Simple And Affordable Daily Body Care

Heloo, welcome back to my blog. Sekian lama berkutat sama masalah muka yang ini itu, ber-eksperimen dengan produk muka yang lumayan beragam dan menguras kantong, akhirnya kemarin tiba - tiba kepikiran pengen sharing seputar body care yang aku pake sehari-hari.

Memang kalo muka tuh ya pasti heboh banget, pokoknya serba detail gitu. Tapi giliran badan kadang udah keburu males, terus jadi ala kadarnya. Bukan ala kadarnya juga sih, akunya emang males ribet kalo urusan body care. Jadi yang penting mandi bersih, kulit ga ada masalah, udah cukup. Kalo urusan muka udah ribet, nah urusan badan aku pengennya yang praktis, yang penting bersih aja sih. So, jangan heran nanti kalo body care aku super buanyaaak. Hehe. Sebanyak apa sih? Ini dia...

daily-body-care

Well, cuma ada 6 produk, itu pun udah include produk buat rambut. Hehe. Berikut ini lebih detail tentang produk yang aku pakai...

daily-body-care

Soap Bar

Sabun yang aku pake sehari-hari memang sabun batangan (bar). Bukan sok-sok classic pake sabun batang, tapi gara-garanya aku punya kulit badan yang agak sensi sama sabun. Terutama sabun cair yang busanya melimpah. Kalo pake sabun cair seminggu gitu, kulit satu badan bisa gatel-gatel bahkan sampe kering mengelupas. Asli nyiksa banget. Bisa bayangin kan kalo gatal itu sensasi yang paling mengganggu di segala macam aktivitas. Bahkan kalo lagi kerja seringkali garuk - garuk, sampe dikatain ga mandi. Hahaha. Padahal emang gatelnya bukan main. Once again, gara - gara salah pilih sabun. 

Terus kebetulan kakak punya masalah yang sama, punya doi lebih parah terus doi pergi ke dokter kulit. Dan pas denger ceritanya, sempet shock. Intinya kulit semacam itu merupakan tanda kulit kurang kelembaban. Penyebabnya bisa dari sabun yang less moisturizer, terutama sabun cair. Karena sabun cair itu berbusa-busa jadi bisa menghilangkan kelembaban kulit.

Aku jadi inget SLS (Sodium Lauryl Sulphate) sih. SLS kan memang kandungan yang hampir selalu ada di shampoo ataupun sabun. Nah SLS itu menimbulkan busa, dan efeknya bisa melunturkan minyak di kulit kita. Mungkin gak masalah kalo kulit kita oily, tapi kalo kulit kita tipenya kering bisa mati kutu kan. SLS bisa menguras minyak alami di kulit kita, efeknya kulit kita jadi makin kering bahkan mengelupas.

Padahal entah sejak kapan aku pake sabun cair, dan memang masalah gatal - gatal ini sering muncul. Parah banget kan? Setelah denger cerita kakak itu, solusi dari dokter kulit cuma 2,
Pertama, ganti sabun. Sabun sebaiknya pake yang bar (batangan), terus pilih yang mengandung pelembab. Rekomendasi dokter yaitu Oilum soap bar. Aku langsung beli. Harganya lumayan mahal sih untuk seukuran soap bar. Dan 1 bar itu bisa abis 2 mingguan. Ya karena si oilum agak lumayan mahal (untuk ukuran sabun batangan), cepet abis, terus susah didapet, akhirnya aku berniat ganti brand. Finally, beralih ke Nivea. Setelah baca - baca komposisinya, alhamdulillah sama sekali ga ada SLS. Dan setelah dicoba, it fits well into my skin :)

Emang soap bar kalo dipake gak menimbulkan busa yang heboh sih, dan ini ternyata malah direkomendasikan untuk dipakai harian. Daripada sabun cair, sabun batangan ternyata lebih aman untuk kulit kering. Yang pasti harganya juga lebih murah. Wkwk. Nivea 1 bar biasanya habis 3 mingguan. Harganya sekitar Rp 6.500. Beli di supermarket mana aja pasti ada.


Body lotion

Rekomendasi kedua dari dokter untuk mengatasi masalah kulit kering yaitu pakai body lotion di sekujur badan secara rutin. Namanya body lotion, jadi pemakaian yang benar ternyata bukan cuma di kaki sama tangan aja. Kulit badan juga sebaiknya terpapar lotion agar selalu lembab.

Setelah ganti sabun, pakai lotion ke seluruh badan, akhirnya kurang lebih 1 bulan kulitku yang gatal dan mengelupas mulai improve sih. Pengaruhnya ternyata secepat itu. Kulit beneran udah gak kering, lebih lembab, gak mengelupas, dan tekstur kulit juga lebih soft daripada sebelumnya. 

Btw produk lotion harian yang aku pakai juga yang affordable aja, yaitu Natural Honey Pure Honey Lotion. Aku memang pernah nyempetin ke supermarket dan baca satu per satu komposisi berbagai macam ingredients list berbagai brand body lotion. Entah ngimpi apa, pas baca si natural honey ini kok ga ada kandungan paraben sama sekali. Yaudah langsung angkut bawa pulang. Sementara brand lain kebanyakan masih mengandung paraben (dan turunannya) sebagai pengawetnya. 

Setelah diaplikasikan ke kulit pun rasanya ringan, gak berat dikulit, gak bikin lengket, dan cepet menyerap. Sangat cocok dipake buat lotion harian. Harganya juga affordable, sekitar Rp 16.000 untuk yang ukuran 200 ml.


Body Oil

Body oil aku pake buat selingan kalo lagi bosen pake body lotion. Oil ternyata memang bagus buat melembabkan kulit. Beberapa orang males pakai oil karena ada kesan lengket dan kurang nyaman. Nah coba pakai oil yang ringan dan mudah menyerap, misalnya sweet almond oil dan virgin coconut oil. Teksturnya ringan dan gak bikin lengket.

Cara pakai agar lebih optimal sebaiknya setelah mandi (waktu kulit masih sedikit basah). Teteskan secukupnya di telapak tangan, ratakan, lalu tap-tap dengan lembut ke seluruh tubuh agar lebih cepat diserap dan tidak lengket. Untuk pemakaiannya, aku biasanya dilute sweet almond oil dengan rosehip essential oil. Untuk detail campurannya, silakan baca postingan essential oils, sudah aku tulis lengkap disitu.


Shampoo

Satu-satunya produk untuk rambut yang aku pakai. Pengen pake macem-macem produk biar rambut jadi cetar membahana, tapi kadang udah males dan gak sempat, yaudah lah shampo-an aja udah cukup. Padahal aku punya masalah rambut kronis, yaitu rambut rontok. Gak tau kenapa rambut sering banget rontok, sehari bisa kali 20 helai rontok. Hampir 3 tahun terakhir ini rambutku jadi bener-bener berasa tipis, gak tau lagi lama-lama bakal setipis apa. Pleaseee kalo ada yang tau cara ngatasi rambut rontok, silakan share di komentar yaa...

Sekarang ini shampoo yang aku pakai dari brand Herbal Essences. Shampoo favorit sih. Wanginya simple, gak bikin rambut kering, setelah dibilas rambut jadi alus tapi gak lepek. Apalagi kalo pake kerudung, kadang kalo salah shampoo bisa jadi ketombean. So far pake ini aman - aman aja sih, malahan kulit kepala jadi lembab, gak bikin ketombean.

How? Minimalis banget kan? Btw aku emang jarang banget pakai scrub buat badan. Yang pertama emang males, udah gitu kadang takut juga kalo scrubbing malah bikin kulit jadi over-exfoliated dan semakin kering.

Sekian dulu ya sharing kali ini. Semoga bermanfaat 😃
Silakan share hair and body care kamu di kolom komentar dibawah yaa..

Simple And Affordable Daily Body Care Simple And Affordable Daily Body Care Reviewed by Dini Nh on July 18, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.