Pentingnya Cuci Muka

Setelah beberapa minggu gak blogging, sekarang mau coba sharing sedikit tentang keuntungan, benefit, dan kebaikan kalau kita mau membiasakan cuci muka. 

Jaman dulu kala ketika orang masih belum familiar sama skin care mungkin mereka juga jarang cuci muka pakai sabun muka, yang dilakukan hanya membasuh muka dengan air atau dengan ramuan tertentu yang ada kala itu. Dan itu juga gak membuat wajah bermasalah, tetap baik-baik saja. Nah lalu apa bedanya dengan sekarang? Menurutku sekarang cuci muka menjadi sangat penting, mengingat kondisi sekarang ini sudah sangat berbeda dengan jaman dulu. Polusi udara sudah jadi makanan sehari-hari kita, air sudah tercemar, udara bersih sulit didapatkan terutama di kota-kota padat penduduk, sinar matahari menjadi beberapa kali lipat lebih terik, dan banyak faktor lain yang dapat memperkeruh kondisi kulit kita sekarang ini.



Simply but worth it ...

Ketika kulit terpapar oleh banyak faktor diatas, pasti kulit juga akan mengalami beberapa perubahan ataupun menimbulkan masalah. Nah ini dia fungsinya mencuci muka. Sederhana tapi worth it. Kata anak sekarang sih gitu.

Bayangkan aja kalo kita adalah seorang yang aktif, bekerja seharian, keluar rumah kena polusi, panas matahari, terus kontak dengan sesuatu yang kurang higienis. Kalo kulit bisa ngomong pasti udah teriak-teriak minta tolong. Hihi. Apalagi sekarang ini kuman-kuman mulai banyak yang bermutasi menyesuaikan dengan lingkungannya. Si kuman ini berevolusi jadi lebih kuat dan ada kemungkinan menyerang siapapun. Ingat, kulit itu pertahanan terluar tubuh kita. Jangan biarkan terseok-seok sengsara yaa. Minimal dengan mencuci muka pun sudah sangat membantu mengurangi paparan kuman yang menempel di kulit kita.

Lalu gimana cara cuci muka yang benar?

Sekarang masih banyak orang yang kurang tepat untuk cuci muka. Misalnya hanya membasuh wajah dengan air saja, atau mencuci muka dengan sabun badan, ada pula yang membasuh dengan air hangat.

Mencuci muka beda dengan membasahi

Sebenernya bebas aja gimana setiap orang mau meng-treat dirinya. Kalau itu memang membuat mereka merasa nyaman, ya sudah kan, tidak ada masalah disitu. Tapi kalau hanya dengan dibasuh dengan air saja, minyak dan kotoran kadang masih nempel dan mungkin harus digosok biar bisa ilang. Nah sedikit sharing aja nih, bahwa sekedar cuci muka dengan benar ternyata memberikan efek yang signifikan untuk kulit wajah kita lho. Berikut ini hal penting yang harus diperhatikan

1. Gunakan Air Biasa
Bukan air panas/hangat ataupun air es. Sudah benar jika cuci muka menggunakan air yang biasa kita pakai untuk mandi. Karena air hangat kurang begitu baik jika dipakai terus menerus. Bisa merusak lapisan keratin, mengikis lemak alami kulit, dan kulit bisa jadi kering.

2. Gunakan sabun muka
Diatas sudah aku tekankan, mencuci beda dengan membasahi. Kalau mau bersih ya harus pakai sabun muka. Jangan pakai sabun badan juga ya. Beberapa orang kadang pakai sabun badan untuk cuci muka. Sabun badan dan muka jelas memiliki pH dan komposisi yang berbeda.

3. Pilih sabun muka yang sesuai 
Ini gak kalah penting, setiap orang punya jenis kulit yang khas. Sebaiknya pilih sabun muka yang claimsnya sesuai dengan tipe kulit wajah kita.

4. Pastikan cuci tangan terlebih dahulu 
Cuci tangan bisa mengurangi penularan penyakit sampai 50%. Kita gak pernah tau kan berapa juta kuman yang kontak ke tangan kita. Kalau gak sengaja nyentuh muka, nah mindahin berjuta kuman ke kulit muka dong? Which is kulit muka itu lebih sensitif dari pada kulit tubuh yang lain. Jadi sangat disarankan cuci tangan pakai sabun, baru setelah itu cuci muka.

5. Gunakan handuk khusus untuk mengeringkan muka
Kebiasaan sederhana tapi sangat bisa dirasakan, yaitu memisahkan handuk untuk muka dan badan. Di tubuh kita pun terdapat berbagai macam tempat berkembang biaknya kuman. Kalau kita gunakan handuk yang sama, it means kita memindahkan kuman dari tubuh ke muka kita. Deuh, alangkah kotornya wajah kita. 
Caranya simple aja kok, beli handuk kecil-kecil, dan gunakan itu untuk mengeringkan wajah. Ganti handuk setiap 2 atau 3 hari sekali.

Setelah menerapkan beberapa hal diatas, keuntungan cuci muka pasti sangat bisa dirasakan. Minimal kulit lebih segar dan bersih. Kalau kulit bersih, masalah kulit pun juga bisa di minimalisir. Pori-pori juga bisa bernafas lega. Minyak-minyak bisa lebih terkendali jadi mengurangi komedo dan jerawat.

Sekian dulu tulisan singkat kali ini, semoga bermanfaat :)
Pentingnya Cuci Muka Pentingnya Cuci Muka Reviewed by Dini Nh on August 30, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.