Kulineran Ala Jepang, Raa Cha Suki & BBQ

Hi semuaaa. Lumayan lama nih gak bikin review kuliner. Penulis ada beberapa kesibukan, jadi urusan makan dan ngeblog sedikit terabaikan. Maafkeun yaa...

Semenjak menyadari bahwa jomblo juga harus bahagia, dari situ mulai gencar menyisihkan uang buat jajan. Jajan apa pun yang pengen dimakan, mumpung belum ada kebutuhan lain yang harus dipenuhi, jadi yaa puas - puasin dulu makan apapun. Prinsip jomblo mah simple, bahwa bisa makan enak pun ternyata memberikan kebahagiaan tersendiri, asalkan gak tiap hari, nanti jatuhnya boros. *apasihhh 

Yeap, minggu lalu kebetulan libur, terus pengen makan sesuatu yang antimainstream, yaa sekali-kali biar gak gitu - gitu mulu kaaan.
Masih di kawasan Jogja, tepatnya di amplaz lantai 3. Disitu ada resto yang khusus menyediakan suki dan BBQ, namanya Raa Cha Suki & Bbq. Dari namanya udah keliatan kan ya, tema resto yaitu seputar suki dan Bbq. Suki itu semacam hidangan makanan berkuah yang disajikan di pot (panci) besar di atas kompor, biasanya berisi rebusan berbagai bahan makanan seperti daging dan sayuran. Kalo bbq itu proses memasak daging dengan cara di bakar atau di panggang diatas tungku. Asik ya? Bangeeet..


Sebenernya pernah sih cobain makan yang model masak sendiri begini di kaki lima, lengkapnya silakan baca postingan Makan Seru Masak Sendiri di Kedai Sumpit Jogja. Nah, kalo raa cha ini versi yang lebih niat dan yang pasti lebih pricey juga dong. 

Di raa cha ini sistemnya kaya swalayan, kita yang pilih dan ambil sendiri, terus langsung bayar.

Jadi, pertama masuk resto langsung ada petunjuknya. Jalan masuk sama keluar resto dipisah gitu. Masuknya cuma dari satu pintu. Begitu di pintu masuk, langsung ambil aja nampan dan wadah kecil untuk ambil berbagai macam bahan makanan yang kita pengen. Nanti waktu masuk itu juga langsung dikasih nomor meja sama ditawarin mau pake kuah apa, pilihannya ada soup (kuah kaldu) atau tom yum. Bilang aja keduanya. Kalau mau salah satu pun juga gpp banget. Kuah kaldu itu kuah yang rasanya manis gurih. Kalo tom yum itu kuah dengan kecenderungan rasa asam, manis, dan pedas. Makanya kuah tom yum selalu khas warnanya merah/coklat.

Disini ada macem-macem pilihan suki, daging, dan sayuran. Untuk suki, ada puluhan macem jenis suki yang berbeda, ya semacam baso-basoan gitu tapi banyak banget jenisnya. Yakinlah, bingung banget, rasanya mau cobain semua. 




Untuk harganya, waktu kita ambil nampan itu sudah ada daftarnya sih. Ada beberapa label warna, kita tinggal liat aja kok, makanan yang kita ambil itu warna labelnya apa. Ini list harga tiap warnanya
Label putih Rp 3.636 
Label kuning Rp 6.364
Label hijau Rp 7.273 
Harga yang tertulis untuk suki itu harga per biji ya, bukan satu mangkuk. hehe. Lebih baik ambil 1-2 biji aja, biar bisa coba beberapa jenis yang lain.

Terus untuk BBq, disitu udah ada berbagai macam daging yang ditaruh di wadah tertutup plastik gitu, kita tinggal ambil aja per wadah. Pilihannya ada chicken, beef, dan prawn. Untuk yang chicken sudah diberi bumbu dari sana, ada yang sweet, spicy, dan salty. Kalo beef sama prawn nya belum dibumbuin yaa. Nah untuk BBQ, dihitungnya bukan per slice, tapi perwadah.

Sayurnya pun ada banyak banget macemnya. Ada yang dibungkus per item, ada yang satu paket. Daripada beli per item, aku pilih aja yang sepaket isinya macem - macem, lebih praktis. Harganya juga udah jelas tercantum dibungkusnya kok.

Sumpah sih, sesi pilih memilih ini sungguh berat. kyaaa...
Bingung mau yang mana dan pengen coba semua.

Setelah selesai pilih, langsung geser pilih minum. Caranya, ambil gelas dan es yang sudah disediakan, terus ambil aja minum yang kamu pengen. Disitu cuma ada 4 jenis minuman (kalo gak salah). Ada thai ice coffee, ice thai tea, Ocha, lemongrass tea. Aku prefer lemongrass tea, temen ambil yang ice thai tea. Btw, minumnya gak bisa refill, jadi kalo bisa penuhin aja tuh gelas sampe bener-bener batas maksimal biar gak rugi. hehehe

Kalo udah pilih minum, nanti tinggal geser ke meja kasir. Di kasir bakalan ditawarin mau pake nasi atau enggak. Kalo udah, kita tinggal bayar terus duduk di meja yang disitu udah disiapkan peralatan buat rebus dan nge-grill.

Oh iyaa, jangan lupa ambil sauce ya. Ada 4 macam sauce yang bisa dipake buat tambahan bumbu daging. Yaitu suki sauce, raa cha sauce, garlic sauce, dan soy sauce. Aku coba ambil ke-4 jenis sauce, yaa biar bisa nyicip masing-masing rasanya. 


Well, setelah tadi bingung pilih berbagai macam baso-basoan. Inilah beberapa bahan makanan yang aku pilih. Lumayan banyak yak? Tenang, gak buat aku sendiri kok 🙈


Aku ambil beberapa jenis suki. Ada cheese ball, scallope fish cake, king crab chunk, unbreaded crab claw, dll.

Terus sayurnya itu mix mushroom (Rp 14.545). Isinya ada macem-macem jamur sama sayuran hijau. Sengaja pilih yang mix mushroom soalnya pengen cobain jamur enoki, yang putih panjang - panjang itu loh.
Untuk BBQ-nya aku pilih sirloin slice sama sweet chicken BBQ. Sirloin slice itu di gambar yang warnanya merah segar (Rp 11.818). Kalo sweet chicken bbq yang warnanya kecoklatan itu ya (Rp 19.091).



Sampai di meja, sudah ada 3 tungku yang disiapkan. 2 tungku untuk kuah soup dan tomyum, 1 tungku untuk bakar - bakaran. Waaahh, ini part tersyahdu sih. Makan yang udah mateng aja banyak, kenapa harus rebus-rebus sama bakar-bakar sendiri? Yaaa disitulah keseruannya. Apalagi buat yang ngajak pasangan, pasti rame seru bisa masak berdua. huaaa!!
tungku untuk memasak
It's time for cooking...

Untuk segala jenis suki dan sayuran, masukkan aja ke panci yang disediakan. Bisa dimasak di kuah kaldu ataupun tom yum. Pokoknya sesuai selera aja. Sambil nunggu suki-nya mateng, kita bisa panggang dulu daging dan ayamnya.



Sirloinnya belum di bumbuin, jadi bisa sekalian di tambah sauce waktu di grill. Saucenya ada 4 macam itu yaa, kalo aku sih lebih suka yang raacha sauce, semacam bumbu kacang tapi rasanya manis. Enak kok buat cocolan daging. Sauce yang lain rasanya cenderung asin sama pedes, aku kurang suka. Hihi.

Btw, bakarnya hati - hati yaa, soalnya di panggangan ada minyaknya. Begitu daging di grill bakalan ada percikan minyak yang kalo gak ati-ati bisa kena tangan.



Nah saatnya ngomongin rasa.. (kek apa ajaaa)

Suki
Sebenernya rasa berbagai macam suki menurutku hampir mirip sih, kaya makan baso ikan cuma teksturnya aja yang beda. Ada yang agak alot, renyah, empuk, ada juga yang super lembut. Tapi kalo dari rasa aku kurang bisa bedain, mirip-mirip gitu. Hehe. Favoritku yang skin tofu, bentuknya kaya telur dadar, tapi rasa tofu/tahu. Aneh tapi enak...

Udah gitu kuah kaldunya juga rasanya simple, enggak too much. Bener-bener gurih, enggak keasinan, terus ada rasa manisnya dikit. Kalo kuah tom yum aku kira bakalan pedas cetar, ternyata enggak juga kok. Tetep ringan, ada rasa asam dikit, terus pedesnya juga pas, cocok buat orang kaya aku yang gak doyan pedes.

Sayurannya ada pakcoy, terus beberapa jenis jamur yang aku kurang paham namanya. Yang paling enak emang jamur enoki. Pokoknya yang bentuknya putih kecil panjang tipis itu yaa. Rasanya kaya makan mie, tapi ada renyah-renyahnya gitu.


BBQ
Sirloinnya ini menurutku terlalu tipis banget. Waktu dibakar jadi agak lengket di panggangannya. Hihi. Karena belum di bumbuin, jadi bisa tambahin aja pake sauce yang udah diambil diawal tadi. Yang agak nyambung ya pake sauce kacang sih, sauce yang lain terlalu asin dan pedas, jadi kurang pas kalo buat bumbu bbq.

Fyi, grill dagingnya bentar aja yaa, kira-kira sampe daging berubah warna (kecoklatan). Kalo kelamaan takutnya malah jadi alot.

Nah, favoritku yang sweet chicken bbq. Kalo yang ini udah di bumbuin sama ada taburan wijennya. Dari namanya aja 'sweet chicken', jadi udah ketauan kan rasanya bakal kaya apa. Yuuppp, rasanya manis gurih, pas banget dimakan sama nasi anget. Kalo si chicken ini gak perlu ditambah sauce lagi ya, soalnya udah pas banget komposisi rasanya.

Drink
Untuk minumnya, karena emang aku kurang paham soal macem - macem teh, jadi ya ini masih normal. Lemongrass tea yang aku pesen rasanya seger, rasa serai-nya berasa banget, tapi tetep enak, aku doyan banget lah. Ice thai tea-nya juga lumayan, ya kaya thai tea kebanyakan sih.


Conclusion

Overall, dari segi rasa memang enak sih, kalo harus kasih nilai dari 1 - 10, i choose 8.

Tempatnya juga cukup nyaman, ada banyak meja yang disediakan, pelayannya juga banyak dan ramah. Cuma menurutku agak kurang ventilasi aja sih, rasanya asap hasil bakar-bakaran masih berkeliaran disekitar. Wkwk.

Kalau dari segi harga, untuk sekelas resto ya masih affordable. Tapi ini tergantung level ke-khilafan kita sih. Kalo kalap ambil macem-macem jenis makanan ya pasti bikin kantong kering. Hehehe

Sekian dulu ya sesi review kulineran kali ini. Doakan kerjaan dan rezeki lancar terus, biar bisa jalan lagi cobain kuliner lain yang menarik.

Thanks for visitting my blog. See you!

Kulineran Ala Jepang, Raa Cha Suki & BBQ Kulineran Ala Jepang, Raa Cha Suki & BBQ Reviewed by Dini Nh on July 10, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.