COSRX BHA BLACKHEAD POWER LIQUID REVIEW


cosrx-bha-blackhead-power-liquid

Hai semuanya. Siapa sih yang gak kenal sama produk yang satu ini? Seperti yang kita tahu, Cosrx merupakan brand asal Korsel yang cukup tersohor karena dia menggunakan komposisi yang sangat minimal, kalo bisa di bilang 'minimal ingredients for maximum function'.

Semenjak kenal sama skincare korea, aku jadi antusias banget setiap kali mau merawat kulit. Kenapa gitu? yeap karena aku terlanjur cocok sama beberapa formula produk korea. Sejak 3 tahun yang lalu pakai brand korea sampai sekarang pun alhamdulillah selalu memberikan impresi yang baik buat aku dan kulitku. Bukan berarti enggak cinta produk dalam negeri loh ya, karena aku juga masih pake produk lokal juga kok. Intinya lebih ke kecocokan aja sih. Untuk muka aku prefer korean skincare, tapi kalo untuk badan aku prefer produk lokal.

Salah satu skincare yang selalu aku butuhin yaitu exfoliator, lebih tepatnya chemical exfoliator. Sejauh yang aku tahu, produk lokal belum ada chemical exfoliator yang komposisinya se-safety cosrx ini, jadi untuk chemical exfoliator aku memang selalu pakai produk korea. Dari beberapa brand yang ada, buatku yang paling pas adalah Cosrx BHA Blackhead Power Liquid. Selain komposisinya yang simple, harganya juga masih masuk akal. Nah, daripada penasaran simak review lengkapnya dibawah ini ya...

Brand and Series
Cosrx BHA Blackhead Power Liquid

Description
BHA Blackhead Power Liquid helps to remove blackheads and to control excess sebum while moisturizing the skin.

Price : around Rp 190000 (100 ml)

Where To Buy?
Bisa dibeli di marketplace online seperti sociolla, shopee, toped, dll.


Packaging

Gak perlu diragukan lagi ya, cosrx ini selalu mem-package produknya dengan sangat aman, simple, tapi elegant. Bahkan dari kemasannya pun, cosrx udah khas banget. Kalo produknya cair dan relatif banyak, biasanya dikemas pake tube dengan pump. Pumpnya enggak keras kok, gampang buat ngeluarin produknya.
Udah gitu design produk-produk cosrx emang selalu simple, tanpa aksen warna-warni, dan gak ada gambar-gambar yang mencolok. Pokoknya sederhana, tapi kusukaa. 


Waktu beli juga dilengkapi box, yang disitu udah tertulis lengkap mengenai keterangan produk, mulai dari komposisi, cara pakai, dan beberapa peringatan karena produk ini relatif 'keras' untuk kulit. Tapi sayang beberapa keterangan masih tertulis pake hangeul, jadi kalo butuh info yang lebih detail kudu rajin-rajin browsing sendiri.

cosrx-bha-blackhead-power-liquid


Ingredients

Salix Alba (Willow) Bark Water, Butylene Glycol, Betaine Salycilate, Niacinamide, 1,2-Hexanediol, Arginine, Panthenol, Sodium Hyaluronate, Xanthan Gum, Ethyl Hexanediol.

Jadi, meskipun ini adalah produk chemical exfoliator dengan jenis BHA, tapi ternyata kandungan utamanya adalah Salix Alba Bark Water (pohon dedalu) sebanyak 67,8%. Salix Alba ini mengandung asam salisilat alami, anti-oksidan, dan anti inflamasi (flavonoid dan tannin). 

salix alba leaves.
source: wikipedia
Sementara itu, jenis BHA yang digunakan oleh cosrx ini adalah Betaine Salycilate dengan konsentrasi 4%. Jumlah ini sudah sangat efektif untuk mengeksfoliasi kulit. (Konsentrasi BHA yang disarankan adalah 1% - 4%). Aku pernah rangkum seputar jenis-jenis chemical exfoliator dan konsentrasi yang diperlukan, lebih lengkap baca ini ya : Macam Chemical Exfoliator

Sekilas tentang BHA

Pada dasarnya chemical exfoliator itu ada 3, yaitu AHA, BHA, dan PHA. Fungsi chemical exfoliator ini sebenarnya sama, yaitu untuk peeling atau membersihkan sel-sel kulit mati. Kalau kulit mati bisa terangkat sempurna, maka sel-sel baru akan regenerasi lebih optimal, dan kulit jadi tampak bersih. Sedangkan yang membedakan ke-3 acid itu adalah sifat kelarutannya.

Sekarang kita lihat sekilas satu per satu,
AHA (Alpha Hidroxy Acid) memiliki komponen pelembab dan larut dalam air, bekerja hanya sampai lapisan kulit terluar, jadi sangat cocok digunakan untuk tipe kulit kering dan normal. Sedangkan BHA (Beta Hidroxy Acid) larut dalam lemak, sehingga dipastikan bisa menembus lapisan minyak dan bekerja ke lapisan kulit yang lebih dalam, sehingga cocok digunakan untuk tipe kulit normal, berminyak, acne-prone, dan kombinasi. PHA (Poly Hidroxy Acid) ini sifatnya lebih mild, bekerja pada lapisan luar kulit, sehingga cocok untuk kulit yang sangat sensitif.

BHA akan efektif jika digunakan dalam konsentrasi yang tepat, yaitu antara 1% - 4%. Bagi yang belum pernah memakai acid untuk eksfoliasi, sebaiknya menggunakan produk BHA dengan konsentrasi yang rendah agar kulit dapat beradaptasi. Karena chemical exfoliator ini adalah asam, sifat asam adalah korosif (mengikis), sehingga kulit yang belum terbiasa akan mengalami iritasi. Tanda-tandanya seperti kemerahan, rasa panas, tingling, gatal, atau muncul bruntusan yang berisi cairan.


Directions 

After cleansing, soak a cotton pad and swipe a thin layer of the Liquid over the skin, avoiding the eye area. Begin with using the product once a week, and after the skin has adapted to it, increase the usage up to 2 to 3 times a week. For use during daytime, follow with a broad-spectrum sunscreen rated SPF 30 or greater.

Well, cara pakainya juga simple kok
1. Bersihkan wajah.
2. Tuang produk secukupnya ke kapas.
3. Usapkan ke wajah, dan hindari daerah sekitar mata.
4. Untuk awal pemakaian gunakan seminggu 1 kali. Kalau kulit sudah beradaptasi, produk bisa digunakan 2-3 kali seminggu.
5. Gunakan sunscreen (minimal SPF 30) jika produk digunakan di siang hari.

cosrx-bha-blackhead-power-liquid


Texture and Scent

Produk ini warnanya bening dengan tekstur yang cair tapi pekat. Kalau kena kulit berasa licin dan sedikit lengket. Pokoknya sangat concentrated, malahan mirip sama tekstur serum. Untuk scent-nya ya memang khas bau acid sih, mirip banget sama cosrx yang AHA. Pokoknya ada semacam bau asam, tapi gak mencolok banget, kalo udah dipake nanti lama-lama baunya ilang.



Impression

Tipe kulitku adalah normal tapi cenderung kering. Pilihan exfoliator yang tepat untuk kulitku seharusnya adalah AHA, tapi berhubung beberapa bulan lalu aku ada jerawat kecil-kecil dan muka lebih sering berminyak, aku memutuskan berganti ke BHA. Yeap, sebelumnya aku sempat pakai AHA juga, tapi rasanya sudah mulai kurang efektif buat kulitku, jadi aku meyakinkan diri buat pake BHA. Untuk yang AHA, aku pernah review juga kok, silakan baca reviewnya Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid, with Glycolic Acid 7%.

Nah untuk yang BHA ini, aku pakainya tetap sesuai anjuran, yaitu seminggu 1 kali. Pertama pakai sih gak ada efek tingling atau gatal, mungkin kulitku udah beradaptasi sama AHA yang aku pakai sebelumnya. Dan yang bikin aku terkejoed yaitu efek BHA yang sehebat itu. Haha. Jadi aku pakai malam hari, nah paginya mukaku beneran cerah  dan bersinar, terus tekstur kulit jadi sangat halus dan lembab. Alhamdulillah yaa... Ini persis banget kaya pas pake AHA pertama kali. Efeknya langsung keliatan di pemakaian pertama.

Btw BHA ini sebaiknya dipake malem hari aja ya. Bisa sih dipake untuk siang hari, tapi harus pake sunscreen (minimal SPF30), itupun menurutku masih terlalu berisiko, jadi sebaiknya pake malam hari aja.
Berikut ini skincare routine aku kalo pake BHA:

🌚🌚🌚 Night skincare routine
2. BHA
3. Hydrating toner (Secret Key Rose Floral Toner)
4. Moisturizer/ Sleeping Mask (Beauty Korea Aloe Gel / Laneige Water Sleeping Mask)

JANGAN LUPA selalu pake pelembab yaa, karena waktu eksfoliasi kulit bisa sangat dehidrasi dan kering. Jadi pastikan kulit juga terhidrasi dengan cukup.

Di minggu selanjutnya, aku pakai lagi, dan efeknya memang berasa banget. Kulit jadi semakin lembut, halus, terus whitehead juga berkurang. Aku gak ada blackhead, tapi kalo whitehead beneran banyak banget terutama di hidung dan pipi. Kalo udah berasa gradakan (biasanya 3 hari whitehead udah numbuh) aku bisa pake si BHA ini. Efeknya benar-benar well-exfoliated. Pokoknya pengen dipake terus, bahkan kalo boleh aku pengen pake ini tiap hari, biar muka cepet cerah gitu. Hihi.

Tapi boleh gak sih pake Chemical Exfoliator setiap hari?

Sangat tidak dianjurkan untuk dipakai harian, karena acid yang terkandung perlahan tapi pasti bisa mengikis kulit, nanti bikin kulit semakin menipis. Kalau kulit tipis, moisture barrier pun jadi ikut terkikis, efeknya kulit jadi iritatif (mudah ter-iritasi). So, jangan sekali-kali pake chemical exfoliator setiap hari ya...

Nah selanjutnya ketika aku ngrasain kulit udah mulai terbiasa dengan BHA, aku mulai pakai 2 kali seminggu. Intinya udah kesenengan banget karena produk ini cocok sama kulitku. Jadinya berani pake agak sering.

Lalu, sesuatu terjadi....

Kayanya di minggu ke-6 kulitku muncul bruntusan (semacam jerawat kecil dan berisi cairan putih) yang jumlahnya buanyak dan merata. Mulai dari dahi, pipi, hidung, semuanya bruntusan merah-merah. Huhuhu. Aku udah yakin pasti ini efek pake acid 2 kali seminggu. Jadi, dugaan sementara bruntusan ini muncul karena kulitku gak bisa pake acid terlalu sering, dan dugaan kedua kulitku udah tipis, jadi ketika pake 2 kali seminggu malah jadi over-exfoliated. 
saat bruntusan mau muncul
Bisa dilihat di gambar itu ya, itu kondisi pas bruntusan mau muncul. Kalo dicermati ada bintik-bintik kecil (isinya cairan). Nanti lama-lama akan berwarna kemerahan.
Bruntusan semacam itu sebenernya bisa ilang sendiri 2-3 hari, tapi kan waktu muncul bruntusan itu rasanya gatal bukan main, bikin pengen ngegaruk. Bisa bayangin kan kalo misalnya kita lagi kerja atau lagi ada acara diluar, rasanya jadi sangat mengganggu. Akhirnya sekarang aku cuma pake ini seminggu sekali, atau kalo pas komedo gradakan ya 3 hari sekali, intinya menyesuaikan kondisi kulit supaya gak cepat menipis.

Efeknya Untuk Jerawat 
BHA (salicylic acid) ini emang pas banget dipake untuk kulit yang acne-prone. BHA akan membuka pori kulit, membersihkan kotoran kuman penyebab jerawat, dan mengendalikan minyak berlebih. Hal ini nantinya akan membantu meredakan jerawat. Cosrx BHA ini juga mengandung niacinamide (vit B3) yang punya kemampuan meningkatkan produksi ceramide (berfungsi untuk mengunci kandungan air pada kulit) sehingga membuat produksi minyak lebih terkendali. 
Aku udah coba pake ketika ada jerawat bulanan, efeknya memang jerawat yang kemerahan jadi lebih kalem, dan bekasnya juga cepet ilang. Tapi jangan sekali-kali dipake ke jerawat yang udah pecah ya, yang ada kulit malah jadi sangat perih dan kulit makin iritasi. Heuu serem kan...

Bikin Wajah Cerah Gak Sih?
Ini adalah pertanyaan warganet kalo udah ngomongin skincare. Tujuan utamanya pasti putih, cerah, flawless dalam waktu yang cepat. Bagi para skincare enthusiast, pasti udah paham sih kalau gak ada satu pun produk yang bisa membuat kulit putih secepat itu. Intinya semua kembali ke kesabaran dan kegigihan kita yaa.
Sejujurnya aku emang ngerasa wajahku jadi lebih cerah setelah rutin pake BHA ini. Dibanding produk lain, acid memang memberikan pengaruh yang besar ke skintone kulitku. Bahkan beberapa teman kantor, teman lama, teman dekat, tiap ketemu pasti nanya "perawatan dimana? kok sekarang cerah sih? kok mukanya bisa bersih? anyeong anyeong." Padahal semua ini butuh perjuangan gaeees. Butuh waktu (berbulan-bulan bahkan tahunan), ketelatenan, konsisten, dan yang pasti butuh biaya. Yakdess!!

Baiklah, sepertinya cukup ya untuk review produk satu ini.

Conclusion

Kesimpulanku kali ini lebih ke pemakaiannya ya. Produk BHA ini memang lebih disarankan untuk kulit oily, acne-prone, dan kombinasi. Kulit kering, normal, dan sensitif bisa saja pakai tapi harus lebih teliti ya. Yang perlu diperhatikan adalah frekuensi pemakaiannya, kalo terlalu sering memang bisa jadi boomerang buat kulit kita. 


Sekian. Semoga bermanfaat.
COSRX BHA BLACKHEAD POWER LIQUID REVIEW COSRX BHA BLACKHEAD POWER LIQUID REVIEW Reviewed by Dini Nh on April 05, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.