Morning Skincare Routine #Update

Beberapa bulan yang lalu aku pernah share seputar skincare routine yang aku pakai sehari-hari. Buat yang belum baca, boleh kalo mau dibaca dulu di My Morning Skincare Routine & Budget.

Nah untuk pemakaian skincare aku bagi jadi 2, yaitu morning dan night. Meskipun sebagian besar produk yang dipakai sama, tapi ada beberapa produk skin care yang penggunaannya lebih efektif di malam hari ataupun siang hari. Sedangkan produk yang bisa dipakai untuk pagi dan malam biasanya seputar toner, essence, serum, dan pelembab yang tidak mengandung bahan aktif tertentu.

Bahan aktif tertentu? Yapp, beberapa kandungan produk skin care kadang memiliki sifat-sifat khusus yang kita wajib tau efeknya, misalnya acid (Aha, Bha, Pha) memiliki efek peeling, sehingga akan membuat kulit lebih sensitif terhadap paparan sinar matahari. Contoh lain adalah sunscreen, sunscreen digunakan untuk melindungi kulit dari radiasi sinar UVA dan UVB, jadi lebih efektif dipakai pagi/siang hari.

Itu cuma sedikit gambaran kenapa beberapa orang sering membagi skincare routine-nya untuk pagi dan malam hari. Dan lebih jauh dari itu, sebenarnya supaya kita tau tujuan pemakaian setiap produk, jadi gak ada istilah sia-sia saat skin caring. 

Kali ini aku mau update produk skincare yang aku pakai di pagi hari. Sejauh ini, aku bukan orang yang suka ganti-ganti skincare. Biasanya kalo udah cocok, aku bakal repurchase terus, gak bakal ke lain hati. Bahkan (kadang) saking udah cocok sama produk tertentu, aku sampe nimbun, maunya sih biar gak kehabisan stok gitu. Ya meskipun agak lebay, tapi bodo amat. Hihi.
Alasan lain males ganti-ganti skin care yaitu takut breakout. Kan namanya cobain produk baru, wajar kalo kulit harus adaptasi ulang. Kalo kulit badak mah enggak masalah, kalo kulitmu kebetulan sensitif, nanti malah bisa jadi masalah baru kan? But for me, kulitku tipenya kering tapi alhamdulillah gak begitu rempong, alias kulit badak. Jadi suka pede aja gitu kalo coba-coba produk baru.

Berikut ini aku akan share produk-produk yang aku pake di pagi hari. Beberapa produk pernah aku review kok, silakan aja nanti klik link-nya kalo mau tau lebih jelas.


Biar enggak bingung, aku akan tulis urut dari yang pertama dipakai yaa..

1. Sabun Muka

Sabun muka jadi item wajib buat aku. Meskipun bangun tidur muka gak berasa kotor, tapi tetep kurang nyaman kalo ada rasa lengket dan minyakan di kulit. Se-sederhana cuci muka, kadnag udah bikin kulit keliatan bersih kok. Jadi buat semua pembaca, laki atau perempuan, biasakan cuci muka ya. Kalau muka bersih, dijamin jerawat dan masalah kulit lain jadi kabur dahhh. 
Untuk produknya, aku masih setia sama Hada Labo, seriesnya yang AHA BHA Mild Peeling Face Wash (with AHA 0,98%). Pokoknya sabun muka dari hada labo ini udah jadi produk wajib. Hehe. Udah harganya affordable, fragrance free, dan juga aman buat kulit kering. Jujur aku suka sama sabun muka tipe begini, dia bikin muka bersih tapi gak bikin muka kering ketarik. Kadang kan ada tuh sabun muka yang kalo habis dibilas langsung bikin muka berasa kesat dan kaya ketarik. Bisa bahaya banget kalo aku pake sabun muka yang begitu, yang ada kulitku makin kering tandus. Jadi, si Hada Labo ini bisa dipake buat semua jenis kulit, dia membersihkan tapi setelah dibilas tetep melembabkan.


2. Toner

Di morning routine sebelumnya, aku pake toner Secret Key yang varian aloe vera. Di versi update kali ini, toner juga masih dari Secret Key, tapi kali ini aku pakai yang varian Rose. Belum sempat aku review ya, next menyusul dah. Tapi efeknya hampir sama kok, bisa menghidrasi kulit dan gak bikin breakout. Btw aku sekarang skip essence karena si STE favoritku itu susah banget didapetin, kalo pun ada, harganya agak mahal. Secara aku agak sayang keluar duit banyak buat skincare, yaudah lah akhirnya aku ikhlas ga repurchase lagi. Dengan adanya rose toner ini, aku harap bisa menggantikan fungsi STE. Sooo saaad.. 
Karena komposisinya juga simple, jadi aman buat kulit sensitif. Review lengkap besok menyusul yaa..


3. Lotion

Lotion ini adalah sebutan lain dari toner. Aku emang suka numpuk-numpuk toner. Hihi. Bukan apa-apa, tapi mukaku tuh keringnya gak ketulungan. Kadang suka jengkel kalo sampe ada kulit ngelupas, jadi semacam bersisik, kan sediiih. Sejak aku tau layering skincare, mukaku ketolong bangetlah. Numpuk-numpuk toner ternyata bikin kulitku jauh lebih lembab. Apalagi kalo pakenya pagi hari, nanti siangnya bisa keliatan lembab, kalo orang korea nyebutnya 'dewy look'.
Produk yang aku pakai yaitu Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Lotion. Lotion ini buat tipe kulit kering-normal ya. Dia mengandung 3 jenis Hyaluronic Acid (HA). HA ini item wajib buat menjaga kelembaban kulit.


4. Serum 

Serum banyak banget jenisnya. Serum juga jadi senjata pamungkas para penggiat skin care. Jadi semacam gong-nya. Kenapa begitu? Karena serum ini pekat, mengandung bahan aktif tertentu, dan terkonsentrasi. Diharapkan pemakaian serum ini bisa mengatasi problem kulit secara spesifik. Kalo bingung mau pake serum apa, ya sesuaikan aja sama kebutuhan kulitmu, terus cari rekomendasi produknya. Silakan googling sendiri, udah banyak banget jenis serum dengan berbagai range harga.
Aku sendiri lebih suka pake serum yang fungsinya seputar moisturizing, brightening, atau healing. Kalo sebelumnya aku pake innisfree yang green tea seed serum. Nah udah 5 bulan ini aku pake serumnya Nacific yang Green Pair Plus Clear Serum. Ini serum isinya cantella asiatica, which is really good for moisture barrier care. Ciyelah bahasa gue gitu bet yakk. Aku beli ini karena harganya lumayan affordable untuk seukuran serum, isinya juga lumayan banyak, jadi awet. Pokoknya pengikut blog ini pasti paham lah kalo aku anaknya super ngirit. Hehehe
Btw serum ini gak ada kandungan aktif tertentu. Loh serum kok ga ada kandungan aktif? Yeap, karena serum ini berisi ekstrak centella asiatica yang spesifik ditujukan untuk menjaga moisture barrier kulit. 



5. Moisturizer

Moisturize ternyata prinsip utama dari skin caring. Kalo kulit lembab, moisture barrier (lapisan keratin) kulit jadi membaik pula, efeknya kulit jadi lebih kuat. Semenjak kenal skin care, aku lebih seneng pakai soothing gel untuk jadi pelembab. Kalau sebelumnya aku pakai The Face Shop Jeju Aloe 99% Soothing Gel, tapi pas habis aku tergoda coba produk soothing gel yang lain, yaitu The Saem Snail Soothing Gel. Kandungan utamanya juga aloe vera, tapi ada tambahan snail secretion fitrate. So far aku cocok banget sama soothing gel ini. Ringan, cepet meresap, gak bikin breakout, melembabkan tapi gak bikin lengket. Udah gitu multifungsi banget gaeees. Soothing gel brand apapun bisa dipake buat macem-macem, bisa buat rambut, badan, muka. Nah, ini juga masuk dalam kamus pengiritan loh. #tips

Selain the saem snail gel, aku juga pake pelembab dari Chlodio. Ini brand lokal dan baru beberapa hari ini aku pakai. Teksturnya ringan banget. Gak berat di muka, dan gak bikin komedoan. Review lengkap besok menyusul yaa.


6. Sunscreen

Sunscreen yang aku pake masih sama dari sebelumnya, yaitu Skin Aqua UV Moisture Gel SPF30. Buatku, sunscreen ini juga bukan barang yang wajib, why? dia mengandung banyak bahan kimia sebagai penangkal sinyal UV. Dan kulitku kadang kurang begitu bersahabat dengan sunscreen. Jadi sebisa mungkin aku pakai kalo pas bener-bener terpapar matahari, terutama kalo terpapar lebih dari 20 menit. Kalo cuma keluar rumah sebentar, aku pede aja gak pake sunscreen. Dan Skin Aqua ini jadi favoritku karena teksturnya yang cukup ringan, gak lengket, dan efeknya juga lumayan ampuh buat menghindari kulit gosong akibat panasnya matahari.


7. Lip care

Ini optional aja ya. Karena bibirku suka kering dan pecah-pecah, aku sekarang selalu bawa lip butter kemana-mana. Ini produk lip butter kedua aku dari Nivea. Cukup sekali oles, dijamin kulit bebas kering dan lembab. Kalaupun ada bibir yang kering, dia bisa melembabkan, bahkan sekali pake langsung ngefek banget. Gak nyangka sih :)


Sekian dulu untuk update morning skincare routine aku. Kalau ada saran atau pertanyaan, silakan komentar dibawah. Semoga bermanfaat yaa.. Thank you.
Morning Skincare Routine #Update Morning Skincare Routine #Update Reviewed by Dini Nh on November 29, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.