Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++ (Review)

Demi kulit yang sehat dan cerah, memang sudah seharusnya kita melindungi dan merawat kulit semaksimal mungkin. Salah satu yang terpenting dari sekian banyak proses perawatan kulit yaitu, pakai sunscreen!!
Sunscreen ini gak boleh terlewat, apalagi buat kamu yang sering menghabiskan waktu diluar rumah dan sering terpapar sinar matahari (UV). Sinar matahari ini bisa membakar kulit dan efeknya kulit jadi kusam, menggelap, dan muncul bintik-bintik hitam. Pasti gak mau kan kalo kulit keliatan gosong dan kusam? Makanya, mulai sekarang harus membiasakan pakai sunscreen.

Sunscreen biasanya dipakai di urutan paling akhir skincare routine kita, tujuannya agar kulit yang sudah diberi nutrisi (dari berbagai macam skincare) bisa terlindungi. Tapi kadang beberapa wanita yang sudah biasa pakai sunscreen mengeluh kalo pake sunscreen kadang bikin jerawatan, minyakan, lengket di kulit, dan bikin kulit ada kesan white cast. Nah, itu berarti soal pemilihan sunscreennya aja kok. Karena beberapa sunscreen memang bertekstur pekat dan berat di kulit. Makanya, ini aku review salah satu sunscreen yang menurutku ringan dan sangat nyaman dipake harian. Yuk simak reviewnya sampai tuntas...

skin-aqua-uv-mild-milk


Brandnya yaitu Skin Aqua, untuk serinya yaitu UV mild milk. Tapi sebenernya Skin aqua ini punya 4 varian sunscreen,
1. Skin Aqua UV mild milk
Spf 25, PA++ untuk kulit kering-sensitif

2. Skin Aqua UV Moisture Milk
Spf 50 PA+++ perlindungan ekstra lebih lama

3. Skin Aqua UV Moisture Gel
SPF 30 PA++ Untuk kulit normal-berminyak

4. Skin Aqua UV Whitening Milk
SPF20 PA++ Untuk mencerahkan warna kulit

Aku pernah coba yang nomor 3 (Skin Aqua Uv moisture gel spf 30), tapi setelah lama-lama pake kadang aku ngerasa masih terlalu berat. Alhasil, aku beralih ke yang lebih ringan jatuhlah pilihanku ke yang UV mild milk, kandungannya spf25 PA++ . For me, spf25 ini udah cocok banget dipake harian, karena aktivitasku juga lebih banyak di dalam ruangan. 

Skin Aqua ini tergolong chemical sunscreen yaa. Cara kerjanya yaitu mengubah panas yang diserap dan dilepaskan lewat permukaan kulit. Yuk coba lihat komposisinya

Aqua (water), Ethylhexyl Methoxycinnamate, Polymethyl Methacrylate, Caprylyl Methicone, Diglycerin, Butylene Glycol, Methylene Bis-Benzotriazolyl, Tetramethylbutylphenol, Bis- Ethylhexyloxyphenol, Methoxyphenil Triazine, Polysorbate 60, Ethylhexyl Triazone, Betaine, Phenoxyethanol, Ammonium Acryloyldimethyltaurate/ VP Copolymer, Decyl Glucoside, Arginine, Acrylates/C10-30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Methylparaben, Tocopheryl Acetate, Propylparaben, Disodium EDTA, Allantoin, Sodium Hyaluronate, Propylene Glycol, Xanthan Gum, Hydrolyzed Collagen, Polyquaternium-51.

*yang aku beri warna merah itu adalah bahan kimia yang menyerap sinar UV A dan UV B.


Packaging

Kalo dari segi packaging, skin aqua ini sekarang kemasannya lebih ramping. Kalo sebelumnya aku pernah beli isinya 80gram, nah versi sekarang yang 80gram itu jadi 40gram, dengan harga yang sama. Signifikan banget naiknya 😌

skin-aqua-uv-mild-milk


Tubenya masih sama kaya yang sebelumnya. Terbuat dari plastik yang tebal, terus meruncing diujung. Ini memudahkan untuk mengeluarkan produknya, jadi lebih rapi dan gak mbleber kemana-mana.



Cara Pakai

1. Gunakan 15-30 menit sebelum terpapar sinar matahari.
2. Bersihkan wajah dengan sabun wajah, kemudian keringkan. Tuangkan skin aqua pada telapak tangan secukupnya, kemudian aplikasikan di wajah secara lembut hingga meresap. 
3. Untuk hasil yang optimal, gunakan setiap hari dan aplikasikan kembali jika kulit terkena keringat, air atau jika terpapar sinar matahari dalam jangka waktu lama.


Tekstur

Untuk teksturnya, diantara banyaknya sunscreen di luar sana, mungkin ini tekstur yang paling cocok buat kulitku. Dia berupa cream yang cukup encer, ringan di kulit, mudah diratakan, dan yang pasti gak menyisakan rasa lengket sama sekali. Begitu diaplikasikan rasanya langsung menyatu sama kulit, 1-2 menit si creamnya ini udah benar-benar diserap dan gak menyisakan rasa berat di kulit. I like it!


Impression

Water based formulanya bikin nyaman di kulit. Pokoknya begitu dipake, gak lama dia langsung menyerap. Gak berat dan gak lengket sama sekali. Aku ini orangnya suka sama yang ringan-ringan, pokoknya kurang suka kalo muka ada rasa berat, thick, dan semacamnya. Selain keliatan kaya kecoa, muka yang lengket ini bisa jadi media nempelnya kotoran dan debu.

Btw warna sunscreennya putih dan no-fragrance. Meskipun kalo sekilas ada wangi semacam bahan kimia, but it's ok lah ya, ketimbang bau bunga-bungaan aku lebih memilih bau apa adanya semacam ini.



Untuk efek yang aku rasain, sunscreen ini membantu buat mengurangi penggelapan kulit akibat sinar matahari. Meskipun pakenya kalo pas mau keluar rumah aja, tapi buatku ini pengaruh banget. Tangan, kaki, kalo dipakein sunscreen ini jadi gak belang. Btw sunscreen skin aqua ini bisa dipake di muka dan badan yaa, jadi aku sering pake di bagian-bagian tubuh yang sering kena panas, seperti tangan dan kaki. Kalo dipake di muka otomatis aku pake setelah beberapa step skincare (toner-essence-serum-sunscreen). Nah kalo di badan ya pake aja semau kamu.

Kalo ada yang tanya, chemical sunscreen bahaya gak sih? Aku jujur belum tau dan belum nemu journal yang terkait soal ini. Tapi aku lebih menyarankan pake sunscreen secara bijak. Jadi, kalo kamu seharian cuma glintingan di rumah gak kemana-mana, ya gak usah pake gapapa. Pake aja kalo memang kamu mau menghadapi panas matahari yang agak lama (lebih dari 15 menit misalnya). Sekali lagi ini pilihan yaa, aku pun begitu, kadang suka kasian sama kulit muka kalo kebanyakan kimianya. Jadi aku pake secukupnya, seperlunya.

Kalo kalian baca komposisi sunscreen ini, di urutan pertama adalah 'air'. Wajar banget kalo dia cepat menyatu sama kulit dan pastinya gak bikin jerawatan. Bahkan aku ngerasa kalo pas kena air pun dia udah ilang. Jadi memang harus rajin re-apply.

Daritadi ku ngomongin baik-baiknya terus yaa. Oke, ada satu yang aku kurang suka, yaitu dia masih mengandung paraben (methylparaben dan propylparaben). Meskipun dikatakan aman, tapi aku kadang tetap hati-hati dan membatasi pemakaiannya. But overall aku suka sama formulanya.

Yaudah lah yaa, sekian dulu review kali ini, semoga bisa jadi referensi kalian yaa 😇

Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++ (Review) Skin Aqua UV Mild Milk SPF 25 PA++ (Review) Reviewed by Dini Nh on November 20, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.