Natural Pacific Green Pair Plus Clear Serum Review // The Fire Extinguisher Serum

Omaigaat, keracunan sama produk korea lagi nih. Kebetulan serum yang fresh herb udah mau abis, terus masih galau antara repurchase atau enggak. Secara si fresh herb kok belakangan udah gak begitu nampol di mukaku. Yaudah deh jadi kurang sreg lagi. Berencana ganti serum, tapi bingung mau pakai serum apa. Aku juga masih punya serum vitamin C tapi itu harus dipakai malam hari. Untuk sekarang ini aku butuh serum yang bisa dipakai di siang hari, dan yang pasti bisa melembabkan kulitku yang kering.

Akhirnya setelah kepo, browsing sana sini, nemu aja ini si Nacific Green Pair Plus Clear Serum. Aku mantep beli soalnya memang serum ini gak memberikan claims yang heboh kaya si fresh herb. hihi. Dan buatku claims yang sederhana itu lebih masuk akal, jadi lebih telaten pakainya, dan yang pasti kita jadi gak berharap lebih. Semisal ngefek ya Alhamdulillah, kalaupun belum keliatan efeknya pun juga gak ada ruginya, toh memang niatnya memberikan nutrisi ke kulit.

Sebenernya belum banyak informasi mengenai serum dari nacific ini. Website resminya juga pake bahasa korea jadi aku ga gitu paham. Di packagingnya juga full pake tulisan korea, kecuali komposisinya. Kan ane jadi galau mau bikin reviewnya. Hahaha. Tapi untungnya setelah mati-matian searching, masih ada informasi trusted, aku jadi bisa ngulik, dan yang pasti bisa bermanfaat buat yang mau pake serum ini.


Natural-pacific-green-pair-plus-clear-serum

Kalo si fresh herb origin terkenal dengan The Damn Serum, nah ternyata si botol putih ini juga punya julukan khusus, yaitu Fire Extinguisher Serum. Semacam pereda kulit yang panas berapi-api banget yak? Well maksudnya ternyata serum ini lebih ke soothing serum, calming, dan hydrating, utamanya untuk kulit sensitif karena ada kandungan Centella Asiatica yang disebutkan bisa memperkuat struktur kulit. Btw kulitku tipenya kering, sensitif (kadang-kadang), ada jerawat juga, tapi aku mantep aja cobain serum ini. Mau tau gimana hasilnya? Yuk simak sampai tuntas...


Natural-pacific-green-pair-plus-clear-serum

Claims

Kandungan yang diunggulkan di serum ini adalah Green Cica, dengan claimsnya sebagai berikut
Green cica skin restoring solution
1. Maintain moisture inside the skin
2. Make weak and sensitive skin to be healthy
3. The concentration of three types of Centella Asiatica (Green Cica Complex)

Green Cica Complex itu apa sih? Begini penjelasan dari nacific...
Green Cica Complex is unique green derma ingredients for sensitive skin that only Nacific has. It is made by highly enriching major components of the Centella Asiatica, which are effective for sensitive skin barrier, and moisture barrier care.

Satu point yang bisa aku simpulkan dari Centella asiatica adalah dia menjaga skin barrier. Skin barrier atau bisa juga disebut moisture barrier merupakan lapisan terluar kulit (stratum korneum) yang melindungi kulit dari berbagai macam faktor penyebab kerusakan.
Dalam korean skincare, prinsip utama memang melembabkan kulit. Kondisi lembab inilah yang nantinya bisa memperkuat lapisan luar kulit sehingga kulit bisa terhindar dari berbagai faktor kerusakan. Untuk melembabkan kulit, salah satunya bisa didapatkan dengan layering skincare. Produk yang dipakai mulai dari toner, essence, booster, serum, lotion, moisturizer, sunscreen, dst. Penggunaan serum menjadi sangat crusial diantara berbagai macam skincare tersebut, karena hanya serum yang berisi bahan aktif tertentu dan bisa mengatasi masalah kulit yang spesifik.

Nah Green Cica Complex itu terdiri dari 3 jenis Centella Asiatica, yaitu
1. Asiaticoside
Finding the right balance between oil and moisture. Skin moisture barrier care
2. Asiatic Acid
Soothing sensitive skin, Caring skin moisture barrier care, antioxidant effect.
3. Madecassic Acid
Skin soothing

Ketiga jenis centella asiatica itu sudah tercantum di ingredients ya, ada di urutan 8, 9, 10 ingredients list.
Daritadi pasti penasaran banget kan sama yang namanya Centella asiatica? Kalo di tempat kita biasa disebut daun 'pegagan'. Aku dulu pernah diajak ayah cari tumbuhan pegagan ini buat obat apa gituu aku udah lupa. Nah ternyata sekarang ketemu lagi sama si pegagan tapi dalam bentuk serum. Hihi. Pegagan ini tumbuh subur di perkebunan bahkan tempat yang lembab, misalnya di sekitar sawah, rawa-rawa, dan sekitar sungai. Buat yang belum pernah tau, ini nih yang namanya Centella Asiatica.


image source : wikipedia

Serum ini juga di claims bebas dari 7 bahan berbahaya, seperti :
  1. Parabens
  2. Triethanolamine
  3. Imidazolidynil Urea
  4. Artificial fragrances
  5. Tar Coloring
  6. Mineral oil
  7. Polyacrylamide
Selain itu, green pair plus clear serum ini juga sudah melewati 3 tes keamanan
1. Non-comedogenic tested
Artinya bisa dipakai untuk kulit acne prone.
2. Skin irritation tested (hypo allergenic)
3. Completed harmful ingredients (Free of seven ingredients) test


Important Research

Ada penelitian terkait penggunaan line produk nacific ini, baik berupa Serum/ Toner/ Cream nya. Sudah diteliti di Oriental Medicine College, Medicinal Herbs Pharmacology lab, Seong Su Noh.
Bahwa penggunaan serum ini sangat efektif untuk mengontrol minyak dan menyeimbangkan kelembaban, mengurangi redness (kemerahan), meningkatkan kelembaban, dan meredakan erythema dosis.


Packaging

Botolnya bagus banget sih, aku suka aja. Warna putih elegan, terus tutupnya berupa pipet yang sekaligus jadi aplikator buat ambil serumnya. Botolnya terbuat dari plastik tebal, tapi memang sekilas kaya kaca. Kalo jatuh pun bakal muncul bunyi semacam kaca jatuh, tapi aman kuat kok, gak gampang pecah.


Natural-pacific-green-pair-plus-clear-serum

Isinya sendiri 50 ml dan ada boxnya. Tapi sayang keterangannya pake tulisan korea semua, yang bisa kebaca cuma ingredientsnya. Kan sedih bet yak...



Scent, Color, and Texture

Ngomongin soal baunya, aku bakal bilang kalo baunya ini nyaman banget. Secara aku memang kurang suka scent yang terlalu kuat, bahkan bisa pusing kalo cium bau bunga-bungaan yang sangat wangi. Untung baunya ini bukan bunga-bunga sama sekali. Kalo aku describe scentnya semacam bau jahe. Pernah kan minum wedang jahe? nah bau uapnya pas anget itu mirip banget sama scent serum ini. Jadi sama sekali gak mengganggu bahkan bikin betah kalo pake serum ini, maunya pake banyak gitu biar baunya gak ilang. Hihi.

Warna serumnya putih, mirip air kelapa. Nanti bakal keliatan pas diambil pake pipet. Putih jernih, gak keruh.




Teksturnya cair tapi agak pekat. Meskipun pekat, tapi pas di aplikasikan ke kulit rasanya ringan dan gak meninggalkan rasa lengket.


Cara Pakai

1. Bersihkan muka dengan sabun muka
2. Gunakan toner
3. Teteskan langsung serum ke wajah (secukupnya ke area dahi, pipi, dan dagu).
4. Ratakan dengan tangan
5. Tepuk-tepuk ringan sampai serum diserap sempurna




Kalau setelah pakai serum mau dilanjutkan ke step selanjutnya, bisa banget setelah itu pakai pelembab, sleeping mask, ataupun sunscreen. 



Ingredients

Water, Chamaecyparis Obtusa Water, Propanediol, Glycerin, 1,2-Hexanediol, Butylene Glycol, Asiaticoside, Asiatic Acid, Madecassic Acid, Centella Asiatica Extract, Madecassoside, Ceramide NP, Panthenol, Allantoin, Bis-PEG-Methyl Ether Dimethyl Silane, Alcohol, Glycereth-25 PCA Isostearate, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Tromethamine, Ethylhexyl Palmitate, Citrus Aurantium Bergamia (Bergamot) Fruit Oil, Cetyl Ethylhexanoate, Polysorbate 20, Polyglyceryl-10 Oleate, Citrus Aurantium Dulcis (Orange) Peel Oil, Rosmarinus Officinalis (Rosemary) Leaf Oil, Lavandula Angustifolia (Lavender) Oil, Hydrogenated Lecithin, Amyris Balsamifera Bark Oil, Pelargonium Graveolens Flower Oil, Citrus Paradisi (Grapefruit) Peel Oil, Eucalyptus Globulus Leaf Oil, Melaleuca Alternifolia (Tea Tree) Leaf Oil, Juniperus Mexicana Oil, Boswellia Carterii Oil, BHT, Aniba Rosaeodora (Rosewood) Wood Oil, Disodium EDTA, Ethylhexyglycerin.


Natural-pacific-green-pair-plus-clear-serum

Mari lihat level keamanan komposisi di cosdna.





First Impression

Pertama coba sekitar 2 bulan yang lalu. Dari dulu tiap cobain produk selalu mantep dan gak tanggung-tanggung. Kalo biasanya ada yang menyarankan patch test untuk pemakaian pertama suatu produk, tapi aku kadang males. Jadi yaudah langsung pake aja ke seluruh muka. Teksturnya yang ringan, bikin pakenya khilaf, alias pengen pake banyak. wkwkwk. Serumnya pertama dioles memang kerasa pekat, tapi gak nyampe 2 menit pasti langsung ngeblend dan gak menyisakan rasa lengket sama sekali. Malah kaya gak pake apa-apa.


Natural-pacific-green-pair-plus-clear-serum
 

Pertama pake gak ada sensasi gatal/ tingling/ panas kok. Nyaman banget lah pokoknya, dan first impression emang aku langsung jatuh cinta sama tekstur serum ini. Kuy, aku akan review detail setelah rutin pakai serum ini...


Review

Serum ini aku beli via shopee harganya sekitar Rp 165.000. Isinya pun lumayan banyak. Sekarang udah pakai 2 bulan lebih dan serum masih tersisa setengah botol. Awet banget kan?
Tujuan awal beli serum ini sebenernya pengen manjain muka biar ternutrisi gituu *ciyelaah. Asli dah mukaku belakangan keliatan kering, kusam, dan ada banyak bekas jerawat di dahi dan pipi kiri. Udah pake serum vitamin C dari Tiam, memang bagus sih efeknya terutama buat tone kulit, tapi kalo siangnya ga pake skincare, muka tetep jadi kering dan kusam. Padahal aku ga punya serum lain yang bisa dipake di siang hari, si fresh herb juga udah mau abis. Yaweslah, mau gak mau kudu beli serum lagi. Aku juga kudu concern ke urusan moist and moist. Pokoknya lagi berencana bikin muka jadi lembab biar bebas kusam.

Well, di minggu pertama - kedua pemakaian rasanya biasa aja. Ada beberapa bekas jerawat yang kehitaman, ada beberapa spot kulit yang kering mengelupas, terus kulit dahi yang agak gosong (akibat kebanyakan main tapi ga pake sunscreen). Di minggu awal pakai, si serum belum berasa banget efeknya. Mari perjelas satu per satu claims Vs result nya

Claims : Maintain moisture inside the skin

Di poin pertama ini intinya tentang kemampuan serum memelihara kelembaban dalam kulit.
Result :

Saat apply serum memang beberapa menit langsung diserap dan gak menyisakan rasa lengket sama sekali. Bahkan rasanya semacam pakai air, karena memang gak berasa pake apa-apa. Mungkin gara-gara kulitku yang terlalu kering bahkan dehidrasi, jadi serumnya langsung masuk terkunci di kulit. Tapi yang aku notice, walaupun 'kaya gak pake apa-apa', tapi kalo pakai serum ini muka jadi gak cepet berminyak. Misal pakenya pagi, nanti pas siang bahkan sore, minyak wajah jadi lebih terkontrol, muka jadi keliatan dewy gitu. Tapi untuk efek moisture (melembabkan) menurutku memang masih kurang. Meskipun udah pakai serum, tapi muka masih berasa kering dan kurang nampol buat kulit yang mengelupas. So, aku harus layering dengan produk lain agar kulit lebih lembab. 

Claims : Make weak and sensitive skin to be healthy

Result
Kulitku kan tipenya kering. Kulit kering lebih rentan (sensitif) dari berbagai stimulan dari luar karena kulit kering memiliki skin barrier yang buruk. Ini udah kebukti kalo aku terpapar suhu yang terlalu panas atau terlalu dingin pasti auto bruntusan, merah-merah, kadang muncul jerawat, sampai kulit mengelupas. Pokoknya seketika jadi sensitif. Nah makanya aku kurang suka main ke daerah yang ekstrim semacam pantai atau gunung. Hihi. Heuuu sorry malah curhat. 

Untuk claims yang kedua ini pada intinya menutrisi (menyehatkan) kulit, terutama kulit yang lemah dan sensitive. Setelah aku baca-baca komposisinya, memang sebagian besar berisi ekstrak tumbuhan sih, jadi yaudah percaya aja bahwa serum ini bisa jadi nutrisi yang baik untuk kulit. Aku pokoknya rutin pakai di pagi hari, pakainya setelah toner dan essence. Setelah itu aku timpa pakai The Saem Snail Soothing Gel. Nah kalo mau panas-panasan, aku timpa lagi pake sunscreen.


Claims yang kedua ini lebih bekerja di kulitku. Kalo pas main atau panas-panas ria, kulitku yang lemah ini jadi jarang bruntusan. Tapi di aku pakenya kudu banyak, biasanya sampe 3 lapis, sampe berasa lengket gitu pokoknya. Nah kalo udah gitu, cap cus main kena panas matahari juga jadi berasa lebih strong, bahkan jadi jarang banget bruntusan. Yaaay so happy...


Kalo dipake malam hari (sebelum tidur), step-stepnya juga sama ya, tapi setelah serum usahakan pakai pelembab. Agar serum terkunci dan bekerja lebih optimal. Seperti yang sudah aku jelaskan sebelumnya, di minggu pertama-kedua-ketiga gak bakal ada pengaruh signifikan ke kulit. Tapi kalo mau telaten pasti hasilnya keliatan kok. Tone kulitku sekarang jauh lebih cerah, tekstur kulit jadi lebih halus, dan kulit jadi lebih kuat (tidak sensitif).



Before


After
*Disclaimer aja sih, serum ini bukan satu-satunya produk yang aku pakai, ada produk lain yang aku gunakan secara bersamaan. Jadi beberapa produk kalau digunakan dengan tepat pasti bisa saling improve. Tinggal sabar aja, pasti efeknya lama-lama keliatan. 

Claims : Non comedogenic & less irritation tested

Result :
Setelah 2 bulan pakai memang berasa nyaman sih. Teksturnya yang ringan dan mudah diserap bikin kulit gak gampang komedoan. Selain itu formulanya memang sudah teruji untuk kulit sensitif jadi memang gak bikin iritasi, bruntusan, atau over-reacted. Apapun soal komposisinya aku ga ada masalah, karena memang gak ada bahan aktif tertentu. Jadi aman banget kalo mau di timpa sama produk lain.

Ah tapi sedikit cerita, pernah aku iseng coba pake serum ini, terus aku timpa sama Tiam C Source (Vitamin C 20%). Paginya kulitku kok agak muncul merah-merah, trus pori-pori jadi melebar gitu. Entahlah, pengen efek yang cepet tapi malah fail. Langsung cepet-cepet cuci muka dan kompres pake toner. Hihihi. Jangan dicoba yakk...




Most Common Questions

# Bikin purging dan breakout gak?
Ini bukan serum detoks, jadi di kulitku memang gak ada proses purging. Sudah sekitar 2 bulan pakai dan alhamdulillah gak ada breakout sama sekali.

# Bisa ngilangin bekas jerawat gak?
Ini kan termasuk hydrating serum, di aku kok gak ada efek ke bekas jerawat ya. Lagipula  memang gak ada kandungan yang bisa mencerahkan juga kok.

# Cara pakai (layering) yang bener gimana?
Kalau belum biasa layering dan kalau gak ada produk lain, silakan aja pakai serum ini single use di pagi dan malam hari. Tapi kalo udah biasa layering skincare dan mau ditimpa dengan produk lain pun bisa banget. Aku sendiri juga layering tapi secukupnya, dan aku selalu pakai dari produk yang teksturnya cair ke yang lebih pekat. Ini produk yang aku pakai untuk layering
1. Face wash : Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash
2. Essence : Secret Key STE Rose Pink
3. Toner : Hada Labo Gokujyun Lotion (pagi hari), Some by mi (malam hari)
4. Serum : Nacific Green Pair Plus Clear Serum
5. Moisturizer : The Saem Snail Soothing Gel, Laneige Water Sleeping Mask
6. Sunscreen : Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

# Amankah dipakai siang hari?
Aman banget. Ini bukan serum vitamin C yang harus dipakai malem hari kok.


Conclusion

Overall aku suka serum ini terutama dari teksturnya yang mild dan mudah diserap. Untuk efek yang bisa dirasakan di kulitku yaitu kemampuannya mengontrol minyak wajah, memperbaiki tone kulit, dan yang pasti bisa bikin skin barrier jadi lebih kuat (kebukti di aku jadi jarang bruntusan). Sayangnya serum ini kurang begitu melembabkan kulitku yang super kering.
Untuk harganya menurutku masih affordable kok, mengingat isi serum yang lumayan banyak dan awet karena pakenya juga cuma dikit.

Yeap setelah lumayan panjang lebar, kayanya cukup dulu untuk review kali ini. Kalau ada yang pengen coba tapi ragu, atau masih ada yang pengen ditanyain, silakan komen di bawah yaa. Thanks sudah mampir, semoga bermanfaat :)

Natural Pacific Green Pair Plus Clear Serum Review // The Fire Extinguisher Serum Natural Pacific Green Pair Plus Clear Serum Review // The Fire Extinguisher Serum Reviewed by Dini Nh on September 07, 2018 Rating: 5

25 comments:

  1. Udah lama mau beli ini, sayangnya di tempat langganan beli kok yo abis terus. Best seller bnget kyknya.

    ReplyDelete
    Replies
    1. di online shop manapun udah bnyk bgt kok skrg :)

      Delete
  2. wah makasih reviewnya sekarang memang banyak yg gunakan serum ya

    ReplyDelete
  3. Td cek bahan2nya, aman sih kalo utk aku yg alergi AHA :). Jd sepertinya aku bisa aja pakai tnpa breakout. Dulu aku tuh pernah baca, kulit berminyak kyk aku, ttp hrs di hidrasi supaya lembab. Awalnya ga percaya, tp kemudian pake skin care yg tujuannya melembabkan, malah bagus. Kulit ga prnh masalah lg skr. Jd memang bener, kelembapan kulit itu hrs dijaga. Mau apapun jenis kulitnya :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yeap, emg bener banget. kunci skincaring emang hidrasi, mau apapun jenis kulitnya :)

      Delete
  4. Kak dipake bareng skincare yg mengandung vitamin C gimana?soalnya toner aku mengandung vitC

    ReplyDelete
    Replies
    1. gapapa kok sis. ga ada bahan aktif yang kontradiktif sama vitamin C :)

      Delete
  5. wah kebetulan aku juga penasaran pgn coba serum ini buat gantiin yang phytoniacin tp kok gbs buat ngilangin bekas jerawat padahal yang phytoniacin bgs bgt buat bekas jerawatku hoho. kalo misal dipake berbarengan sama fresh herb aman kah buat malam hari??

    ReplyDelete
    Replies
    1. iya kalo bekas jerawat intinya kudu telaten sih. aman kok :)

      Delete
  6. Apakah green pair serum bisa di jadikan base make up ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. serum ini teksturnya ringan, tapi sejujurnya aku ga tau serum ini bisa dipakai utk base make up apa engga. tapi pernah coba sih, hasilnya makeup jadi lebih menyatu sama kulit

      Delete
  7. Kaa Green pair serum ini kalau di bandingin saudaranya yg phytoniacin serum bagusan mana? Buat pemakaian siang hari
    Lalu utk tone up cream nya sepasang atau gimana? Trus kalau sunblok nya pakai fresh herb boleh?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Jujur aku blm pernah coba yg phyto, udah terlanjur cocok dan repurchase yg ini. tapi keduanya bisa dipake siang hari.
      Bolehh. Silakan pake brand apa aja, ga harus yg satu line kok. aku pun numpuk2 skincare pake merk yg beda2, yg penting cocok di muka kita :)

      Delete
  8. Kak,kakak pake serum ini buat pagi siang atau malem juga? Terus kalo dipake ama tone dan cream somebyme boleh gak?

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa dipake pagi siang malam. aku juga pake buat pagi sama malam kok. boleh bangeet..

      Delete
  9. Waaa kebetulan banget aku memang lagi nyari hidrating serum ini karena kebetulan serum ku mau abis, kemarin mau beli bingung karena nasific banyak macemnya kayaknya yang ini bisa jadi pertimbangan

    ReplyDelete
  10. Akhirnya aku menemukan komposisi lengkapnya but... Itu ada lechitin... Lechitin itu halal ngga sih? Soalnya lechitin ada yg dari minyak babi tapi juga ada dari telur ayam (kalo ga salah)... Ada yang bisa mencerahkan?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Setau aq lechitin itu halal...karna mengandung minyak kedelai :)

      Delete
    2. yeap, brand nacific ini no animal testing kok. Dan semua produknya berbahan natural, terbuat dari tumbuhan semua. Semoga tercerahkan :)

      Delete
  11. Wahhh, skin care nya 75% sama kaya yang aku pake. Kulit ku jg kering kombinasikombinasi , kena panas langsung beruntusan .Udah coba yg fresh herb jg botol testernya, lumayan cocok glowing cuma kaya kurang cerah glowing tp kusam gitu .Kamu lebih suka yg mana? Fresh herb atau green pair ?

    ReplyDelete
    Replies
    1. wkwk mantaaap. aku lebih suka green pair, soalnya lebih ringan, mudah meresap, trs gak bikin lengket. kalo yg fresh herb mnrtku lebih oily, agak kurang suka sama rasa lengket2nya. hehe

      Delete
  12. Halo kak, makasih buat reviewnya 😍
    aku kan pke yg whitening essence nya, klo mau pke ini juga urutan yg benarnya gimana yah ? Toner - essence - serum ? Terimakasih :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. yups, bener banget jessica, toner-essence-serum. tambah pelembab lebih bagus lagi :)

      Delete
  13. Lebih recommended fresh herb atau ini kak? Plis jawab aku galau

    ReplyDelete
    Replies
    1. aku pribadi lebih suka yg ini, soalnya lebih ringan, cepat meresap, dan gak lengket.

      Delete

Powered by Blogger.