Serba-Serbi Anti Nyamuk Untuk Bayi

Kali ini aku mau coba cerita mengenai perawatan untuk bayi, khususnya produk anti-nyamuk. Aku mau share beberapa produk yang dipake anakku untuk melawan nyamuk-nyamuk nakal. Asli deh, ibu mana yang tega anaknya gak nyaman gegara gatal kena gigitan nyamuk? Ya wajar dong sebagai ibu pasti pengen anak nyaman, happy, sehat, maem banyak, bobo nyenyak. Makanya aku kadang bisa sampe badmood banget kalo tau anak yang ga kenapa-napa, eh tau-tau digigit nyamuk jadi rewel (mungkin karena dia belum bisa ngomong kalo rasanya gatal kali yaaa). Aku juga belum prepare sebelumnya kalo anak digigit nyamuk kudu diapain. Yaudin deh, begitu udah ada bentol-bentol merah, aku cuma kasih produk seadanya dirumah.
Apalagi memasuki musim hujan, rumah mulai diserbu nyamuk yang banyak banget.
Aku heran, kenapa gak gigit aku aja si? Kenapa nyamuk sukanya sama bayi yang unyu polos tanpa dosa? huhuhu. gemeees kan eykee... mana gigitnya ga 1 atau 2 aja, tapi bisa banyak dan jadi bentol-bentol gak enak dilihat. aduh nakkk... 

Daripada emak stress, emak berusaha cari anti-nyamuk yang cocok untuk bayi. Nih ada beberapa produk yang aku punya. 


Aku coba review satu persatu dari yang paling kanan...

1. Minyak kutus-kutus

Ini minyak udah cukup terkenal. Harganya Rp230000 dan bisa dipake dari bayi sampai orang dewasa. 
Klaimsnya : Minyak gosok untuk meredakan masuk angin, perut kembung dan gatal-gatal akibat digigit serangga, serta sebagai minyak urut untuk membantu meredakan pegal linu, encok, dan nyeri pada persendian. 

Kalo dilihat dari keterangannya, ini bukan antinyamuk, melainkan minyak untuk mengatasi gatalnya. Tapi karena scent-nya cukup strong, aku pikir nyamuk pun bakal ogah mendekat. Tapi nyatanya setelah pake MKK ini, tetep aja kena nyamuk, astagaaa. Dan akhirnya aku pake sekalian mkk ini buat meredakan bekas gigitannya. But sorry to say, aku kurang puas karena kurang ada efek yang signifikan di kulit anakku. 


2. Bebe Roosie Bugs Repellent

Nah kalo yang ini mah beneran anti-serangga. Aku beli di babyshop, harganya Rp 30000 isinya 60gram. Ini produk ternyata dari jamu jago, aku baru tau jamu jago ternyata bikin lotion ginian. Haha. 
Klaimsnya: membantu menghindarkan dari gigitan nyamuk dan membantu melembutkan kulit bayi. 
Si bebe ini mengandung lavender yang katanya 'nyamuk tidak suka'. Begitu aku buka, aduhai emang sedap betul bau lavendernya. Aku pernah beli lavender essential oil, dan wanginya memang persis seperti ini. Kalau yang belum terbiasa mungkin akan ngerasa aneh, bau herbal, atau bau obat? tapi buatku ini wangi yang menenangkan, enak aja gitu.

Lotion ini bisa bertahan 8 jam untuk mencegah gigitan nyamuk, tapi nyatanya sudah aku oles banyak tapi anakku tetep aja disamperin nyamuk nakal. Aduhh, sedih hati mamak.. Mungkin memang nyamuk dirumah cukup kebal dan ganas. 


3. Lucas Papaw Ointment

Lucas papaw ointment sebetulnya bukan produk anti-nyamuk, lebih ke produk perawatan setelah digigit nyamuk. Aku beli ini produk online, harganya 50ribuan something, aku lupa. Isinya 25 gram. Si mungil ini cukup terkenal juga loh, aku baru tau belakangan efek kepo sana sini. Hahaha. 
Kalo untuk bekas gigitan nyamuk, aku pikir si papaw ini juaranya sih. Entah hanya perasaanku saja, atau bagaimana, bekas gigitan nyamuk jadi lebih cepet kering (dan memudar) setelah pake si papaw ini. Cuma ya harus telaten, setiap anak habis mandi (atau kapanpun) silakan oles papaw ointment ini ke bekas gigitan nyamuk. Atau oles sesering mungkin. Aku amati bekasnya jadi lebih samar daripada yang gak dipakein apa-apa. Kapan-kapan aku coba review lebih detail aja lah yaa.. 


4. Minyak Telon DOODLE

Bayiku alergi sama minyak telon. Kalo dipakein minyak telon, selalu muncul bintik merah banyak. Drama lagi dehh! Pernah seharian si bocil nangis rewel gara-gara alergi minyak telon, di perut dan punggung muncul ruam merah yang aduhai. Gimana ini mau cegah digigit nyamuk, kalo sama minyak telon aja alergi. Ya Allah...
Hingga,
Aku masih penasaran sama perminyakan ini, dan akhirnya beli minyak telon Doodle, banyak yang review katanya wanginya enak (karena ada greentea oilnya). Yaudah aku coba aja, Bismillah siapa tau anakku cocok. Dan setelah dicoba, alhamdulillah gak muncul merah-merah. Tapi pakenya kudu tipis banget sih, kalo kebanyakan takut kulitnya sensitif lagi.

Ya tapi gimana, nyamuk nakal itu tetaplah nemplok ke anakku. Huhuhu. Padahal si doodle ini wanginya awet banget lho, apa ya si nyamuk naksir juga sama wanginya? astagaa.. Emak hampir putus asa 😓


5. Cessa Bugs Away

Yang ini jelas Away Away Away. Anti serangga. Klaimsnya : Untuk mencegah gigitan nyamuk, membantu merileksasi bayi.
Wanginya sedap, ada samar- samar semacam daun jeruk, aku suka, karena memang menenangkan. Tapi sayangnya aku belum merasakan efek anti nyamuknya. Beberapa kali aku oles di kaki dan tangan, tetep aja bocilku diserang nyamuk. Sayang juga, untuk wanginya beberapa saat langsung hilang gitu aja. Ini kalo ga salah produk lokal, harganya 30ribuan.


6. Minyak Tawon

Aku gak tau ini anti nyamuk atau bukan? asalkan baunya agak nyengat dan bikin pusing nyamuk, aku pasti pakein ke anakku. Sampe- sampe anakku baunya campur aduk ga jelas karena pake macem-macem minyak. hahaha.
Yaudah sih, pokoknya dicoba aja, dan gak ngaruh juga. Sudah aku pakein di rambut, kaki, badan, tetep aja nyamuk tau celahnya, yang digigit jarinya. Aduh masya Allah.. lelah hayati. 
Tapi dari beberapa produk minyak diatas, minyak tawon inilah yang terkenal untuk mengobati gigitan serangga. Dan Alhamdulillah memang terbukti. Anakku pernah digigit tungau aku oles minyak ini sesering mungkin, setelah 4 harian udah mengering. Yhaa walaupun bekasnya tetep keliatan menghitam. 

Yasudah, aku jujur lelah sama nyamuk. Hampir di tangan kanan kiri, kaki kanan kiri, bahkan kepala dan muka pun ada bekas gigitan nyamuk yang menghitam. Kurang estetik banget kalo dipandang. Huhuhu.
Cara terbaik adalah telaten bersihin rumah dan kamar tidur, kalo bisa sebelum tidur kita setrumin dulu nyamuk-nyamuk nakal biar (minimal) bisa mengurangi jumlah nyamuk di lingkungan kita. 















Serba-Serbi Anti Nyamuk Untuk Bayi Serba-Serbi Anti Nyamuk Untuk Bayi Reviewed by Dini Nh on November 10, 2020 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.