Review Secret Key Starting Treatment Essence (STE) Rose Edition

Hai! Tulisan kali ini bakalan singkat dan to the point. Aku akan review sebuah produk yang sebenernya udah lumayan lama aku pake, tapi belum sempat nulis reviewnya. Cluenya, ini produk dari korea, terbuat dari fermentasi ragi, dupenya SKII. haha. So mean yaa? yeap, ini dia Secret Key Starting Treatment Essence. Selanjutnya bakalan aku singkat "STE".


SecretKey-Starting-Treatment-Essence--Rose-Edition

Awal dan permulaan aku tahu produk ini dari baca-baca blog soal skincare. Hampir setiap beauty blogger selalu memiliki review produk ini. Dan ste ini hype banget di kalangan skincare enthusiast. Mayoritas mengatakan si STE ini bagus dan worth trying banget. Namanya juga wanita, gimana gak kesengsem kalo ada produk dengan harga yang affordable dan efek luar biasa. Setelah mikir mikir mikir akhirnya aku cari-cari di shope dan segera beli produk ini. To be honest, STE adalah korean skincare keempat yang aku punya, setelah skinfood black sugar mask, secret key witch hazel toner, dan c20 vitamin C serum. 


Gimana produk ini bisa hype dan jadi holygrail para beauty enthusiast? 
Nah beberapa kali baca di blog dan forum diskusi kecantikan, secret key STE ini konon menduplikasi ide dari brand Jepang yaitu SKII. SKII menamai produknya dengan First Treatment Essence (FTE). Aku juga sempet kepo FTE sebagai pembanding, memang dari segi nama dan tampilan aja udah mirip banget. Terus pas coba aku cari kandungannya, ternyata kandungannya sama loh, yaitu galactomyces. Galactomyces adalah ekstrak dari yeast fungus yang diperoleh dari proses fermentasi. Mengandung sejumlah besar vitamin, kalsium, zat besi, zink, iodium dan asam folat. Galactomyces memiliki manfaat untuk melembabkan kulit, meningkatkan kekebalan kulit, melindungi sel-sel kulit dari paparan sinar UV dan mempercepat sintesis kolagen dan glikoprotein sehingga kulit menjadi elastis dan kencang. 

Nah SKII sudah mematenkan si galactomyces ini dengan nama Pitera. Sedangkan brand lain tetap menyebut dengan galactomyces. Dari sekian perbedaan, yang bikin kacau ya jelas harganya. haha. FTE 75 ml dengan kandungan galactomyces 90% di bandrol dengan harga Rp 793.000. Kalau masih ga percaya silakan cek di web resminya www.sk-ii.co.id . Sedangkan STE 150 ml dengan kandungan galactomyces 94% dijual dipasaran dengan harga kisaran 150.000-250.000 tergantung dimana belinya. Cetar banget kan bedanya.


Secret key STE pun punya 2 macam series, yaitu yang biasa sama rose edition. Apa bedanya?

Kalo yang biasa warna tutupnya silver, kandungan galactomyces 90%, 7 effects, 7 free system.

Sedangkan yang Rose edition warna tutupnya gold, kandungan galactomyces 94%, 10 effects, 10 free system, plus containing rose flower water.

Untuk lebih jelas, silakan zoom out gambar dibawah ini yaa
SecretKey-Starting-Treatment-Essence--Rose-Edition
SILVER

SecretKey-Starting-Treatment-Essence--Rose-Edition
ROSE EDITION

Anyway sekarang udah banyak brand yang mengeluarkan produk essence dengan kandungan galactomyces. Misalnya Missha (Time revolution the first treatment essence), CosRx (Galactomyces 95 whitening power essence), dan Mizon (Skin power first essence), etc. I dont know which one is better, but i have chosen ste from the start.

Yuk langsung cuss ke reviewnya ya..



Brand     : Secret Key
Series      : Starting Treatment Essence
Price       : Rp 150.000- Rp 250.000
Net. Wt   : 150 ml

Suitable for : All skin types


Btw keterangan dari box dan botol kok hangeul semua, jadi ada beberapa informasi yang sulit dipahami, malahan gak ngerti sama sekali. huhu. Jadi maaf kalo beberapa informasi agak kurang jelas dan terbatas.

SecretKey-Starting-Treatment-Essence--Rose-Edition 

Claims
Ste yang silver cuma punya 7 effects. Kalau yang rose punya 10 Miraculous Effects, apa aja sih 10 efek itu?
1. Wrinkle diminishing
2. Refine skin tone
3. Whitening
4. Elasticity
5. Soothing skin
6. Hydration
7. Oil control
8. Exfoliation
9. Boosting
10. Delicate care

Ingredients

Galactomyces ferment filtrate, Dipropylene glycol, Niacinamide, Glycerin, Citrus grandis (grapefruit) seed extract, Acorus gramineus root/stem extract, Perilla ocymoides leaf extract, Rosa centifolia flower water, Adenosine.

SecretKey-Starting-Treatment-Essence--Rose-Edition 

Setelah liad ingredientsnya, aku ngerasa lebih aman kalo pake produk ini. Karena memang bener - bener simple dan ga ada additional yang neko-neko. Bahkan sebagian besar isinya adalah ekstrak tumbuhan. Fyi, produk-produk dari secret key ini memang semuanya aman, dan selalu bebas dari bahan yang jadi musuh para wanita.

After cleansing, dampen a cotton pad with toner and gently wipe face. 

Instruksi pemakaian yang tertulis di box juga kurang jelas. Jadi aku cari info dari blog-blog lain dan para reviewer. Nah, jadi aku simpulkan untuk pemakaian bisa dengan 3 cara, yaitu :

 1. With cottonpad
Jadi ambil kapas, tuang essence secukupnya ke kapas, dan ratakan ke wajah.

2. Without cottonpad
Tuang essence sebanyak 3-4 tetes ke telapak tangan, lalu ratakan ke wajah dan tepuk-tepuk wajah agar lebih cepat meresap

3. As facemask
Jadi ste ini bisa juga dipake sebagai masker. Caranya ambil kapas, tuang ste ke kapas dengan jumlah yang agak banyak. Dan tempelkan pada wajah/jerawat selama 3 menit. Tapi aku lebih seneng tempel lebih lama, hingga STE diserap sempurna.


Kenapa pilih STE rose edition?

Aku punya masalah kulit kering yang levelnya kebangetan, mau musim hujan panas dingin kulit tetep kering, kadang sampe mengelupas. Berkali-kali pake cream drugstore tapi ga pernah sejalan, selalu bikin komedoan atau bruntusan bahkan minyakan. Setelah kupikir lagi, mungkin aku kurang cocok pake produk dengan tekstur cream.

Akhirnya setelah baca-baca 10 step k-skincare, rasa-rasanya enggak mungkin kalau aku pakai skincare sebanyak itu, jadi aku berniat menambahkan essence di skincare routine aku. Karena essence sendiri terbuat dari bahan-bahan yang sangat terkonsentrasi sehingga bisa diserap kulit dengan cepat dan masuk sampai lapisan dalam. Nah yang paling masuk akal ya ste ini, dia bukan cream, teksturnya cair, ringan, ingredientsnya sederhana, dan harganya affordable, jadi mungkin bisa diterima dengan baik oleh kulit dan dompetku. haha.

Selain itu, Secret key ste rose edition menerapkan 10 Free (paraben free, mineral oil free, benzophenone free, alcohol free, artificial coloring free, artificial fragrance free, animal oil free, triethanolamine free, alcohol free, sulfate free), jadi yang punya kulit sensitif lebih aman pake ste. Nah si brand satunya masih mengandung paraben dan turunannya loh. Jadi, meskipun ste harga tergolong murah, tapi kualitas tetep nomor wahid.



First Impression...

Honestly aku sudah lupa gimana rasanya pertama kali pakai produk ini. Karena sudah sekitar 9 bulan pakai ste.

Yang pasti botolnya aja udah gede banget dan terbuat dari kaca, pertama kali mau ambil produknya susah dan selalu tercecer kemana-mana. Tapi aku suka tutupnya yang model ulir, terus dibawahnya ada tutup kecil biar produk tetap higienis dan ga tumpah kemana-mana. Tapi berhubung sering banget kececer waktu menuang si ste ini, akhirnya aku beli botol kecil, aku pindahin biar gampang ngambilnya dan lebih ramping untuk dibawa kemana-mana. 

Ste ini teksturnya ringan seperti air, gak berwarna, ada bau samar-samar seperti cuka/asam/tape tapi gak mengganggu. Pertama kali pakai ada sedikit rasa gatal. Mungkin ini cuma di kulitku aja karena belum pernah pakai sebelumnya. Gatal-gatal yang wajar sih, dan gak sampe 1 menit terus ilang.

Usahakan untuk single use untuk produk yang pertama kali dicoba, jangan dicampur atau ditimpa sama produk lain. Tujuannya biar nanti kalau ada iritasi kita langsung tahu. Btw aku lebih suka pakai langsung tanpa kapas. Kalau pakai kapas boros dan banyak yang kebuang. Jadi mending tap-tap langsung ke muka.


SecretKey-Starting-Treatment-Essence--Rose-Edition

Btw, biasakan untuk nulis tanggal produk pertama kali dibuka. Tulis aja diatas tutup atau dibawah tubenya. Karena hampir semua skincare korea itu memberikan masa kadaluarsa tertentu setelah produk terbuka, atau kita biasa sebut PAO (Period After Opening). Ste sendiri akan kadaluarsa 12 bulan setelah produk dibuka.


SecretKey-Starting-Treatment-Essence--Rose-Edition


Does it work for my skin?

As i said before, bertahan selama 9 bulan dengan produk yang sama bukanlah hal yang mudah kecuali benar-benar cocok. hahaha. Aku suka banget sama ste ini, dari awal pakai sama sekali ga timbul breakout. Karena teksturnya cair, jadi dia mudah banget diserap kulit. Apalagi kulitku kering, pakai 3-4 tetes aja sebenernya ga cukup, jadi aku lebih suka pakai 2-4 lapis (± 12 tetes). Dan asli lah, hasilnya kulit jadi lembab tapi gak berminyak sama sekali. Aku pakai ste ini pagi dan malam setelah facewash dan toner, jadi usahakan pakai ketika kulit bener-bener bersih, biar kandungan essence ini bisa terserap sempurna. Anyway, pemakaian ste ini keliatan ngaruh banget pas dipake malem hari, karena nanti paginya kulit tampak lebih cerah, bouncy, dan lembab.

FYI. Di instruksi pemakaian sudah aku tulis kalau ste bisa jadi face mask. Aku udah buktiin kebetulan pas ada jerawat merah meradang dan rasanya kaku aku kompres pake ste semaleman, paginya jerawat langsung agak kempes dan gak berasa kaku/kenceng lagi. Nah kompres selama 2-3 hari, dijamin jerawat ga jadi muncul.

Pokoknya ste ini multifungsi dan bisa digunakan untuk semua jenis kulit.


Buat yang berharap kulitnya putih setelah memakai suatu produk, please jangan semudah itu menjadi konsumen. Karena secret key pun tidak menjanjikan ste akan memberikan efek yang luar biasa. Claimsnya ada 10 itu, dan buatku semua berjalan normal. Yuk mari cek satu per satu,

Wrinkle care emang bener sih, karena hidrasi yang baik kan bisa mengurangi keriput pada kulit. 

Efek whitening menurutku disesuaikan dengan jenis kulit. Buat aku pribadi kulit bisa tampak cerah karena kelembapannya terjaga. Kulitku tipenya super kering, kalau gak pakai apa-apa jadi keliatan kusam banget. Essence ini membantu melembabkan, dan ketika kulit lembab pasti jadi tampak lebih cerah dan dewy. Selain itu ada kandungan niacinamide, dia membuat kulit cerah dan skin tone lebih merata. 

Elasticity effect ini yang lumayan berasa sih sebenenernya, karena begitu terserap ya sudah, kulit langsung berasa fresh dan kenyal. 

Hydration & oil control ini juga ngefek banget. Meskipun kulitku kering, tapi ketika gak pakai apa-apa, lama-lama jadi minyakan. Sempet surprise juga waktu pakai essence ini, kulit terhidrasi dengan baik dan bebas minyak sepanjang hari. Karena sesungguhnya si minyak itu nongol sebagai penanda kalo kulit kita butuh kelembapan. Dan minyak merupakan salah satu agent alami tubuh yang berfungsi melembabkan kulit. Ketika kita nambahin agent moisturizer seperti essence, bisa jadi kita sedang membantu meringankan tugas si kelenjar minyak, sehingga minyak yang di produksi pun dapat dikondisikan dengan baik.

Soothing skin, efek ini juga bisa dibilang paling tampak nyata. Ketika kulit iritasi, kena sunburn, pengelupasan kulit, atau kemerahan setelah ekstrasi komedo, ste adalah pilihan yang tepat untuk meredakan itu semua. Apply dalam jumlah yang banyak, dan tunggu beberapa jam (1-2 jam) kemerahan langsung berkurang.

Exfoliation, sejauh ini aku gak merasakan ada efek exfoliasi, Tapi penggunaan dari hari ke hari bikin kulit jadi alus dan lembut. I guess ini salah satu efek eksfoliasi kali ya? dengan terangkatnya sel kulit mati, tekstur kulit jadi lebih lembut.

Boosting & delicate care, hampir sama seperti soothing effect ya. Dia bisa memperbaiki kulit dan memberikan efek yang baik ketika kita sabar dan telaten menggunakan ste ini.

Rating

9/10


Repurchase ?

Surely yes. *itu yang difoto adalah tube yang udah habis dan sayang kalo dibuang. hihi



STE Rose Gold udah di upgrade lagi kemasannya jadi Rose pink. Aku jadi penasaran sama formulanya dan pengen banget coba. Untuk review lengkap yang series Rose Pink, silakan baca reviewnya di link ini ya Review STE Rose Pink.

Terima kasih sudah mampir. Sampai jumpa di postingan selanjutnya 🎈
Review Secret Key Starting Treatment Essence (STE) Rose Edition Review Secret Key Starting Treatment Essence (STE) Rose Edition Reviewed by Dini Nh on July 16, 2017 Rating: 5

10 comments:

  1. Makasih reviewnya baru mau nyobain..

    ReplyDelete
  2. Beli dimana ya? Makasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku biasanya di shopee sih :)

      Delete
    2. aku shopee nya apa ya kak?

      Delete
    3. aku lupaaa. cari aja yg trusted, yg pembelinya banyak. hihi

      Delete
    4. Share dong kk belinya di shopee mana?

      Delete
    5. ganti2 sih, ga mesti di satu store. cari yg reviewnya banyak sis :)

      Delete
  3. aku pengen coba deh, tapi kulitku tuh gampang jerawatan, oily di Tzone, pori-pori gede gitu. kira kira bakal cocok gak dg jenis kulit kyk gt? btw kalo pake daily routine skincare, boleh kan abis make STE ini dilanjut pelembab? aku pelembabnya pake nature republik sih

    ReplyDelete
    Replies
    1. ini claimnya bisa untuk semua jenis kulit sih. Aku pun kalo gak pake essence malah bisa minyakan bgt, nah sejak pake ste ini produksi minyak bisa terkendali.
      Boleh bgt, aku pun pelembabnya juga pake aloe gel tp dari the face shop :)

      Delete

Powered by Blogger.