Skincare yang Wajib Kamu Bawa Saat Bepergian

Menjaga kesehatan kulit itu harus konsisten. Bahkan ketika kamu bepergian sekalipun. Jangan males, dan usahakan tetap bawa skincare ke travelbagmu. Mostly, skincare yang kita punya dipackage dengan sangat bulky dan gak travelable. Pasti jadi mikir - mikir dong, selain dibutuhkan space extra, juga pasti memperberat backpack kita.

Salah satu alternatif yang mempermudah saat membawa skincare untuk pergi-pergi yaitu kamu bisa beli container (botol, jar, tube) kecil-kecil yang sudah tersedia di beauty store atau supermarket. Pindahkan produk secukupnya, beri label agar tidak salah produk, dan siap untuk dibawa kemana-mana tanpa memperberat travelbagmu. 

Kalau ada yang masih ragu untuk memindahkan skincare karena takut produk jadi tidak higienis, aku sudah pernah nulis tipsnya secara detail. Jadi meskipun kamu pindah-pindah produk ke wadah lain, produk tetep dalam kondisi higienis bahkan steril.

Baca Juga : Cara Memindahkan Produk (Share in Jar) Dengan Aman dan Steril

Lalu skincare apa saja yang sebaiknya dibawa saat bepergian?
Berikut adalah skincare yang selalu aku bawa kemanapun aku pergi, baik saat jalan-jalan (travelling), acara indoor ataupun outdoor, keluar kota, yang jelas aku akan bawa set skincare ketika bepergian lebih dari 12 jam. Dan ini lah yang selalu ada di travelbag aku



1. Sabun muka (face wash)
Ketika udah bener-bener males bawa apapun untuk pergi, travelling, atau kemanapun, paling gak harus bawa yang satu ini. Cuma face wash satu-satunya skincare yang bisa membersihkan muka secara cepat, dan memberikan efek fresh seketika. Kemasan facewash pun relatif travelable dan tidak memakan tempat. Fyi, sekedar membersihkan muka pun, sangat efektif mencegah masalah-masalah yang timbul akibat kulit yang kotor.

2. Essence/toner/lotion
Jangan lupa selalu bawa moisturizing agent kemanapun kamu pergi. Silakan bawa salah satu diantara essence, toner, atau lotion. Selain cara pakainya yang sederhana, efeknya pun dapat menghidrasi kulit dengan cepat. Tapi sayangnya, packaging produk semacam essence, toner, ataupun lotion pasti selalu bulky (super gede) dan berat. Nah, lebih baik pindahkan produk yang "memenuhi tempat" ini ke kemasan yang lebih simple (travelsize). Aku pribadi selalu bawa toner dan essence yang sudah aku pindahkan ke tube yang lebih travel-able. Jadi, barang bawaan kita tetap ringkas. So far, essence yang masih aku pakai dan selalu cocok di medan apapun ya cuma Secret Key Starting Treatment Essence.

3. Serum
Serum diformulasikan untuk mengatasi masalah kulit yang spesifik, misalnya untuk mengurangi antiaging, untuk brightening, moisturizing, menghilangkan acne scar, dan masih banyak lagi. Ketika  pergi keluar rumah, wajah berisiko terpapar polusi, bakteri, dan sinar UV yang menyebabkan kerusakan kulit. Makanya kemanapun tempat tujuanmu, jangan lupa selalu bawa serum. Serum dapat menutrisi dan memperbaiki kulit secara cepat karena formulanya yang terkonsentrasi sehingga bisa menembus lapisan kulit terdalam. Rekomendasi serum yang bisa kamu gunakan adalah Probio C High Potency 10% Vitamin C Serum dan Innisfree The Green Tea Seed Serum. Keduanya merupakan antioksidan serum yang berguna untuk melawan radikal bebas seperti polusi. 

4. Moisturizer
Moisturizer jadi optional saja. Kalau kamu kurang nyaman dengan formula essence ataupun serum, bisa skip dan langsung gunakan moisturizer. Memang beberapa wanita suka yang ringkes dan gak ribet. Kalau pun fungsinya sama-sama melembabkan, kenapa harus digunakan bertumpuk-tumpuk. Jadi, seringkali ada yang lebih "klik" untuk langsung pakai moisturizer. Tapi sekali lagi, ini tergantung kebutuhan dan tipe kulit masing-masing ya. Ketika pakai essence atau lotion saja sudah cukup melembabkan, ya cukup disitu saja. Kamu bisa skip moisturizer.
Prinsipnya, mau udara panas, dingin, hangat, apapun itu muka harus dalam kondisi lembab.

5. Sunscreen/ sunblock 
Ini yang paling crusial. Aku pernah menuliskan bahwa sunscreeen itu "pagar rumah". Percuma saja kita numpuk emas di halaman rumah, kalau rumah tidak diberi pagar besi, dijamin raib semua emas-emas itu. Meskipun kamu pakai sederetan skincare mahal dan bertumpuk-tumpuk, tapi ketika lupa pakai sunscreeen/sunblock ya sama saja. Kulitmu tetap dapat ditembus sinar UV. Apalagi ketika bepergian keluar rumah berhari-hari, berpanas-panasan, sebaiknya selalu sertakan sunscreen di travelbagmu. Rekomendasi sunscreen yang ringan dan gak bikin breakout yaitu Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

Sedikit cerita tentang tipe kulitku yang super kering. Sekitar setahun yang lalu sempat pergi ke Bandung, tanpa research soal iklim dan cuaca disana. Aku kira Bandung udaranya normal, hangat, dan lembab. Dengan super percaya diri,  berangkat tanpa perbekalan skincare yang lengkap. Ternyata, begitu tiba disana dini hari, agak tertohok juga. Udara kota Bandung itu sangat dingin (dan romantis). Dingin bukan main. Sempet bahagia, aku kira kulit akan lebih kalem ketika terpapar suhu dingin, tapi ternyata bukan begitu.. Waktu itu aku bawa essence, serum, dan sunscreen. Bodohnya, karena aku pikir kulitku akan aman-aman aja, waktu disana aku cuma pakai essence dan langsung sunscreen. Mulai sadar setelah 3 hari stay disana, yang terjadi bener-bener diluar dugaan.  Kulitku yang kering jadi semakin kering. Muncul bruntusan satu muka, jerawatan makin parah, yang lebih heboh kulit sekujur tubuh jadi kering dan mengelupas. Penyesalan timbul ketika sudah dirumah, pikiran seneng habis liburan, tapi muka berantakan.
Fyi suhu rata-rata di Bandung sekitar 23.3°C. Di tempat tinggalku rata-rata 26.3°C dan kurasa itu sudah sangat dingin.

In conclusion, jangan sepelekan suhu dan cuaca, bagi beberapa orang akan sangat berpengaruh dan bisa menimbulkan beberapa masalah kulit. Yang pasti tetap harus berjaga-jaga sama skincare kit dimanapun kita pergi. 

Pointnya, prioritaskan pada beberapa produk yang dirasa praktis, multifungsi, dan mudah digunakan. Karena pakai skincare dikala bepergian itu terkadang menyulitkan. Jangankan mau pakai toner, sekedar mau cuci muka saja terkadang masih repot. But, no pain no gain guys.

Kalaupun kamu khawatir ada temen yang nyinyir gara-gara kerempongan kita, bisa kita siasati kok. Bawa skincare pouch yang kecil, dan pakai skincare di tempat-tempat yang disitu tidak banyak orang. Misal waktu di masjid, di kamar mandi, di dalam mobil, dll. Lagipula, pakai kelima produk itu secara berurutan juga enggak memakan waktu lama, bisa hanya 3-5 menit saja. 

Sekian untuk tips kali ini. Semoga bermanfaat yaa.
Thanks for having me and see you in the next post...

Skincare yang Wajib Kamu Bawa Saat Bepergian Skincare yang Wajib Kamu Bawa Saat Bepergian Reviewed by Dini Nh on January 31, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.