Bikin Nagih, Marugame Udon & Tempura

Tiap kali lewat gerainya emang gak pernah sepi. Kursi selalu penuh, bahkan seringkali antri. Bikin penasaran banget sih, apa gitu yang bikin gerai ini selalu full padahal makanan yang dijual cuma udon? Udon mah makanan apa?
Jadi udon itu jenis mie dari Jepang, dibuatnya dari tepung terigu dan bentuknya tebal. Nah, bedanya sama ramen? Ramen dan udon dibuat dari bahan yang sama yaitu terigu, tapi kalo ramen bentuknya lebih tipis.
Aku udah dari lama pengen mampir kesini, tapi baru kemarin bisa nyempetin kesana. Lokasinya kalo daerah jogja cuma ada di amplaz. Cari aja di lantai 3.




Nah kali ini aku bakalan ceritain dulu cara pesennya. Pernah baca dari blog sebelah, sistem pesen semacam ini kalo gak salah namanya 'self service'. Yaa semacam di KFC itu lah, kita pilih menu, pesan, dapat makanan yang kita mau, langsung bayar, dan pilih meja. Di Marugame juga seperti itu, tapi akan aku jelaskan lebih detail biar gak bingung kalo baru pertama kali kesana.


Pertama

Disini kita gak bakal nemu mbak-mbak yang nyodorin menu ke kita, soalnya emang self service. So, pertama dateng langsung aja cari pintu masuk. Kalo bingung pintu masuknya, nanti ada tulisannya kok. Kalo masih ga tau juga yaa lihat aja pokoknya yang ada banyak nampan sama mangkuk kosong disitu. Masuk, terus ambil nampan, piring kotak, sama mangkuk kecil juga boleh. Taruh aja nampan di meja, gausah dibawa-bawa. Ga bakal ilang. Hihi.



Aku masih heran sih, mejanya itu di design khusus, jadi si nampan bisa ringan waktu digeser dan gak jatuh. Wkwk.

 


Kedua

Sambil nunggu giliran kita, kalo bisa sambil baca-baca menunya. Nanti disitu banyak pelayannya kok. Sabar, tunggu aja, kalo udah giliran kita, mereka bakal nanyain kita mau pesan apa. Silakan pesan udon yang kita mau, terus nanti langsung di racik gitu sama pelayannya. Gak lama kok, mereka cepet banget bikinnya. Kayanya gak ada 2 menit, udon yang kita mau udah jadi. Dan langsung ditaruh di nampan kita. Horaaay...



Yang bikin seru, waktu nunggu pesanan kita bisa sekalian lihat langsung aktivitas para koki lagi masak dan pelayan yang lagi nyiapin makanan kita. Semuanya serba cepet, rapi, terus bersih.


Ketiga

Main menu udah jadi, saatnya geser nampan ke sebelah. Tadi kan udah ambil piring kotak tuh, nah itu fungsinya buat tempat cemilan-cemilan yang menggoda, yaitu tempura. Ada berbagai pilihan gorengan dan tempura yang siap bikin kalap. Harganya juga udah tercantum di situ, pilih aja beberapa, dan taruh di piring.




Keempat

Setelah pilih-pilih gorengan dan tempura, geser ke sebelah, yaitu meja kasir. Saatnya bayar dan pesan minum. Pas mau bayar nanti ditanyain mau minum apa. Aku lupa deh pilihan minumnya, tapi emang gak banyak sih. Cuma ada 10 jenis minuman ringan-ringan gitu. Tinggal pilih yang kita mau, dan bayar. Btw untuk beberapa jenis minuman pun kita harus ambil sendiri. Di kasir ada banyak gelas kosong, ambil aja, nanti kita tinggal ambil minumnya. Untuk minum, disini free refill. Alias kalo abis bisa ambil lagi. Lumayan kan...


Kelima

Kalo udah bayar, jangan langsung duduk dulu ya. Di sekitar tempat duduk ada meja yang berisi pelengkap makan. Tadi udah ambil mangkuk kecil kan? Nah isi mangkuk kecil dengan pelengkap udon dan tempura. Ada sauce, wijen, cabai, daun bawang, dan taburan-taburan lain. Tapi optional aja sih, kalo gak ambil juga gapapa. Pelengkapnya ini juga free refill, kalo kurang nanti bisa ambil lagi. Terus jangan lupa ambil sendok dan sumpit di meja itu.




Yuhuuuu, isi nampan udah lengkap, sekarang saatnya cari kursi dan makaaan…



Pokoknya gak ribet kok. But for me, aku emang selalu kepo dulu sebelum makan, dimananpun. Yaa siapa tau ada informasi yang berguna. Yuk sekarang saatnya nyobain gimana rasa si udon udon kesayangan ini. hehe
 
Untuk main menu, aku pesen Niku udon, katanya sih ini best sellernya. Udon disajikan dalam mangkuk yang lumayan gede, porsinya juga banyak euuyy. Isinya ada niku (beef) yang dijadiin toping, kuahnya warna kecoklatan namanya kake dashi, aku kurang ngerti ini kuah apa, tapi pas liat tampilannya sih ini tipe kuah yang ringan kaya soup gitu. Terus ada taburan daun bawang. Nah ini dia tampilannya
 
Niku udon
Setelah puas foto-foto si udon, it's time to eat guys!

Bentuk udonnya kotak gitu, terus emang tebel banget. Waktu dimakan, wagelaseehh i don't even know how to describe it. Pokoknya enaaaa bangeeet. Mie-nya bisa kenyal, tapi enggak alot. Kematangannya juga menurutku pas, enggak lembek, enggak keras. Udah gitu ada rasa gurihnya jadi enggak hambar. Nah pas dimakan sama kuahnya, asli enak banget. Kuahnya ringan, rasanya gurih tapi agak manis, pokoknya pas banget.

Nah yang bikin combo jelas si niku, alias dagingnya. Pertama liat bentuk beefnya emang agak aneh sih. Di iris tipis-tipis memanjang, terus bentuknya keriting. Tapi pas aku coba, langsung mau pingsan rasanya. Wkwkwk. Beefnya bisa empuk banget, rasanya manis gurih, terus kaya ada renyah-renyahnya dikit. Tekstur beefnya pun juga sedikit aneh, udah ga berwujud beef, tapi combo banget rasanya. Once kita makan, rasanya nagih, pengen lagi. Haha.

Satu porsi niku beef ini harganya sekitar Rp 50.000 (include tax). Ya emang agak pricey, tapi worth it banget sih, porsinya banyak, sama rasanya juga enak.  

Lalu, saatnya ceritain si tempura...

Jujur yak, tempura disini ukurannya gak tanggung-tanggung, serba jumbo dah. Aku ambil 5 jenis, yaitu Chikuwa, ebi tempura, menchi katsu, kakiage tempura, dan nori tempura. Kalap banget sih, tapi tenang aja, gak kumakan sendiri dongg.

kakiage & nori tempura

chikuwa, ebi, menchi katsu
Rasa tempuranya juga enak, cocok buat dimakan bareng sama udon. Karena ukurannya yang emang gede, jadi makan 1 aja rasanya udah kenyang. Nah dari ke-5 tempura yang aku cicip, aku paling suka ebi tempura sama menchi katsu. Ebi tempura itu udang digoreng pake tepung. Udangnya juga gak tanggung-tanggung, gede gitu, jadi berasa banget, gak kalah sama tepungnya. Tepungnya juga renyah, enggak keras.

Terus untuk menchi katsu ini emang wujudnya biasa aja sih, gak menarik malah. Cuma bulet terus dibalut tepung roti. Tapi begitu dimakan, waahh sakit banget lah. Daging gilingnya tebel, tepungnya juga gak keras, bumbunya juga syahduu. Enaaa--- mau lageee

FYI. Menchi katsu adalah patty daging yang dilapisi tepung roti dan digoreng. Isinya bisa campuran daging ayam dan daging sapi giling yang dimasak dengan bawang bombay.



Untuk jenis tempura yang lain rasanya normal sih, tetep enak, dan worth it banget. Range harga tempura sekitar 9k-16k. Sekilas kayanya mahal yak, tapi jadi berasa worth it soalnya emang porsinya dibuat segede gaban terus rasanya juga enak.

Nah untuk minumnya, aku pesen lemon tea (Rp 11.000). Sempet ditawarin greentea ice cream juga buat dessert, pengen sih, tapi takutnya nanti kekenyangan. Aku ga ada masalah sama minumnya. Lemon tea-nya pas kok rasanya, seger, lemonnya berasa, gak terlalu manis juga.

Untuk tempatnya, emang ada banyak meja yang disediakan, tapi sayangnya agak sempit terus jaraknya mepet-mepet gitu, jadi agak susah kalo punya badan gede gini. Huhu.

Nilai plus buat marugame yaitu meskipun menu yang disajikan masih seputar japanese food, tapi di depan gerainya ada label Halal dari MUI. 

Sekian dulu ya cerita makan kali ini. Semoga besok bisa ke marugame lagi. Thanks sudah mampir :)
Bikin Nagih, Marugame Udon & Tempura Bikin Nagih, Marugame Udon & Tempura Reviewed by Dini Nh on July 24, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.