Natural Pacific Fresh Herb Origin Serum 'The Damn Serum' Review

Hai. Seminggu yang lalu aku upload video singkat tentang produk Natural Pacific Fresh Herb Origin Serum atau yang lebih dikenal dengan "The damn serum". Aku janji bikin review kalau udah mencapai 10k views. Antara percaya dan gak percaya, tapi akhirnya aku buat juga review ini. Thanks a lot guys 😀

Anyway, serum ini sangat hype karena sebutannya yang khas, yaitu 'the damn serum' atau 'screaming serum'. Kok bisa serem gitu sih sebutannya? Simak terus, nanti akan aku ulas secara lengkap.

Semakin menggoda, karena serum ini konon digunakan oleh aktris hits korea yaitu Jun Ji Hyun.
Jun Ji Hyun pakai serum ini? Aku gak tau pastinya, tapi klaimsnya begitu. Serum ini jadi skincare rahasia Jun Ji Hyun biar mukanya selalu flawless dan spotless.



Fresh Herb Origin Serum


Brand & Series : Natural Pacific  Fresh Herb Origin Serum

Price : around Rp 150.000 - Rp 200.000 (50 ml)

Where to buy? 
Sementara cuma bisa dibeli online, karena belum ada counter resminya di Indo.
Claims
1. Strengthening of skin organization
What it does : relaxtion effects of oxidation
2. Improves skin health and minimizes pore
Enhances dermal elasticity & helps antioxidative activity

Function

1. Anti-wrinkle
2. Control pore
3. Bouncing
4. Brightening
5. Smoothing
6. Balance
7. Skin Trouble


Fresh Herb Origin Serum


Ingredients

Aloe Barbadensis Leaf Water, Aspalathus Linearis Extract, Glycerin, Helianthus Annuus (sunflower) Seed Oil, Hydrogenated Palm Oil, Simmondsia Chinensis (Jojoba) Seed Oil, Punica Granatum Fruit Extract, Ficus Carica (Fig) Fruit Extract, Morus Alba Fruit Extract, Ginkgo Biloba Nut Extract, Hippophae Rhamnoides Oil, Argania Spinosa Kernel Oil, Camellia Sinensis Leaf Extract, Vitis Vinifera (Grape) Fruit Extract, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Fruit Extract, Pyrus Malus (Apple) Fruit Extract, Citrus Limon (Lemon) Fruit Extract, Citrus Aurantifolia Fruit Extract, Citric Acid, Aminobutyric acid, Zanthoxylum Piperitum Fruit Extract, Pulsatilla Koreana Extract, Usnea Barbata (Lichen) Extract, Sodium Chloride, Tocopheryl Acetate, Adenosine
 




Gila yaa komposisinya? Sesuai banget sama claimsnya yaitu Natural Ingredients.
Gak tau lagi sama semua ingredientsnya. Cukup banyak dan semuanya bahan natural berupa ekstrak bunga, daun, dan buah. Di urutan pertama ada aloe vera murni yang menggantikan komponen air. So, gak sia-sia kan beli serum yang lumayan pricey toh isinya bukan cuma air biasa.

Bahan yang bukan berupa ekstrak tumbuhan murni cuma ada 5, yaitu

Glycerin digunakan untuk pelarut dan moisturizer
Citric acid : pH adjuster
Sodium Chloride : viscosity control
Tocopheryl Acetate : moisturizer dan antioxidant 
Adenosine :  anti-aging, anti-wrinkle.



Packaging

To be honest, apa yang membuat aku tertarik beli serum ini yaitu packagingnya yang sangat catchy. Tubenya terbuat dari kaca doff tebal. Warna tubenya juga memang elegant, transparan sedikit blur, jadi warna produk yang kuning-orange bisa terlihat sangat artistik. Desain tulisan beserta keterangannya pun juga simple, tanpa aksen macam-macam, tapi malah terkesan classy dan mevvah.


Fresh Herb Origin Serum

Tutupnya berbentuk pipet kaca yang sekaligus berguna untuk ambil produk. Pipetnya pun sangat nyaman digunakan. Ujungnya karet, dan bisa mengunci produk dengan sempurna. Jadi ketika produk diambil, dia gak menetes kemana-mana. Hope you guys know what i mean.


Fresh Herb Origin Serum

Di tempat masuknya pipet ada semacam gerigi. Kalau pipet masuk, rasanya agak 'seret'. Aku kurang paham fungsinya, mungkin untuk mengunci pipet supaya gak meleset kemana-mana. Tutup ulirnya cukup kencang, membuat produk aman ketika dibawa-bawa dan anti tumpah. Mau di jungkir-jungkir gimanapun, di bolak-balik, produk tetap aman dan gak tercecer kemana-mana.


Untuk PAO (Period After Open) yaitu 12 bulan setelah produk dibuka.

Pertama beli ada box pembungkusnya ya. Nah, di box-nya tertulis keterangan produk yang semuanya ditulis pakai hangeul. Untuk lebih jelas silakan zoom-out gambar dibawah ini.




Scent 

Dari warnanya sih udah mencerminkan scent-nya. Kalau gak bau buah-buahan ya pasti bau herbal. Dan memang bener. Scentnya bahkan udah kecium saat produk masih tertutup. Ada scent citrus (jeruk) yang sama sekali gak mengganggu. Malahan sangat nyaman dan bikin fresh. Meskipun udah dipakai beberapa menit, baunya ini cukup awet, agak lama hilangnya. Tapi gak masalah sih, karena scent seperti ini cenderung calming dan gak bikin pusing.



Texture 

Teksturnya sangat kontras dan memang sedikit 'aneh'. First impression pasti notice banget sama teksturnya. Karena disitu ada 2 cairan yang terpisah, dan sangat tampak dari luar.

Fresh Herb Origin Serum


Jadi, yang bagian atas adalah bagian yang teksturnya seperti minyak, lumayan pekat, warnanya orange tua. Ketika coba diaplikasikan ke kulit pun memang sangat oily, cenderung sulit diserap, dan meninggalkan kesan glossy. Secara dia memang benar-benar minyak yang lumayan kental.

Nah yang dibawah itu teksturnya berupa cairan dan cukup watery. Waktu diaplikasikan ke kulit rasanya lebih ringan, lebih mudah diserap, dan tidak meninggalkan kesan mengkilap di wajah.



Kenapa disebut The Damn Serum?

Sempat bertanya-tanya juga sih kenapa julukan serum ini terkesan ngeri. The damn serum? Kenapa enggak the goodness serum? atau the cooling serum? kan lebih adem tuh.
Tapi ternyata, awal sebutan itu karena efek pemakaian serum ini. Saat pertama kali pakai, serum akan memberikan sensasi tingling, gatal, cekit-cekit, atau kesemutan pada kulit yang rusak. Semakin rusak kulit kita, rasa cekit-cekitnya pun semakin mengganggu. Nah karena rasa cekit-cekit yang mengganggu itu sampai-sampai si pemakai kadang merasa kesakitan, sampai marah-marah, lalu muncul kata-kata kotor, makanya disebut 'damn'.
Tapi no worry sih, seiring pemakaian secara rutin, sensasi tinglingnya akan semakin berkurang, dan itu menandakan kalau kerusakan kulit pun mulai berkurang.



Cara Pakai

1. Bersihkan muka dengan face wash
2. Gunakan toner
3. Kocok serum agar kedua bahan (minyak dan cairan) tercampur.
4. Ambil serum secukupnya, ratakan ke wajah dan leher.
5. Gunakan sehari 2 kali, pagi dan malam hari.

Aku sendiri pakai dengan urutan :
Facewash - toner - essence - fresh herb origin serum - moisturizer/ sunscreen

Urutan pakainya silakan disesuaikan dengan kondisi kulit. Yang terpenting pakai secukupnya, jangan terlalu banyak, agar muka gak terkesan berminyak. Kadang kalau lagi males, setelah cuci muka, aku langsung pakai serum ini. Dan ga ada masalah.



Suitable for...

Recommended for those with the following concerns:
1. Those with enlarged, distended pores
2. Those who suffer from fine wrinkles
3. Those with numerous skin concerns
4. Those whose skin dries out quickly
5. Those with rough skin
(source: stylekorean.com)

Kalau lihat uraian diatas, rasa-rasanya serum ini cocok untuk semua jenis kulit. Tapi aku sempat upload video di youtube, dan disitu banyak komentar dan share. Mostly yang punya kulit berminyak, sensitif, dan acne prone merasa serum ini kurang cocok di kulit mereka. Setelah pemakaian, banyak yang merasa kulitnya panas, beberapa hari pakai jadi merah-merah, dan muncul jerawat.

Memang tidak cocok atau prosesnya seperti itu? Wait, nanti akan aku jelaskan secara lengkap.


First Impression

Dari teksturnya, ketika sudah di kocok dan tercampur rata, terus di aplikasikan ke kulit, rasanya memang agak berminyak. Jadi pakai secukupnya saja, cukup 2-3 tetes sudah bisa diratakan untuk wajah dan leher. Butuh waktu yang lumayan lama (sekitar 15-30 menit) agar serum bisa diserap kulit.

Atau kalau mau lebih nyaman, ambil bagian yang cair lebih banyak (2-3 tetes), dan bagian yang oily sedikit saja (1 tetes). Nanti finishnya muka jadi gak terlalu mengkilap.

Meskipun warna serumnya orange terang, tapi ketika kena kulit ga ada tampilan orange sih. Bener-bener well blended sama warna kulit.
Pertama kali pakai, sempat ragu dan takut rasa cekit-cekitnya. Antara takut tapi penasaran, akhirnya tetap harus coba. Tapi ternyata, di aku efeknya biasa aja. Gak ada efek tingling yang sampai menyakitkan, apalagi sampai marah dan ngumpat. hihi. Memang ada rasa tingling (cekit - cekit) tapi hanya di beberapa bagian wajah, seperti di area bekas jerawat, di kulit-kulit yang tipis (dahi, pipi, bawah mata), dan di kulit yang akan muncul jerawat. Gak sampai 1 menit, nanti ilang kok tinglingnya.

Nah setelah tingling sensationnya ilang, muncul rasa hangat di kulit. Bukan panas, tapi hangat. Lumayan bikin muka jadi gerah. Memang kurang nyaman, tapi mungkin ini pertanda serum sedang bekerja.



Let me share the result

Serum ini sudah aku pakai selama 2 bulan. Pemakaian rutin 1 - 2 kali sehari, pagi dan malam. Dari awal pakai sampai sekarang, kadang masih ada rasa tingling setiap kali pakai, tapi hanya di beberapa area wajah. Apalagi kalau lagi ada jerawat, di bagian yang berjerawat itu kerasa banget cekit-cekitnya. Tapi gapapa kok, lama-lama juga terbiasa.

Masalah kulit kering...
Btw tipe kulitku kan normal cenderung kering. Kalau gak pakai apa-apa, kulit bisa muncul dry patch bahkan sampai ada rasa ketarik. Nah berhubung ini serum memang ada kandungan oil-nya, jadi si oil ini bisa melembabkan, menghidrasi, dan menyamarkan dry patch. Jadi garis-garis halus yang muncul gegara kulit kurang hidrasi, lama-lama semacam terisi, dan kulit jadi serasa kenyal.

Tapi buat yang kulitnya berminyak/ acne prone/ sensitif, lebih baik coba dulu di sebagian area muka, amati hasilnya. Kalau memang gak ada reaksi yang berlebihan, boleh lah dilanjutkan.

Bekas jerawat?
Karena serum ini merupakan antioxidant serum, fungsinya terkait kerusakan kulit pun juga bisa diandalkan. Bekas jerawat memang sangat merusak tekstur kulit. Kulit jadi tidak rata, dan warnanya pun pasti menggelap. Aku coba beranikan diri pakai serum ini waktu jerawatan, dan hasilnya lumayan juga. Ada jerawat yang kebetulan pas merah dan meradang, setelah seminggu pakai langsung mereda, dan ga jadi muncul. Terus bekas jerawat yang warnanya gelap, juga bisa memudar. Tekstur kulit pun juga lebih halus dan rata.


BEFORE


AFTER


Bikin komedoan...?
Nah satu yang jadi catatan nih. Berdasar pengalaman pribadi, kandungan oilnya bikin muka jadi cepet komedoan. Whitehead (komedo berwarna putih yang tampak di permukaan kulit) jadi lebih cepet muncul. Aku kurang paham, ini memang akunya yang males bersihin wajah, atau memang formulanya bikin komedoan? Sementara yang bisa dilakukan yaa harus rutin bersihin muka agar sisa minyak tidak menyumbat pori-pori.

Terkait masalah pori-pori, mukaku kering tapi pori-porinya lumayan besar terutama di daerah pipi. Walaupun claimsnya ada yang 'control pore', tapi pemakaian serum ini sepertinya belum memberikan pengaruh ke pori-pori sih. Sampai sekarang pori masih relatif sama seperti sebelum pakai. Malah beberapa ada yang jadi tampak melebar karena komedo yang nongol.

Yang paling aku suka dari the damn serum
Kalau pakai pagi hari sebelum berangkat kerja, nanti siangnya muka jadi keliatan lembab, berisi, dan serum jadi sangat menyatu dengan kulit. Nah tampilan kulit seperti inilah yang aku suka. Karena aku gak pakai makeup, jadi sangat pede kalau dengan muka polosan pun keliatan sangat fresh dan dewy.

Bikin purging dan breakout gak ya?
Cara kerja serum ini memang sedikit mengarah ke detoks. Setelah pakai serum beberapa hari akan muncul beberapa jerawat atau bruntusan, dan itu adalah proses purging untuk mengeluarkan racun. Silakan lanjutkan kalau memang sudah yakin. Tapi kalau ragu, ya tunggu purging mereda, baru pakai lagi. Proses purging biasanya sampai minggu ke-dua. Setelah purging berakhir, muka akan mulai bersih dan sehat.

Di aku untungnya gak ada purging, toh memang dari dulu ga pernah pakai produk-produk yang 'kurang ramah kulit', jadi proses purging pun hampir tidak nampak.
Breakout juga ga ada sama sekali. Untuk mengetahui breakout atau enggak, amati hasilnya di minggu ke 4 s.d 8. Kalau setelah minggu ke-4 ga ada reaksi macem-macem, berarti cocok di kulit. Aku sendiri sudah 2 bulan (lebih) pakai, dan alhamdulillah gak ada tanda-tanda breakout.

Terus bisa cerahin kulit gak?
Problem kulit gelap memang jadi issue pertama buat wanita. Intinya kulit putih cerah jadi skin concern yang utama. Tapi mari coba luruskan dulu,  kondisi kulit itu sudah faktor bawaan dari lahir. Akan menjadi tidak wajar ketika warna kulit wajah sangat cerah, tapi warna kulit tubuh lebih gelap. Nah, jangan bayangkan ketika pakai suatu produk apalagi dengan claims Natural, kulit wajah bisa tampak cerah apalagi dalam waktu singkat. Meskipun claimsnya begitu, tapi kita sebagai konsumen harus sadar. Bahwa goals kulit yang cerah itu butuh waktu. Dan itupun juga gak mungkin yang sangat contrast. Sekedar tone yang lebih merata saja itu sudah perbaikan yang luar biasa.

Begitupun dengan serum ini, disitu ada claims terkait brightening. For me, aku selalu coba abaikan claims semacam itu. Karena memang goals brightening itu hampir sulit dicapai. Tapi, meskipun ga merasakan efek brightening, setidaknya ini serum bikin warna kulit jadi lebih merata. Seringkali ada sunburn dan kulit jadi gelap, serum ini sangat membantu mengurangi tone kulit yang kurang merata.


Dislike

Satu hal yang disayangkan. Di jam-jam awal pakai serum, gak tau kenapa kulit berasa hangat dan jadi menggelap. Perkiraan sih karena beberapa bahan natural yang dipakai memang masih membawa ciri khas masing-masing. Ada yang (mungkin) bikin kulit terasa panas, ada yang memberikan efek gatal, dll. Tapi itu hanya di jam-jam awal pemakaian, setelah itu kulit kembali normal dan terkesan bouncy.

Tambahan aja, serum ini aman dipakai pagi ataupun siang hari. Secara komposisinya gak ada yang kontradiktif dengan sinar matahari. Penyimpanannya pun juga enggak ribet, cukup ditutup rapat, dan taruh diruangan.

Sekian dulu curhat seputar the damn serum. Btw, kamu udah coba serum ini belum? Sudah ngerasain tinglingnya belum? Share di kolom komentar yaaa...

Thanks for reading my review and see you :)


Kindly check my video on youtube. Thankyouuu.






Natural Pacific Fresh Herb Origin Serum 'The Damn Serum' Review Natural Pacific Fresh Herb Origin Serum 'The Damn Serum' Review Reviewed by Dini Nh on March 15, 2018 Rating: 5

82 comments:

  1. aku uda pake ini hampir 2 minggu. ddari pertama make gak ada efek tingling. sampe 2 minggu ini efek yg aku rasain tone kulit jd lebih cerah, jerawat lumayan cepet kempes. aku makenya pas malem doang sih. sampe skrg belum mutusin bakal repurchase apa ngga.

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo gak tingling berarti kulit km sehat bgt ituu. kalo cocok repurchase ajaaa. hihi

      Delete
    2. Kalo muka ku belang gitu bisa ilang gak ya? Garagara gak pernah pake sunblock trus pake kerudung jadi belang😥

      Delete
    3. muka belang intinya harus telaten ngrawatnya sis, pake serum vitamin c aja kynya lebih pas :(

      Delete
    4. Ternyata ada yg sama y, g ngerasa ada tingling atau cekit2, malah jdi suudzon produkx palsu n g d pake2 lagi😅, tau ada yg sama coba d pake lagi deh

      Delete
  2. Aku pake ini semingguan tp ga berasa apa2 yg berasa cuman ngurangin minyak diwajah aja sih. Oya aku pake ini pipiku jd gatal trus merah2 apa ini proses detox ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalau muka sehat katanya gtu, ga berasa apa2.
      Bisa proses detox, tapi bisa juga ga cocok sama bahannya. Mending lanjut dulu sampai 2 minggu, kalo masih merah2 kemungkinan besar memang ga cocok. Semoga membantu yaa

      Delete
    2. Aku pake serum ini merasa cocoj banget.. Jerawat jadi kempes.. Tapi muka qu jadi gelap ya klw pake serum ini.. Apa itu detox nya kali ya.

      Delete
  3. Haii, aku baru pake serum ini udah 5 hari berasa muncul beruntusan gitu tp engga sampe yg jerawatan. Cuma kalo cuci muka tuh berasa mukaku banyak bruntusannya. Aku barengin serum ini sama innisfree yg varian bija. Aku kira mereka ga cocok, tp baca reviewan kamu yg bilang bisa jadi bruntusan ini efek detox dari serum hati jadi rada tenangan. Oiya aku juga pake masker susu kambing bubuk merk r**l sebelum pake serum ini. Ga masalah kan yaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Halo. Bisa jadi detox, tapi bisa juga memang ga cocok sama bahannya. Secara kan teksturnya ada oil2an yg berisiko bikin muka bruntusan atau jerawatan. Coba lanjutin dulu tapi pakenya tipis-tipis aja, terus pakainya banyakin yg bagian cair. Aku kalo kebanyakan pake yg bagian minyaknya, muka jadi bruntusan.
      Kalo soal masker ga masalah kok. Semoga jwbnku bisa membantu yaa :)

      Delete
  4. Aku pake ini baru satu hari jerawat batu aku kayak langsung kempes gitu,ga ada sensasi tingling tapi kalau habis di aplikasi ke muka agak hangat. pas hari ketiga muncul jerawat unyil tp langsung mateng gitu di pipi, gatau purging atau ga. Aku pakai bareng sama yg phyto niacin juga, semoga cuma purgin aja deh soalnya aku suka bgt sama teksturnya rnak aja di wajah. Kalau bangun pagi juga jadi ga terlalu berminyak, biasanya muka aku kayak kilang minyak kalo pagi haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. kalo purging biasanya muncul semacam jerawat kecil tapi banyak, terus ilang di minggu ke-2 atau ke-3.
      semoga cocok di kamu yaa :)

      Delete
    2. Kak maap ya setau aku nacific ini gbsa d barengin sma niacin, krna aku prnh bca vit C sma kandungan AHA itu gbsa di pake barengan nnti kulit bsa iritasi

      Delete
    3. iya itu bener banget. tapi si nacific ini gak mengandung AHA dan Vit C kok

      Delete
  5. Cara membersihkannya gimana ya? Bilas pakao air hangat atau biasa aja

    ReplyDelete
  6. Hai serum fresh herb ini ga boleh di pakai dengan produk yg komposisinya apa aja ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. ga ada bahan aktifnya kok, jadi aman kalo mau di mix sama produk lain :)

      Delete
  7. Hi, aku udah 1 mingguan pake serum ini, gak ada rasa apa-apa sih dr awal pakai. Tp kenapa muka aku jd lebih sering memproduksi minyak yah huhu
    Btw muka aku type yg berminyak banget, tp gak separah setelah aku pake produk ini. Apa mungkin ini ga cocok di aku yah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tekstur serum ini emang berminyak banget sih, jadi emang lebih cocok dipake buat yg jenis kulitnya normal atau kering. Kalo gak cocok biasanya muncul tanda2 tertentu setelah minggu ke-4, semacam jerawatan atau kulit kemerahan. Smoga membantu yaa :)

      Delete
  8. Aku pake ini dari awal make penasaran pengen ngerasain efek tinglingnya tapi malah enggak ngerasa apa apa uu sekarang udah hari ke 9 udah berasa tinglingnya dan timbul kayak brutusan di area deket idung di tempatnya poripori aku yg gede sempet panik tapi pas baca review ini agak santai sedikit semoga aja cuman sebentar brutusannya

    ReplyDelete
    Replies
    1. Di beberapa orang memang gak timbul efek tingling kok, mungkin emang kulitnya udah sehat.
      Semoga cocok ya sis :)

      Delete
  9. Ini hati keempat aku pakai serum sama toner nya yang calendula. Aku ngerasa bruntusan aku jadi banyak,dan tiap sehari setelah ada terus. Dan aku pikir aku dkang yang kayak begitu. Dan akhirnya aku tenang kalau emang bener ada detox nya,bakalan aku lanjutin sama 2minggu atau seterusnha mudah mudahan cocok

    ReplyDelete
    Replies
    1. Thanks sudah sharing. Semoga cocok yaa :)

      Delete
  10. Biasanya purging sampai berapa ? 2 mingguan ya ka ? Kalau lebih bagaimana ? Kurang cocok kah?

    ReplyDelete
    Replies
    1. gak mesti juga, beda2 tiap orang. tapi sekitar 2-4 mingguan. kalo lebih dari 4 minggu kmungkinan besar emang ga cocok sih :(

      Delete
  11. Sebenernya kalau blh curhat ka wkwk aku ini baru beres breakout ,selamat 3tahun lebih aku jerawat. Niatnya pakai ini buat mengurangi bekas bekas atau kulit yang rusak gtu. Tapi paas pakai anehnya cuman bruntusan doang gak ada jerawat yang timbul makannya aku masih berani pakai semoga si cocok hehe *maap ka curhat

    ReplyDelete
    Replies
    1. Wkwk iyaa sis, boleh bgt kok sharing disini. Eh tapi pakenya tipis2 aja ya, biar muka ga begitu berminyak. aku kalo pake banyakan gtu malah jadi jerawatan soalnya. huhu

      Delete
  12. Aku pake ini baru tadi malem dan finish night skincare nya pake aloevera gel krn klit muka aku kering, pas aku pake serumnya agak hangat dan cekat cekit sedikit gt karena lagi jerawatan juga,nah pas bangun tidur aku ngerasa jerawatnya jfi keting dan muka nya lembab,cuma pas dibagian hidung jd berminyak banget,itu gimana kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ini serum memang ada kandungan oil-nya, wajar kalo bbrp bagian muka jadi berminyak. kalo memang mengganggu, sebelum pake serum gausah dicampur sis. Ambil bagian serum yang atas (minyak) dikit aja, trus bagian yg bawah (cair) lebih banyak. Semoga membantu ya :)

      Delete
  13. hai, aku mau cerita sedikit. Aku pakai serum ini udah 7harian. Waktu awal gk ada rasa tingling dan memang kulit wajah aku lagi gk ada apa2. Mulus ja gtu. Pake serum ini buat ngecilin pori2 besar apalagi diarea hidung. Pas hari pertama pakai besoknya muncul jerawat kecil didahi, tpi hari berikutnya mateng dan kempes.
    Hari ke 3, karena ada bekas jerawat dihidung yg gk keluar sejak sblm pakai serum ini jdi meradang sampai skrg. Dan malam tadi aku cek pipi ternyata ada jerawat mau tumbuh, semacam jerawat batu.
    Aku pakai pagi dan malam sih, apa ini tandanya kulit aku gk cocok ya? Tp pakai ini minyak diwajah aku agak terkontrol sih. Aku termasuk kulit kombinasi, minyak hanya muncul diarea Tzone tp klo lgi berpergian malah area itu jdi kering kusam. Jdi aku bingung mau lanjut atau enggak ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. duhh, di hari ketiga kok udah ngefek gtu yaa. ini serum emang rada2 oily, jadi emg berisiko bgt bikin jerawatan. coba lanjut dulu sis sampe 2-4 minggu. kalo tmbh jerawatan brarti emang ga cocok..

      Delete
  14. Halo mak mau tanya dong, penggunaan serum ini bisa dibarengi sama pemkaian krim dokter ga ya? Kebetulan kan kulit lagi keribg" mengelupas parah karna sabun+toner+krim siang malam dari dokter, apalgi emang basisnya kulitku kering. Dan setelah liat" pengen beli tapi yaa itu sih kalo pake krim dokter, mengakali pemakaian serum ini gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Sori typo, itu maksudnya kak, ga bermaksud manggil mak lho kak 😭

      Delete
    2. hihihi kok lucu sih :)
      hmm aku sejujurnya ga ngerti kandungan krim dokter, entah ada bahan aktifnya atau engga. tapi kalo serum ini ga ada bahan aktifnya, jadi cenderung aman. Kalo emg pengen pake, ya di selang seling aja. misal hari ini pake krim dokter, besok pake serum yg ini. Gitu yaa, semoga membantu ;)

      Delete
  15. Halo kak, aku baru mau nyoba produk ini, tapi mau dibarengi sama toner dari somebymi yang ngehits itu kak, kira2 aman ga ya? Soalnya liat di review orang orang katanya ga cocok sm serum ini. Makasih kak.

    ReplyDelete
    Replies
    1. aduuh belum pernah nyoba. huhu. so sorry ga bisa jawab...

      Delete
  16. Pengen nyoba tapi masih bingung...
    Aku pake cream night olay nih...
    Pemakain serumnya sesudah apa sebelum ya hehehe takut salah..

    ReplyDelete
    Replies
    1. serum dulu, habis itu baru cream :)
      pokoknya yg lebih pekat pakai paling akhir

      Delete
  17. Replies
    1. duh belum tau ni sis. tapi mostly emg dari ekstrak2 tumbuhan gtu. jadi aku mantep pake aja

      Delete
  18. Halo kak Dini, aku baru pake rutin skitar semingguan nih fresh herbs origin serum nya, trus muncul jerawat gede gede :( jenis muka aku normal oily dan ada bekas jerawatan kecil-kecil dulu. Jerawat gede skrg itu kira2 efek detox nya apa karna ga cocok di aku nya kak? Bagusnya aku lanjutin apa stop ya kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. sebelumnya prnh pake krim2 'tertentu' gak? kalo iya, bisa jadi memang proses detoks. Tapi kalo engga, coba lanjutin dulu sampe kira2 3 atau 4 minggu, pake tipis2 aja, kalo masih muncul jerawat baru, kemungkinan emang ga cocok. semoga membantu ya...

      Delete
    2. Pernah pake krim dri dokter sih kak. Okedeh kak makasih bgt jawabannya😁

      Delete
  19. Packaging ku bukan dari beling kaca, tapi bukan plastik ringan juga. Gak ngerti tuh bahan apa. Kira2 ori bukan? Takut palsu 😭 keliatannya sih kayak kaca beling, tapi pas kena lantai gak bunyi kayak beling kaca gt.

    ReplyDelete
    Replies
    1. emang kaya gitu kok, semacam beling tapi pas jatuh kaya plastik gtu. aku juga kurang paham. hihi. asli dah, belum prnh dgr ada kwnya sih

      Delete
  20. Hi, aku kemaren baru beli fresh herb lalu pemakaian (malam) pertama besok paginya langsung jerawat+bruntusan, dipake lagi malam kedua eh sama aja, itu tandanya detox apa emang ga cocok ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Tipe kulitnya apa ya? Trus sblmnya pake krim2 tertentu gak?

      Delete
  21. Serum ini bisa bikin efek glowing gak kak??

    ReplyDelete
    Replies
    1. kayanya ini cuma buat melembabkan. soalnya di kulitku ga ada efek glowing sama sekali.

      Delete
  22. Halo kak ,aku udah make toner& serum fresh herb origin udah satu minggu,muka aku jadi lumayan bersih + ga kering lagi,tapi kok komedo tertutup aku banyk muncul kak, itu gimana ya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa. di aku juga gitu. jadi kudu rajin maskeran sama bersihin muka sih. kalo masih komedoan juga, pake serumnya yg bagian cair aja, yg bagian minyak dikit aja..

      Delete
  23. Kak, sebelumnya aku kan pakai ktim dati dokter. Trus aku berhenti dan mulai pakai serum fresh herb origin ini kak. Ini hari ke 7 aku pakai, tapi tiap hari jerawat muncul terus, komedo juga makin banyak ditambah lagi bruntusan juga di daerah dagu dan hidung. Kalau memang ini proses detox, apakah tetap lanjutkan pemakaian atau dihentikan saja kak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo detox, sebaiknya dilanjutkan. Detox umumnya 2-4 minggu, tergantung kondisi kulit. Kalau masih muncul jerawat di minggu ke-4 dst, kemungkinan memang gak cocok. Semoga membantu ya :)

      Delete
  24. Kak, kalo makai serum ini digabung sama krim dokter bahaya ga ya kira2? Mohon pencerahannya :')

    ReplyDelete
    Replies
    1. So sorry aku ga tau kandungan krim dokter. Tapi sebaiknya jangan dipake barengan, takutnya ada bahan yang kontra. Pake aja selang-seling sis, cari aman :)

      Delete
  25. Aku pakai ni dah 1 mngguan dan gk da efek tingtling apa2 ringan aja , suka sma wanginya bkin seger dan aku gabung sma produk sk II ku gk da mslah dan sama2 ringan ke kulit
    Awalny tkut gk da efek krna kan gk da rasa gatal atau apa pun gtu

    ReplyDelete
    Replies
    1. mungkin kulit wajah kamu udah bersih, jadi gak ada proses detoks. Semoga cocok yaa..

      Delete
  26. Aku lagi coba liat liat review serum ini, kondisi kulit muka ku normal berminyak sih, aku ga pernah pakai krim wajah aneh aneh sih

    Cm pernah coba secretkey aja tapi ga ngefek sm skali.

    Kira2 cocok ga ya sm muka ku yg berminyak?
    Atau sis nya ada rekomendasi serum lain untuk kulit berminyak gtu dgn manfaat yg sama seperti serum ini?


    Maaf ya sis nanya nya kebanyakan hhi

    ReplyDelete
    Replies
    1. Kalo kulit berminyak sebaiknya jangan pake serum ini sih. Nanti bisa makin minyakan. Soalnya tekstur serumnya cukup oily.
      Coba pake nacific juga tapi yg green pair plus clear serum, lebih ringan buat kulit berminyak. Sudah saya review juga kok, cek di postingan aja yah :)

      Delete
  27. Kak, kalo pakek ini siang hari trus aku tutupin cream wajahku boleh gak sih? Atau kalo pakek ini ya cuma serum ini aja gitu gk boleh dipakein makeup?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget kok. setelah pake serum bisa pake makeup :)

      Delete
    2. Berarti pakek siangpun gak masalah ya, bisa dipakek setiap saat? Soalnya aku pkir itu dipakek pas mu tidur aja dan gk boleh pakek cream atau apapun lagi 😅. Makasih infonya kak 😍😘

      Delete
    3. iyaa, ga masalah kok 😊

      Delete
  28. Halo kak, aku mau tanya apa fresh herb serum ini bisa dipakai bareng niacin phyto whitening essence?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dong. tapi mungkin bakal bikin muka lebih berminyak. silakan sesuaikan sama kondisi kulit km ya

      Delete
  29. Q make fresh herb ini di malam hari aja, oily banget tp pas bangun mukanya enak banget hihihi, dan alhamdulillah aman2 aja ga ada timbul jerawat.. malam ini mau ku cobain habis make fresh herb trs make water sleeping mask

    ReplyDelete
  30. Kak aku barusan aja make, tp ga ada rasa cekat cekotnha..padahal mukaku ini ada jerawatnya. Ku pikir bakal cekat cekit saking bermasalahnya eh trnyata nggak. Apa berarti kulitku sehat atau gimana itu kak ya? Satu lagi deh kak.. kalo udh make serum baiknya make apalagi ya kak sesudahnya? Pelembab NR boleh gk?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa jadi kulit km emg udah terbiasa pake produk dgn bahan yg aktif, jadi rasanya biasa aja. tp gpp kok, cekit2 bukan patokan, karena respon kulit beda2.
      pake NR boleh. pelembab lain jg oke2 aja 😊

      Delete
    2. Ka gapapa klo abis pake serum ini nunggu 10mnt trs pake cream malem dri dokter?

      Delete
  31. ka. kalau toner nya berbeda apakah bisa ya ka? misalkan pemakaian malam pakai photo niacin whitening toner + fresh herb origin serum. apakah bisa ya kak? atau daripada begitu lebih baik pakai toner lainnya?

    ReplyDelete
    Replies
    1. boleh banget, yg penting cocok dikulitmu. ga harus sama kok 😊

      Delete
  32. Kak aku mau tanya, aku udah pake serum ini kurang lebih udah 4 mingguan dibarengi sama whitening essence nya juga dari nacific selama 4 mingguan itu aman aman aja, tapi sekarang tiba tiba muncul bruntusan banyak banget hampir semuka:( kira kira itu apa ya kak? Gak cocok atau efek dari detox nya, bingung harus lanjut atau stop aja

    ReplyDelete
    Replies
    1. bruntusan yg ky gimana? coba stop serumnya dulu, biar bruntusannya agak reda. kalo udah mereda lanjutin lagi, kalo memang bruntusan lagi, bisa jd memang ga cocok sama serumnya...

      Delete
  33. Kak boleh gak klo muka lg jrwt brutusan penuh semuka pake phyto niacin eessens sm fresh herb

    ReplyDelete
  34. Hallo kak. Aq mau tanya nih. Aq kan coba pake produk nacific itu mula'y dri yg kit. Pas pake yang kita biasa aja, ada sensasi hangat'y gtu diwajah. Trus aq beli yg satuan'y pas aq pake ga ada sensasi hangat2'y lgi, tpi mlah timbul merah2 diwajah di area bawah mata, hidung, dan dagu. Kira2 itu proses detox apa emg alergi / ga cocok dan harus berhenti pake???

    ReplyDelete
  35. Bisa ga kak dipakainya berbarengan dg produk lain?semisal kita pakaiproduk merk A,tapi pakai serumnya ini??

    ReplyDelete
  36. Alhamdulillah di aku pemakaian pertama di malam hari udah langdung keliatan efek besok paginya wajah jadi halus kenyal dan pori" jauh mengecil dari sebelumnya keliatan banget bedanya, wajah aku mengalami purging rapi aku yakin tetep pake karna aku ngerasa kulit aku jadi sehat gitu setelah pake, dan kenapa aku tau itu purging bukan breakout ? Karna aku rajin googling liat berbedaan breakout dan purging, kalo breakout itu jerawat muncul di bagian manapun di wajah kita itu menandakan kita ga cocok ama produk yang kita pake, tapi kalo purging jerawat/beruntusan hanya muncul di bagian yang sering berjerawat sebelumnya misal kalo aku sering numbuh di jidat dan pipi bagian dalam nah saat aku pake serum ini jerawat dan bruntusan muncul di bagian itu juga bagian wajah yang lain malah mulus banget kenyal halus pokonya sehata banget gitu keliatannya, so aku pake baru 3 minggu lebih bentar lagi satu bulan tapi beruntusan aku Alhamdulillah lenyap tinggal jerawat karna satu minggu yang lalu aku makan cabe banyak banget tiap hari jadi + lagi dapet jadi muncul jerawat gede tapi malah cepet banget keringnya 😍 insyaAllah beberapa hari kedepan wajahku bebas jerawat dan beruntusan, bismillah aku yakin sama nacific 🙏😙

    ReplyDelete
  37. Hai kak 😊 Aku mau nanya dong. Kan aku baru pertama kali beli serum ini.. Nah dalam -+1 bulan, aku makai 7 kali. Pas pemakaian pertama kali bahkan smpai pemakain ke 7 wajah ku ga merasakan cekit2 dan kemerahan sama skali. Tidak berefek apapun. Tapi setiap saya memakai serum ini, tiba2 kulit wajah aga mengelepus gitu. Dikit sih. Tapi stiap memakai serum ini wajah saya kadang mengelupas dikit. Tapi aku ga ngerasain perih, panas, cekit2, jerawatan, bruntusan dan gatal2. Pokoknya saya ga merasakan hal negatif apapun saat memakainya cuman mengelupas aja. Oiya tipe kulit ku kombinasi. Lalu mnurut kaka saya ini tidak cocok pakai serum ini atau bagaiamana? Saya purging atau breakout?

    ReplyDelete
  38. hai, mau nanya juga dong, aku pake toner dan semunya di malam hari, suatu hari aku uji coba pake di siang hari, ternyata setelah itu mukaku jadi kering, merah dan terkelupas (aku sudah pake sekitar semingguan}, minta sarannya dong, baiknya aku lanjut aja pakenya atau hentikan ya ?

    ReplyDelete
  39. Kak mau tanya dong jadi aku kan baru baru ini pakai serum yh herb sma cream nya , pas di pakai itu knpa kulitku kyak tmbah brminyak dan kusam ya kak , tru gatel2 sih dibeberpa bagian. Nak malamnya aku oake phyto itu biasa aja sih tinggal nunggu hasilnya aja. Mnurut kk gimana ya kok bisa gtu klo pke yh herb sma creamnya itu

    ReplyDelete

Powered by Blogger.