Mencoba Diet Skincare

Hai, beberapa waktu lalu aku sempat sharing sedikit soal diet skincare yang bertujuan untuk mengurangi paparan bahan kimia di kulit. Untuk beberapa orang yang udah terbiasa pake skincare yang runtut (step by step) dan jumlahnya banyak, pasti keputusan untuk diet skincare menjadi hal yang sangat dilematis. Antara takut efek bahan kimia yang banyak, dan ketakutan akan efek pemutusan suatu produk, ya kan?

Aku yang masih awam soal skincare ini juga sebenarnya mikir-mikir ketika ada trend diet skincare. Apa yang aku takutin lebih ke arah takut muncul efek ketergantungan, misalnya kita sudah cocok dengan produk A, kita udah pakai lama, dan ketika kita hentikan pemakaian, kulit langsung berantakan. Itu yang bikin aku kuatir. Tapi setelah baca-baca dan menelaah para pelaku diet skincare, akhirnya aku pun kepincut dan pengen coba untuk memangkas beberapa produk perawatan wajah. Dan soal efek ketergantungan, nanti akan aku bahas dibawah. Simak terus yaaah!!

diet-skincare

Awalnya aku gak kepikir untuk coba diet skincare ini. Dimanapun cewek pasti pengen kasih yang terbaik buat tubuh atau kulitnya. Pakai produk macam-macam dengan concern yang berbeda-beda, berharap kulit bisa mendapat nutrisi yang lengkap. Tapi ternyata siklus tubuh tak melulu sama, ada kalanya tubuh jadi jenuh dan ingin bebas dari bahan yang bermacam-macam itu. Tandanya, biasanya kulit tiba-tiba jadi super sulit (sensitif) padahal sebelumnya juga biasa-biasa aja. Aku juga sempat mengalami tanda itu. Ada suatu fase dimana kulit tiba-tiba sensitif, gampang kemerahan, muncul beberapa jerawat, padahal sebelumnya baik-baik saja.

Untuk mengakhiri penderitaan kulitku yang jadi sensitif, aku berniat menghabiskan beberapa produk skincare yang tiap hari aku pake dan sengaja gak repurchase, pokoknya pengen istirahat dari skincare yang macem-macem, pake skincare secukupnya. Intinya aku memberi kesempatan kulit buat self-healing.
Lalu skincare apa saja yang dipake?
1. Sabun muka
2. Toner
3. Serum
4. Pelembab (kadang)
Aku bahkan gak pake sunscreen, karena emang jarang banget keluar rumah. Dan sunscreen ini kalo terlalu lama nempel di kulit bisa bikin jerawatan. Jadi aku memutuskan pake seperlunya aja, misal kalo mau panas-panasan dalam jangka waktu lama, atau pas kegiatan outdoor. Kalo cuma keluar rumah bentar mah gak perlu sunscreen kok.

Gimana rasanya diet skincare?
Sejujurnya dengan pemakaian skincare seperti itu aku jauh lebih nyaman. Pastinya jadi hemat waktu, biaya, dan tepat sasaran pastinya. Awal-awal sih ragu, takutnya kulit jadi kurang lembab atau gimana-gimana. Tapi, ternyata tidak. 3 produk itu sudah cukup untuk menjaga kelembaban kulit.

Berapa lama mencoba diet skincare?
Sejauh ini sudah 2 bulan (lebih) memangkas skincare. Tapi kini mulai tergoda sama produk lain lagi, dan pengen nambah beberapa produk lagi. Hwehehehe maafkan kekhilafan saya.

Apa efeknya?
Untuk efeknya aku tulis di poin-poin berikut ini ya

Efek positif
Pertama, pandangan tentang perawatan kulit jadi berubah drastis. Semacam ini, biasanya ada yang latah kalo skincare ya harus ini itu, harus pake produk ini dan itu. Tapi nyatanya, setelah dipaksa menyederhanakan skincare, mindset otomatis ikut berubah. Bahwa merawat kulit itu secukupnya, seperlunya, yaa sesederhana itu. Bahkan ini bukan diet skincare, tapi inilah seharusnya skincare routine. Sederhana, dan possible banget untuk dilakukan siapapun.

Kedua, membiasakan diri untuk sederhana. Sangat berasa banget efeknya. Selama beberapa bulan ini tentunya pengeluaran untuk skincare jadi berkurang. Alhamdulillah yaa...

Ketiga, ngomongin soal kulit, kulitku tipenya kering. Saat beli produk apapun, aku selalu prioritaskan yang ada fungsi moisturizing. Pokoknya aku suka kalo kulit jadi berasa lembab sampai lengket gitu. Setelah mencoba diet skincare, otomatis aku gak bisa mendapatkan kulit yang sangat lembab (sampai berasa lengket). Tapi dengan begitu ternyata kulitku masih oke oke saja. Ini artinya, dengan skincare yang segitu, udah memenuhi kebutuhan kulit banget kok. Nah untuk manfaat lain yang lebih berasa yaitu kulit jadi berasa lebih strong dengan sendirinya, moisture barrier lebih kuat karena paparan bahan kimia yang minimal. Bahkan Liah Yoo, ownernya krave beauty juga menyarankan diet skincare untuk para pemilik kulit acne-prone, dengan sedikit produk akan  mmbantu kulit sensitif dan mencegah penyumbatan pori-pori kulit.

Keempat, gak ada efek ketergantungan yang muncul. Artinya, skincare yang selama ini aku pakai memang aman dan gak mengandung bahan/obat tertentu. Buktinya setelah aku hentikan pemakaian kulitku gak menunjukkan tanda-tanda negatif. Yang ada malah kulit yang sensitif (mungkin efek jenuh sama skincare yang terlalu banyak) jadi membaik dengan sendirinya. Ya pokoknya memanfaatkan self-healing kulit kita.

Efek negatif
Untuk pemilik kulit kering kadang harus beradaptasi dengan diet skincare ini. Karena di awal-awal (aku cuma pake toner, serum, dan moisturizer) bakalan bikin kulit berasa kurang lembab. Terus kalo udah agak siang, kulit jadi sedikit oily. I mean, step itu sebenarnya masih kurang bisa melembabkan kulit. Jadi, yaudah lanjut aja, ketika kulit mulai beradaptasi, nanti kita akan nyaman dan kulit seolah-olah jadi normal dengan sendirinya.

Continue or Stop?
Aku berniat lanjutin step yang semacam ini. Karena kulitku berasa lebih strong dan fresh setelah aku cut beberapa produk.

Baiklaah, sepertinya sekian dulu ceritaku soal diet skincare. Kalo ada yang salah mohon dikoreksi. Semoga bermanfaat 😊

Mencoba Diet Skincare Mencoba Diet Skincare Reviewed by Dini Nh on July 27, 2019 Rating: 5

2 comments:

  1. pernah sih kepikiran, tp blm pernah aku coba :).. mungkin krn ga terbiasa aja sih, apalagi mengingat usia udah 37 thn, kolagen ga sebanyak pas 20an ;p.. mau kurangin beberapa skincare, lgs kepikiran aja kantong mata dan keriput huahahahaha... mungkin ntr kalo udah pensiun, gaji ga segede skr, baru deh, ngurangin skincare yg dipakai :D

    ReplyDelete
    Replies
    1. tergantung kebutuhan saja mbak. kalo dirasa masih perlu skincare-an, sebaiknya lanjooot.
      semoga selalu ada rejeki buat merawat diri hehee

      Delete

Powered by Blogger.