosrx konsepnya simple kaya gini sih. Dan botol pump itu kayanya udah jadi khasnya cosrx. Kalo liad di gambar, botolnya terkesan seperti kaca dan berisiko pecah. Tapi ternyata botolnya ini dari plastik yang tebel. Tapi tetep, jangan ceroboh dan jangan coba banting-banting botolnya ya, kayanya tetep bisa pecah kalo ga sengaja jatuh.

Saat beli ada box bawaan dan keterangan lengkap ada di boxnya. Beberapa keterangan ditulis pake hangeul, tapi keterangan penting ditulis dalam bahasa inggris kok.
 
Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid

Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid

Aplikasi produk juga simple, ada pump yang memudahkan pengambilan produk. Meskipun pumpnya terkesan keras dan berat waktu ditekan. Tapi itu cuma diawal aja. Pertama kali memang agak susah pake pumpnya. Tapi nanti selanjutnya enggak kok, pumpnya enteng, produk mudah dikeluarkan. Produk yang keluar juga bisa dikendalikan. Jadi gak tumpah kemana-mana. 


Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid

Scent & Texture
Scentnya hambar, dan gak ada wewangian yang spesifik, karena memang gak ada fragrance dalam komposisinya. Meskipun begitu, ada scent bawaan yang samar-samar, mungkin ini scent asli dari bahan-bahan yang digunakan. Ada sedikit bau asam, yang kalo kena angin langsung ilang tanpa meninggalkan kesan. hehe. Scentnya mengingatkan sama serum ost c20 yang hits itu. Mungkin itu bau khas asam/acid, dan sama sekali gak annoying.

Teksturnya berupa cairan yang agak pekat (kental) dan ada rasa licin saat di aplikasikan ke kulit.



First Impression

Jujur ya, pertama kali agak ragu mau coba. Konsentrasinya kan cukup tinggi, takut kalau bikin iritasi. Apalagi banyak banget itu peringatan penggunaannya. Tapi setelah barang ada ditangan, pasti penasaran dan akhirnya aku nekat aja.

Berdasar petunjuk penggunaan, AHA harus dipakai setelah toning. Oke, malam hari setelah cuci muka dan pakai toner, aku pakai kapas untuk apply si AHA ini. Hasilnya, di kapas ada noda coklat yang cukup shocking. Mungkin ini kulit mati yang mengelupas kali ya. Secara selama ini aku belum pernah pakai acid untuk peeling, mungkin bisa jadi ini pengangkatan sel kulit mati yang pertama kali.

Rasanya emang licin sih waktu kena kulit, tapi dia cepet meresap. Dalam waktu 2-3 menit, produk langsung bisa menyatu sama kulit. Meskipun sudah diserap secara maskimal, tapi aku tetep ngrasain ada rasa lengket setelahnya. Bahkan untuk pemakaian single use, ini tergolong produk dengan hasil akhir yang cukup lengket.
But, it's okay lah ya, toh cuma dibawa tidur, paginya cuci muka. Jadi gak begitu notice juga. 

Sedikit tips...
Buat yang kulitnya sensitif, tipis, ataupun sedang ada jerawat/ luka/ lecet. Lebih baik hindari area tersebut. Ini pengalaman sih, aku kelupaan kalo ini produk kan sifatnya asam (pH cosrx AHA 7 ini adalah 4.0). Pas banget waktu itu ada luka bekas jerawat. Ga sengaja aku usap pake si AHA ini, dan apa yang terjadi? Hmmm lumayan ngena sih, rasanya perih banget kaya ketusuk-tusuk. Duh, berasa kapok. Tapi yasudahlah, buat pengalaman.


Review


Btw aku udah pakai ini selama 6 bulan, dan pakainya pun boros. Sekarang produk masih setengah botol, dan masa kadaluarsanya tinggal 6 bulan lagi. Pakai produk korea emang kadang gitu, harus kejar-kejaran sama waktu kadaluarsanya. Secara produk ini akan menurun kualitasnya 12 bulan setelah produk dibuka. Kan sayang kalau akhirnya produk gak abis, dan cuma dibuang.

Kali ini aku akan berikan review yang detail berdasarkan pengalaman pribadi,

# Cara penggunaan yang tepat 

Diatas sudah cukup jelas tentang cara penggunaan cosrx AHA 7 ini. Yaitu bisa pakai 2 cara, with cottonpad dan without cottonpad. Silakan pilih mana yang lebih kamu suka. Tapi aku pribadi lebih seneng yang langsung di aplikasikan langsung tanpa kapas. Kenapa? Karena di awal-awal bulan pemakaian aku selalu pakai kapas, dan di kapas selalu ada kotoran berwarna kecoklatan. Aku kira itu bakal bagus, karena tandanya kulit mati terangkat bersih. Tapi, karena kulitku mungkin juga masih sensitif sama acid, beberapa hari kemudian kulit jadi terkesan tipis. Dan kalau kena panas, muka jadi merah. Mungkin ini efek exfoliasi yang telalu "keras".

Nah untuk menghindari itu, aku sekarang pakai langsung dengan tangan. Tap-tap secukupnya, hindari area yang luka/lecet, dan perbanyak di daerah yang banyak whiteheadnya. Dan hasilnya mendingan loh. Kalaupun pertama pakai udah langsung berasa sensitif, panas, atau ada rasa terbakar, silakan langsung bilas pakai air anget yaa.


# Frekuensi penggunaan

Sudah ada warning di petunjuk awal penggunaan. Untuk pemakaian pertama, artinya kulit perlu adaptasi. Cukup gunakan seminggu 1 kali. Kalo kulit udah bisa adaptasi dengan acid, silakan pakai 2-3 kali seminggu.
Aku selama ini pakainya masih suka-suka. Sesuaiin sama kondisi kulit aja sih. Kalau seminggu 2 kali, kadang masih bikin wajah jadi sensitif, karena over exfoliate. Jadi, aku lebih nyaman pakai pas kulit keliatan kusam, waktu kulit mulai berasa kasar, dan pas whitehead pada mau muncul.

# Waktu penggunaan

Waktu yang direkomendasikan yaitu sore/malam hari, kalau pagi bisa aja sih, tapi harus pakai sunscreen setelahnya, sunscreennya pun minimal SPF 30. Buat cari aman, lebih baik pakainya malam hari aja. Pakai AHA sebagai pengganti serum/essence kamu. Hasilnya? Pagi hari muka tampak significant, bener-bener kenyal, alus, lembab, terus muka jadi mengkilap kalo kena cahaya. Surprisingly, whitehead bener-bener ilang, kulit jadi berasa lembut banget, dan bekas jerawat juga bisa memudar. Sebenernya diatas ekspektasi sih ini.

# Urutan pemakaian dalam skincare routine

Silakan gunakan saat muka dalam kondisi bersih. Dan sangat dianjurkan untuk memakai toner sebelum menggunakan produk ini. So far, aku pakainya juga sesuai anjuran aja sih. Setelah pakai face wash, toner, baru pakai AHA. Meskipun hasilnya sedikit lengket, tapi aku kadang masih timpa lagi dengan essence/ moisturizer/ sleeping pack. Bukan apa-apa sih, tapi karena waktu exfoliasi kulit juga butuh rehidrasi.
Dan hasilnya kulit baik-baik aja kok, selama produk yang dipakai enggak mengandung bahan yang kontradiktif, kulit pasti bisa menerima. Nah yang paling favorit, setelah pakai AHA, aku timpa pakai Laneige water sleeping pack, hasilnya kulit bener-bener lembab, dan paginya jadi keliatan cerah, bersih, dan dewy.

# Bikin bruntusan/purging gak?

Bruntusan memang kadang muncul kalau terlalu sering pakai si AHA ini. Namanya wanita, seringkali ga mau sabar. Begitu coba sekali dan hasilnya bagus, pasti rasanya pengen pakai tiap hari. Itu kejadian di aku. hehe. Pernah aku pakai seminggu 3 kali, dan muka jadi bruntusan. Bruntusannya yang warna merah kecil-kecil dan berisi cairan putih (nanah).
Semoga bisa dijadikan pelajaran ya. Pakailah produk secara bijak dan sabar. Meskipun bruntusannya ilang dalam 1-2 hari, tapi kalau wajah over exfoliate, nanti malah bisa menimbulkan masalah baru.

# Bolehkan di timpa dengan produk lain?

Kita bisa saja numpuk-numpuk skincare, yang penting bahan-bahannya kita udah paham, dan gak ada bahan yang kontradiktif.
Untuk cosrx AHA 7 ini, sudah jelas tertulis, bahwa dia tidak boleh dipakai bersamaan dengan produk yang memberikan efek exfoliasi, retinol, ataupun produk yang mengandung vitamin C.
Jadi, mulai sekarang biasakan baca komposisi sebelum berperang. Bahan-bahan aktif tertentu terkadang tidak bisa bekerja jika bertemu dengan bahan aktif lain.


Does it work for my skin??
Banget! Diatas ekspektasi sih hasilnya. Ada beberapa bekas jerawat yang bikin muka jadi keliatan gak rata. Nah setelah rutin pakai AHA, jadi mendingan, tekstur muka jadi alus, tonenya jadi cerah merata. Bahkan hasil langsung keliatan di pemakaian pertama.
Btw aku ada bekas jerawat yang item-item, dan mengganggu pemandangan pokoknya. Setelah semalem pakai, langsung keliatan memudar loh.
Kalaupun pas lagi jerawatan, gapapa banget pake AHA ini, karena bisa ngebantu membersihkan sel kulit mati/whitehead yang menyumbat pori-pori. Dan aku ngerasain banget, jerawat jadi lebih kalem, kemerahan berkurang, terus 2-3 hari langsung kempes. Beyond imagination pokoknya!!
Meskipun begitu, jangan seneng dulu. Mentang-mentang hasilnya oke, tapi pemakaian harus bener-bener diperhatikan. Jangan dipake tiap hari, karena bisa over eksfoliasi dan menimbulkan masalah baru.
Harus sabar dan pakai secukupnya.
Overall, i like this product so much! ❤


Where to buy?
Belum ada counter resmi cosrx di indo. Jadi produk ini cuma bisa dibeli online. Range harganya sekitar Rp 170000 - Rp 250000 (100 ml).

Repurchase?
Surely Yes.

In conclusion, aku suka banget sama cosrx aha 7 ini. Super duper ngefek, pemakaiannya juga simple, dan yang jelas memberikan kesan kulit yang lebih bersih dan sehat. Meskipun memberikan efek sticky pada kulit, tapi masih bisa ditoleransi sih, soalnya dipakenya juga jarang-jarang.

Semoga tulisan ini bisa menjadi referensi kamu untuk memilih acid sebagai exfoliator.

Sekian dulu ya review singkat kali ini. Silakan share pengalaman kamu saat menggunakan chemical peeling di kolom komentar yaa.
Thanks for reading my review and See you in the next post!
Review Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid Review Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid Reviewed by Dini Nh on January 16, 2018 Rating: 5

12 comments:

  1. Kak, aku kan pengen pake produk ini buat ngilangin whitehead, tp di klaimnya dibilangin harus cuci muka 4-5 menit cuma aku liat rata rata orang pada ngga kaya gitu. Bagusannya gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. produk ini combo banget buat whitehead sih. bahan aktifnya mungkin belum bekerja kalau 4-5 menit. pakai aja semaleman gpp kok, trus cuci muka pagi harinya. kecuali kalo kulit km sensitif, pakenya bntr trus langsung dibilas. Semoga membantu yaa :)

      Delete
  2. Kak, kalo nggak bisa dipake tiap hari jadi kalo lagi nggak pake cosrx AHA 7,kitanya nggak Pake exfoliating toner? Katanya pakenya harus rutin untuk hasil yg maksimal
    Jadi bingung sama cara pemakaian

    ReplyDelete
    Replies
    1. pake salah satu aja. kalo udah pake aha, ya jangan pake exfoliating toner. nanti malah jadi over eksfoliasi. Toner diatas yg dimaksud itu hydrating toner ya sis :)

      Delete
  3. Ka mau nanya, kan bisa dipake sbg pengganti essence/serum. Kalo setelah penggunaannya dipakein serum boleh ga? Aku pake nacific fresh herb

    ReplyDelete
    Replies
    1. Boleh banget. Fresh herb ga ada masalah kalo dipake bareng sama cosrx aha 7, aku udah pernah coba soalnya. Dan memang disarankan begitu, setelah pake chemical exfoliator harus tetep pake serum dan pelembab :)

      Delete
  4. Ka mau nanya kalo di timpa pake somebyme yang serum bisa ga sis?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Bisa aja sih, tapi somebymi itu isinya juga chemical exfoliator (aha, bha, pha). Kalo kulit kamu kuat mah gpp, tapi saranku mending pakai salah satu, jangan ditimpa, biar gak over eksfoliasi dan iritasi :)

      Delete
  5. Halo kak, mau nanya. kalo habis pake ini pake pelembap natrep yg aloe atau cosrx snail cream boleh? makasih kak ��

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget dong, ga masalah :)

      Delete
    2. oh ya kak, yg gak boleh dipakai bersamaan dg bbrp bahan skin care itu kalau ditimpa kan?
      kalau misal lagi nggak pakai exfoliator masih bisa pakai
      skin care yg ada vitamin c nya?

      Delete
    3. iyaa, jangan ditimpa. Bisa sis, dan sebaiknya begitu. misal hari ini pake exfoliator, besok pake vitamin c. Intinya jangan dipake bareng :)

      Delete

Powered by Blogger.