Menghilangkan Jerawat Dengan Air Putih & Review The Body Shop Tea Tree Oil





Tepat banget di bulan puasa nih, alhamdulillah kulit masih fresh badai dan gak kering. Kali ini aku akan share sedikit tentang menjaga kulit agar tetap lembab dan glowing sepanjang hari meskipun sedang puasa. Sekaligus mau review satu produk hits buat jerawat. Check it out!

Selama berpuasa, tubuh tetap melakukan metabolismenya, sementara kita harus menahan makan dan minum seharian. Proses metabolisme dalam tubuh memerlukan kalori dan cairan. Nah yang mau aku bahas kali ini adalah kaitannya dengan cairan. Aku paham banget lah, wanita seringkali meremehkan kebutuhan cairan harian mereka apalagi di waktu puasa. Misalnya nih, ketika berbuka langsung makan berat, setelah makan berat langsung minum manis, minum pun juga kalo pas haus aja. Lalu apa efeknya ke kulit?

Air merupakan komponen penting dalam metabolisme tubuh. Beberapa fungsi cairan yaitu membantu melarutkan zat-zat nutrisi masuk ke dalam sel, sebagai barrier antara sel yang satu dan yang lainnya, menjaga suhu tubuh, membantu mengeluarkan zat beracun keluar dari tubuh melalui keringat dan urine, dst. Nah selama berpuasa orang pasti males banget untuk minum. Terutama minum air putih. Sesuai dengan fungsinya, ketika tubuh kurang cairan, maka ada backwards effect yang dapat mengancam kebutuhan sel yaitu sel jadi bekerja lebih berat dan kesulitan mengantarkan zat ke bagian tubuh paling perifer (tepi) seperti KULIT. Got it?

Nah itu adalah gambaran sederhana ketika kita kurang minum, bahkan efeknya sampai ke kulit. Maka, akan sangat wajar kalo kalian seringkali ada keluhan kulit kering dan dehidrasi selama puasa. Yap!! sudah jelas karena sel kulit kita kehilangan transport dalam menjalankan fungsinya, sehingga efeknya kulit jadi kusam, kehilangan kelembaban, terasa kering dan tidak elastis, tidak kenyal, tidak glowing, mengelupas, dsb.

Nah masalahnya, kebanyakan wanita sekarang belum tahu cara mencukupi kebutuhan cairan ketika puasa. Padahal selama berpuasa kulit potensial banget jadi dehidrasi dan kering.



Berikut ini tipsnya

Dalam sehari kebutuhan cairan normal kita yaitu 60% dari Berat Badan.

Misalnya berat badan kamu 50 kg. Jadi 60% x 50kg = 3 Liter. Jelas?

*Hasil dalam satuan Liter

Nah kamu punya waktu selama berbuka sampai sahur untuk memenuhi 3 Liter tersebut. sebagian pasti belum terbiasa minum sebanyak itu dalam waktu singkat. But, trust me! ketika kebutuhan cairan kamu tercukupi, ada efek yang bakal kamu dapat di sekujur tubuh sampai ke kulit sekalipun.


Pertama

Kamu harus minum air putih 1.5 Liter saat berbuka. Banyak banget ya? Enggak, karena memang itu yang dibutuhkan.
Begitu buka puasa, coba langsung minum satu gelas belimbing air (200cc) lalu kamu bisa makan cemilan ataupun makanan ringan. 
Sebelum makan berat, minum 200cc kembali. Lalu setelah makan, minum 200cc lagi. Udah 600cc kan?
Nah masih kurang 900cc. Bagi pada saat sebelum tarawih, setelah tarawih, dan sebelum tidur. Yakinkan dirimu, pasti bisa! Kalaupun itu sulit, coba paling tidak saat berbuka kamu cukupi 1 Liter dan bertahap dari hari ke hari.

Kedua

Saat sahur kamu masih ada PR 1.5 L air untuk diminum. Sulit memang untuk memenuhi cairan saat sahur. Tapi apakah bisa? Bisa, tapi memang memerlukan waktu. Kamu bisa bangun 1 jam sebelum sahur untuk sekedar minum. Lakukan minum dalam jumlah sedikit tapi berkali-kali hingga mencapai 1.5 L sampai batas waktu imsak.

Ketika belum terbiasa, coba lakukan bertahap dari 1L 2L 3L dari hari ke hari berikutnya.

Percaya deh, aku pun juga ngerasain kulitku jauh lebih baik setelah memenuhi kebutuhan cairan harian tersebut. Kulit jadi lebih cerah, jarang jerawatan, dan lebih lembab. Jadi, air merupakan komponen pendukung utama skincare kamu. 
Ingat! sehat itu bukan semata-mata dari luar, tapi dari dalam juga. Bahkan sekedar minum air putih pun sangat berkontribusi terhadap kesehatan tubuh dan kulit kita

Gimana? jelas kan? Selamat mencoba yaa.


Saatnya review...

Setelah panjang lebar ngomongin manfaat air putih yang juga bisa membantu membuat kulit lebih sehat, kini saatnya aku review produk andalanku saat jerawatan, yaitu tea tree oil dari The Body Shop.
Bagi yang udah lama bermesra-mesraan dengan jerawat mungkin udah tau banget tentang produk ini. Si mungil super ajaib dan memiliki fungsi membunuh bakteri penyebab jerawat. Aku beli produk ini karena penasaran, katanya kandungan tea tree oilnya bisa ngempesin jerawat dalam satu malam. wooow kan yaa!! 
Udah banyak banget penelitian dan guide book mengenai penggunaan tea tree oil. Seperti yang ditulis oleh Jeannie Lambert dalam bukunya Tea Tree Oil: A Beginner's Guide Revealling The Power Of Tea Tree Oil, berikut kutipannya:
What is tea tree oil?
As the name suggest, tea tree oil comes directly from its natural source, the tea tree which is said to be native to the country Australia. It is created by a purified process that directly extract oils from the plant and form it a lot of benefits are said to be derived, as experts say that there have been proof of it being excellent mostly for immediate skin care concerns.

How is tea tree oil beneficial?
Studies and observations have revealed that there are several beneficial characteristics that can be provided through the regular use of tea tree oil. one of the well-known issues that is said to be directly solved by tea tree oil use is getting rid of acne, and in conjunction with it many experts also reveal that tea tree oil is very useful to alleviate other skin related matters like dandruff, athlete's foot and other fungal infections.

When is tea tree oil most effective?
Very small amounts of tea tree oil works wonders on skin and can be used not just to treat the skin but also can be used as prevention for future breakouts or formations of these unwanted skin problems.
Jadi udah jelas banget bahwa tea tree oil dalam kadar tertentu sangat bermanfaat untuk kulit. Bisa membantu membersihkan jerawat, sebagai perawatan tubuh, bahkan bisa mengatasi infeksi jamur pada kulit. 
Btw, si mungil keluaran The Body Shop ini tersedia dalam 2 kemasan yaitu 10ml dan 20ml. Aku beli yang 10ml aja karena ini spot treatment dan baru pertama coba, takut ga cocok, jadi beli yang kecil dulu.
Botolnya terbuat dari kaca, warnanya hijau, kecil imut gemes maksimal. haha.



Nah bagi yang pertama kali pake pasti bakalan kesel gimana cara buka botolnya. Akupun pertama kali juga bingung bukanya gimana. Tutupnya muter terus dan gak ada titik terang.

Begini cara bukanya...


Coba lihat diatas tutup itu ada gambar panah ke kiri kan? Nah kamu cukup tekan tutupnya sambil putar ke kiri. Semoga berhasil yaa.



Karena packagingnya imut gemes jadi bisa dibawa kemana-mana, dia juga gak bakalan tumpah meskipun dibolak-balik. Pokoknya aman dibawa bepergian.



Brand : The Body Shop
Series : Tea Tree Oil
Price : Rp 119.000 (counter price)
Content : 10 ml (15% tea tree oil)

Suitable for : Blemished skin

Claims
Tea tree oil adalah perawatan umtuk area wajah yang berjerawat. Mengandung community trade organic tea tree oil yang membantu mengatasi dan menenangkan jerawat serta membuat wajah tampak lebih bersih.

Ingredients

Aqua/water/eau, Alcohol Denat, Polysorbate 60, Melaleuza Alternifolia leaf oil/ Melaleuza Alternifolia (tea tree) Leaf oil, Limonene, Calophyllum inophyllum Seed Oil, Citral, Citronellol, Leptospermum Petersonii Oil, Tocopherol.

Btw ada keterangan tersembunyi dibawah labelnya girls, silakan flip label keatas nanti bakalan ada keterangan tambahan disitu.



How to use?
Karena ini spot treatment, cukup gunakan di jerawat kamu ya. Jangan di oles keseluruh muka. Caranya bisa pake cottonbud trus dioles ke jerawat. Bisa juga ambil sedikit di tangan lalu tap-tap langsung ke jerawat. 


First impression...
Pertama cium baunya, asli mirip banget sama minyak kayu putih. Bagi yang belum terbiasa mungkin bakalan ngerasa aneh karena baunya kenceng banget, bener-bener bau minyak kayu putih. Tapi di aku sih ga masalah, malah berasa nenangin dan sebentar aja langsung ilang kok baunya. Teksturnya ringan dan sedikit oily. 
Btw agak repot ngeluarin isinya dari botol, seringkali tumpah dan tercecer kemana-mana.





Does it work for my acne?

Pertama kali coba langsung terpukau karena ada rasa dingin waktu nempel di jerawat. Teksturnya cair agak berminyak, sedikit lengket setelah kena kulit. Aku coba pas ada jerawat pustule yang gede banget warna merah dan distended (a.k.a terasa bengkak dan kencang) malam hari setelah skincare routine aku olesin si tea tree oil ini. Nah paginya begitu bangun, si jerawat ini masih berwarna kemerahan tapi udah lerem, gak berasa kenceng lagi, dan gak bengkak, wooow so happy. Meskipun gak ilang dalam semalam, tapi ini worth it banget.

#Saran aja sih, sebaiknya kamu pakai diwaktu ada tanda mau timbul jerawat. Jadi pas kulit terasa agak nyeri mau timbul jerawat kamu langsung olesin aja, selama 3 hari jerawat kamu bakalan ambles dan ga jadi muncul. Tapi kalo itu jerawat yang tipenya kaya mata ikan dan berisi nanah, si tea tree oil ini bakalan bantu jerawat jadi cepet mateng dan bisa kamu pecah. Coba pakai sampai jerawat bener-bener kering, biasanya 3 sampai 5 hari, nanti dijamin bekas jerawat juga cepet ilang.

FYI. Produk ini expired setelah 12 bulan dibuka.

Does it make breakout? 
Entah karena kulitku yang badak atau emang produknya yang safe, yang jelas gak timbul breakout setelah 6 bulan pake produk ini. Aku pakai sehari 2 atau 3 kali terutama buat ngatasi jerawat bulanan yang ngeselin.

Bisa dipakai untuk jenis jerawat apa saja?
Aku kurang tahu. Pengalaman sih, bisa dipake untuk jerawat yang tipenya kemerahan, meradang, bengkak, dan bisa juga buat bruntusan. Aku udah coba, and it works :)

Repurchase?

Surely yes. Review ini dibuat 6 bulan setelah produk dibeli. heheh. Dan sekarang produknya masih 1/3 botol. Super awet karena dipakenya cuma dikit, dan aku jarang jerawatan. Sebulan jerawatan paling sekali dua kali di saat siklus bulanan.

Pros:
1. Ada efek dingin saat dipake
2. Awet
3. Ngaruh banget menenangkan dan ngempesin jerawat
4. Mudah didapat
5. Gak bikin kulit berminyak & breakout

Cons:
1. Cukup pricey untuk produk 10ml dengan kandungan 15% tea tree oil saja.
2. Terasa lengket selama pemakaian

Kalau ada yang masih penasaran sama produknya bisa banget tanya-tanya via email atau komentar dibawah yaa.
Thanks sudah mampir. See you!

Menghilangkan Jerawat Dengan Air Putih & Review The Body Shop Tea Tree Oil Menghilangkan Jerawat Dengan Air Putih & Review The Body Shop Tea Tree Oil Reviewed by Dini Nh on June 18, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.