Anak Kena Flu Singapore, Panik Gak?

Kali ini aku mau cerita tentang anak aku yang beberapa hari ini kena flu singapore. Bismillah, semoga berkenan yaa.

Mungkin ini bukan penyakit baru, tapi beberapa orangtua kalo denger namanya memang terkesan serem dan langka? Tapi ternyata ini bukan penyakit langka juga, karena memang umum terjadi di anak-anak. Orang dewasa bisa terpapar, tapi kasusnya jarang banget.

Jadi, diawali dari anakku yang tiba-tiba demam. Demam yang konsisten sekitar 2 hari. Suhunya gak tau berapa karena aku gak punya termometer. Hihi. Selama demam ini aku gak berpikir macem-macem, pokoknya selalu berbaik sangka, mungkin ini demam biasa, masuk angin biasa. Jadi aku berikan paracetamol biar anak lebih tenang. Nah setelah itu, di hari kedua anak masih demam tapi doi sambil bilang "kakinya gatel-gatel". Dan setelah aku lihat di kakinya tuh ga ada apa-apa. Apa mungkin anakku cuma pura-pura sakit? Dan aku pikir mungkin kakinya kotor, atau digigit hewan kecil. Terus kubilas aja pake air bersih lalu kasih minyak tawon. 

Dan tindakan itu ternyata gak menolong sama sekali. Anaknya lama-lama semakin gelisah, nangis, dan rempong garuk-garukin kaki, terutama di telapak kakinya. Sampai tidur pun ga nyenyak karena sibuk sama kakinya yang gatal. Aku amati gak ada apa-apa, kakinya bersih dan ga ada kemerahan atau apa. Saat itu pun badanku ikutan lemes karena bingung harus apa, dan seperti yang buibu tau, anak sakit itu ibunya pasti ikutan sakit. Seharian gendong anak, gak bisa ditinggal ngapa-ngapa. Sampe bahu biru-biru karena seharian jadi makmak gendong.

Selanjutnya dihari ketiga. Btw aku working mom, dan kebetulan anak lagi ditempat eyangnya. Pas aku lagi dikerjaan, eyangnya ngabari kalo di kaki dan tangan muncul bercak-bercak kecil, kemerahan, dan agak berair gitu. Anaknya juga rewel banget katanya, ga mau makan, ga mau ngemil kudapan, nangis terus. Aku yang saat itu kerja, rasanya udah ga tenang, pengen langsung gas pulang. Tapi apa daya harus nunggu jam pulang. Nah di hari ketiga ini si anak udah gak demam. Jadi keluhannya cuma gatal-gatal aja.

Sesampainya dirumah, aku langsung cek badannya. Memang bener di kaki dan tangan ada bruntus-bruntus kecil. Btw anakku usia 2 tahun, dan ngomongnya udah lancar, jadi saat ditanya udah bisa jawab jujur. Dan dia bilang kakinya gatel bangeeet (sambil nangis bombay). Aku cuma bisa bantu garuk-garukin, sambil mikir mau konsul ke Dsa atau Spkk?


Akhirnya setelah denger saran dari eyangnya, konsul ke Spkk deh, pertimbangannya karena keluhan lebih ke gatal-gatal, meskipun di dsa juga mungkin bisa, tapi aku pun mantepnya ke spkk.

Nah setelah sampai ke klinik dokter kulit, di tanya-tanya deh, semacam ini percakapan kami..

Dr : Gatal-gatalnya dimana saja?

Me : Di kaki sama tangan.

Dr : Oke, saya lihat dulu ya. Apa kemarin sempet demam?
Me : Iya demam 2 hari dan setelah demam lalu muncul merah-merah.
Dr : Oh ini kemungkinan Flu Singapore. Di sekitar bibir ada merah-merah gak?
(kebetulan waktu ke dokter, si anak pake masker, jadi gak keliatan daerah sekitar bibir, dan setelah aku buka ternyata memang ada merah-merah dikit yang dari kemarin aku pikir ini cuma bruntusan biasa)

Dr : Oh ya bener ini kena Flu Singapore atau HFMD (Hand Foot Mouth Disease). Jadi khas banget gejalanya. Ada gatal dan ruam-ruam merah di tangan, kaki, dan sekitar mulut. Dan fase awalnya memang demam dulu, karena ini penyebabnya virus.

Me : Kalo flu singapore bukannya sampe sariawan banyak banget itu dok? (Aku inget sodara yang dulu pernah kena penyakit ini dan muncul sariawan  sekitar 10 biji lebih, astagaa)

Dr : Tergantung imunitas. Kalau si anak imunnya bagus, nanti komplikasi bisa dihindari. Tapi sebenernya ini penyakit biasa kok, karena penyebabnya virus, jadi imun harus bagus. Gak perlu obat-obatan juga, nanti bisa sembuh sendiri.

Me : Oh gituu, kita-kira membaik berapa hari dok?

Dr : Umumnya 5 harian udah selesai, ya maksimal seminggu. Gatal-gatalnya juga bisa ilang sendiri.

Me : Syukurlah dok..

(Dari penjelasannya aku udah auto ayem banget, gak kebayang kalo aku telat bawa anak ke dokter, lalu muncul komplikasi semacam sariawan 10 biji, semakin rumpi deh mamak)

Dan setelah itu di kasih salep racikan untuk kurangi gatal-gatalnya. Sekaligus dikasih obat sirup untuk diminum. Obat minumnya sih antihistamin (antialergi). Udah itu doang obatnya. Sama dikasih saran untuk beli tambahan vitamin. Dan vitaminnya aku beli sendiri di apotek. 

Obatnya habis berapa?
Salep Rp 60.000
Sirup antialergi Rp 20.000
Vitamin aku beli di apotek Rp 35.000 (Vitaminnya apa aja bebas kata dokter)

Cukup terjangkau ya? Karena kalo udah ke klinik dokter kadang kudu siap budget lebih, siap-siap kalo obatnya banyak dan mehong. Tapi alhamdulillah ternyata sakitnya masih ringan, dan yang terpenting hati ibu jadi tenang karena akhirnya tau apa yang dialami anak.

Next, setelah sampai rumah langsung aku kasih sirupnya, yang antialergi. Dan salepnya aku kasih pas si anak udah tidur biar gak bleber kemana-mana.
Setelah minum obat, malemnya anak jadi bobo tenang, masih ngeluh gatal, tapi udah gak separah hari sebelumnya.

Lalu, paginya masalah baru muncul lagi nih. Aku mulai curiga, karena anakku tiap makan selalu nangis, terus kalo nyuapnya kebanyakan pasti dilepeh sambil nangis. Lalu aku cek di bibirnya ga ada sariawan atau kemerahan, tapi aku tetep penasaran, karena anak gamau makan itu bukan salah makanannya, pasti ada yang gak beres di tubuh anak. Lah akhirnya dengan perjuangan yang cukup alot, aku suruh si anak mangap dan aku senterin, ternyata sariawannya di pangkal mulut, deket2 kerongkongan gitu. Dan ada beberapa, sekitar 3 atau 4, dugaanku benar kann. Ya Allah Ya Rabb... Sabar ya nakk, semoga kamu kuat!!

*makanya jangan ragukan insting emak-emak deh. Emak - emak emang selalu benar, dan perasaannya tajam, gak pernah meleset. Wkwkwk

Lalu berpikir sama suami, gimana biar anak mau makan, dan nyaman saat makan. Kita yang orang dewasa kalo sariawan juga males kan kalo mau makan, maunya yang seger-seger, atau bubur ayam yang bisa langsung ditelen.

Akhirnya si anak kita kasih yang dingin-dingin dan enak, semacam eskrim, buah dingin, jus buah dingin pada saat makan. Dan nyuapinnya dikit-dikit aja, biar dia gampang ngunyahnya. Alhamdulillah makan selang-seling nasi-eskrim-nasi-eskrim cukup nyaman buat anak, dan yang penting anaknya mau makan, biar imunnya terjaga. 

Nah di hari berikutnya (hari ke-5), anak kok semakin menjadi. Semakin rewel, gak mau makan apa-apa, dan muntah-muntah hebat. Aku udah nyesek banget, karena si anak muntah sampe isi lambung bener-bener habis. Sampe muntahnya warna hijau, mungkin itu cairan lambung. Dan seharian muntahnya nonstop. Seriously, ga ada asupan yang masuk. Akhirnya, aku dan suami memutuskan ke Dsa, dan di Dsa anakku diperiksa mulutnya, dibuka paksa gitu, nah barulah kelihatan. Ya Allah Ya Rabbi.. 

Aku udah lemes seketika waktu itu. Karena ngebayangin anak 2 tahun mulutnya penuh sariawan itu macem mana rasanyaaa. Sabar ya nakk.. kamu kuat!

Jadi kata Dsa ada sariawan yang memenuhi mulut bagian belakang. Dan ini gejala khas flu singapore. Udah ada bercak di kaki tangan, plus sariawan. Lalu dsa-nya bilang seharusnya dari awal dibawa ke dsa aja. Karena biar bisa dicegah dari awal. Huhu. Dan aku mana tau, karena gak ngira bakal kaya gini, taunya dari awal cuma gatel-gatel aja.

Akhirnya diresepin obat sama Dsa. Ada antimuntah, antibiotik, antiinflamasi, dan obat untuk jamur di mulut. Ada empat obat. 

Dahlah aku semakin lemes karena ada 4 jenis obat yang harus di minum, gimana ini biar anak mau minum obat sebanyak ini? Wong ya seharian tadi tiap minum air putih aja langsung muntah... 

Yaudah, Take a deep breath mom! Jalani, dan coba dulu. Positif thinking sama anak, dia pasti juga mau sembuh.

Setelah sampe dirumah, jam 21 malem. Anak udah lemes tak berdaya karena dehidrasi dan kelaperan seharian ga ada asupan yang masuk. So, kita putuskan kasih dia anti-muntahnya dulu. Dan alhamdulillah setelah sounding pelan-pelan, anaknya ternyata mau minum obat. Dan gak lama setelah itu duniaku jadi agak cerah, karena raut muka si anak jadi berbinar, udah mau jalan sendiri, udah langsung cerewet lagi, dan 10 menit setelah minum obat dia tiba-tiba minta makan. ☺️☺️

Oke, mari makan nakkk, walaupun agak deg-degan takut anak muntah lagi. Alhamdulillah aman terkendali, habis makan lalu tidur pules sampai pagi. Dan obat-obatnya bisa masuk dengan cara apapun, pastinya sounding is the key. 

Hari ke-6, anak udah tenang. Udah mau makan. Tapi eh tapii, si anak gelisah lagi dan berkali-kali bilang "sakit peluut" alias sakit perut. Drama apalagi inii? Ternyata eh ternyata doi diare. Ya Allah! kemarin habis selesai drama per-muntahan, sekarang diare. Berturut-turut gitu dan kasian banget si bocil. Karena ini pertama kali dia diare. Orang dewasa pun gelisah kan kalo perut rasanya melilit kaya dipuntir-puntir, apalagi ini bocah umur 2 tahun. Jadi, aku inisiatif untuk hentikan segala obat itu, karena mungkin bisa jadi kena efek samping obat atau reaksi beberapa obat. Ini hanya feelingku saja, dan alhamdulillah sehari setelah obatnya stop, diarenya teratasi. 


Saat ini anak sudah membaik, tapi masih dalam masa penyembuhan. Anaknya masih lemes tapi udah makan lahap, udah mau main. Semoga anakku segera sehat dan bisa pulih kembali. Aamiin. 

Untuk pelajaran saja, kadang kita dengan mantep bawa anak (bayi) jalan-jalan, entah ke ruang publik, ke mall, ke pasar, dsb. Kadang itu bukan kemauan anaknya loh, bisa jadi orangtuanya yang bosen dirumah lalu anaknya jadi kambing hitam. Huhu. Aku pun begitu. Sering banget bawa anak jalan, entah ke mall, playground, ke swalayan, ke pasar, dan kemana-mana lagi. Padahal sebetulnya si anak bisa dirumah dulu, sama pengasuhnya, atau sama ayahnya. Gimanapun yang namanya virus, kuman, bakteri atau apapun itu siapapun bisa membawa, siapapun bisa menularkan. Jadi, hati-hati adalah kuncinya. Kalo anak masih dibawah usia 5 tahun dan pengen diajak jalan ya bisa, misalnya dibawa ke halaman rumah, ke taman, ke kebun strawberry, kebun binatang yang relatif sepi, atau tempat-tempat lain yang lebih child friendly. 

Sekian random story dari aku, emak newbie yang masih harus banyak belajar. 
Semoga kalian dan keluarga diberi kesehatan selalu ya...

Anak Kena Flu Singapore, Panik Gak? Anak Kena Flu Singapore, Panik Gak? Reviewed by Dini Nh on June 23, 2022 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.