Review Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++

Setelah sekian lama penasaran sama sunscreen yang gampang dicari dan enak dipakai. Akhirnya ketemu!!
Mau tau reviewnya? Simak terus sampai akhir yaaa... 


Brand & Series
Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ Face and Body

Skin aqua ini sebenernya brand keluaran Rohto Laboratories. Rohto sebagai pemegang lisensi pertama kali dikenal dengan produk tetes matanya. Tapi sekarang mereka sudah mengeluarkan brand lain yang lebih hits, seperti Acnes, Hada Labo, Lip Ice, Khalisa, Selsun. Brand-brand tersebut sebenarnya masih dibawah licensi rohto lab.

Suitable for
Normal to oily skin

Price
Aku beli di century harganya sekitar Rp 56.000, isinya 80 gram. Harga bisa bervariasi tergantung dimana belinya.

Where to buy?
Sejauh ini, di kota tempatku tinggal, drugstore yang menyediakan skincare cuma ada guardian sama century. Aku pernah cari di guardian, tapi enggak nemu. Adanya di century, dan mereka juga punya bermacam series untuk brand skin aqua. Aku akan share sedikit, biar kamu ga salah beli. Skin Aqua punya 4 series untuk sunscreen

1. Skin Aqua UV Mild Milk 

source www.rohto.co.id
Untuk kulit kering - sensitif

Claims:
SPF 25, PA++ untuk perlindungan ganda terhadap sinar UV-A dan UV-B
Hyaluronic Acid dan Collagen melembabkan, melembutkan, dan mempertahankan elastisitas kulit
Vitamin E sebagai anti oksidan 

2. Skin Aqua UV Moisture Milk

source www.rohto.co.id
Perlindungan terhadap kulit lebih lama

Claims:
SPF 50+ PA +++ untuk perlindungan ganda terhadap UV-A dan UV-B.
Improved Hydraulic Acid (AcHA) dan Collagen yang melembabkan, melembutkan kulit dan mempertahankan elastisitas kulit
Mengandung VItamin B5 dan E yang menutrisi kulit.
Dapat digunakan sebagai dasar make up.

3. Skin Aqua UV Moisture Gel

source www.rohto.co.id
Perlindungan untuk kulit normal - berminyak

Claims:
SPF 30, PA++ untuk perlindungan ganda terhadap sinar UV-A dan UV-B
Improved Hyaluronic Acid dan Collagen melembabkan, melembutkan dan mempertahankan elastisitas kulit
VItamin B5, E dan C yang menutrisi kulit

4. Skin Aqua UV Whitening Milk

source www.rohto.co.id
Untuk mencerahkan warna kulit

Claims:
SPF 20, PA++ untuk perlindungan ganda terhadap sinar UV-A dan UV-B
Hyaluronic Acid melembabkan dan melembutkan kulit
Arbutin mencerahkan warna kulit

Kebetulan waktu itu aku sempet galau juga mau beli yang mana, terus aku ambil yang UV moisture gel dimana dia cocok untuk kulit normal dan berminyak. SPFnya 30 PA++, jadi kayanya udah cukup banget untuk sunscreen harian.

Ingredients
Water, Ethylhexyl methoxycinnamate, Methylene Bisbenzotriazolyl, Tetramethyl butylphenol, Cyclopentasiloxane, Glycerin, Ethylhexyl triazone, Polysorbate-60, Diethylamino Hydroxybenzoyl hexyl benzoate, Betaine, Phenoxyethanol, Ammonium acryloydimethyltaurate/ VP copolymer, Acrylates/C10 30 Alkyl Acrylate Crosspolymer, Hydrogenated Lecithin, Triethonalamine, Panthenol, Disodium EDTA, Methylparaben, Propylparaben, Sodium hyaluronate, Dipotassium glycrrhizate, Sodium acetylated hyaluronate, Arginine, Hydrolyzed Collagen, Tetrahexyldecyl ascorbate, Tocopheryl acetate.

Yang aku beri warna merah itu adalah bahan kimia yang bertugas menyerap sinar UV A dan UV B, yang kemudian diubah jadi energi panas yang dilepaskan lewat permukaan kulit. Makanya si skin aqua ini tergolong sebagai chemical sunscreen

Skin aqua sudah menuliskan secara lengkap keterangan produk di boxnya.









Cara Pakai
1. Bersihkan wajah dengan sabun wajah, kemudian keringkan. Tuangkan skin aqua pada telapak tangan secukupnya, kemudian aplikasikan di wajah secara lembut hingga meresap. Setelah itu gunakan make up seperti biasa.
2. Untuk hasil maksimal gunakan setiap hari dan aplikasikan kembali jika kulit terkena keringat, air atau jika terpapar sinar matahari dalam jangka waktu yang lama.
3. Kocok terlebih dahulu sebelum dipakai.

Meskipun disitu udah tertulis lengkap cara pakainya, tapi aku sering baca kalau sunscreen lebih baik dipakai di urutan terakhir skincare routine. Kenapa? supaya produk dibawahnya juga terlindungi, jadi enggak sia-sia. Aku pribadi pakai sunscreen bukan setelah cuci muka, tapi setelah pake skincare routine dan 15 menit sebelum berpanas-panas ria.

First impression
Dari packaging sih oke, dibalut dengan tube plastik, terus ujung tube untuk ngeluarin produknya agak meruncing, jadi lebih terkontrol waktu ngeluarin produk. Tutupnya ulir tapi bisa terkunci waktu ditutup, jadi bisa dipastikan produk anti tumpah saat dibawa-bawa.  Sunscreen ini sering aku bawa kerja, main, ataupun piknik. Seringkali produk jatuh kebanting-banting, tapi packagingnya kuat dan tebal sih, so far aman dan enggak pecah. 

Pertama kali liad packagingnya emang kesannya jadul banget, tapi enggak masalah, sunscreen is always classy.



Scentnya hambar, tanpa fragrance sedikitpun, tapi ada bau khas sunscreen. Semacam bau obat atau logam tapi samar-samar, susah di deskripsikan, tapi begitulah. Dan scentnya ini enggak mengganggu kok. Aku langsung ngeh sih, kalau skin aqua kan produk dari rohto dimana dia biasanya ngeluarin obat, jadi wajar kalau dia no fragrance, dan baunya jadi bau semacam obat.
Texturenya berupa cream warna putih yang mild dan watery. Kenapa watery? Karena teksturnya berupa cream yang agak cair, bukan cream yang pekat. Waktu diaplikasikan juga sangat ringan dan mudah diratakan. Menimbulkan rasa dingin beberapa detik ketika di aplikasikan ke kulit. 

Meskipun namanya sunscreen, tapi sama sekali gak kaya sunscreen. Kalau diaplikasikan ke kulit polosan, dia cepet banget menyatu dan menyerap. Memang masih menyisakan rasa lengket, tapi masih termasuk ringan, enggak berat. Intinya lengket tapi masih acceptable.
Sunscreen ini bisa dipakai untuk muka sama badan. Kalo dipakai di badan entah kenapa lebih cepat meresap dan finishnya matte.




My story about this product
Aku sejujurnya males banget pakai sunscreen karena teksturnya selalu lengket dan thick. Apalagi kalo pakai skincare yang berlapis-lapis, ketika sunscreen jadi step penutup, muka bakal jadi berat dan lengket. Tapi, itu dulu...
Setelah baca-baca rekomendasi sunscreen, dan ketemu si skin aqua ini, aku udah langsung klop sih. Pertama kali cobain langsung suka sama teksturnya. Aku pakai sunscreen di step ke 4 atau 5. Jadi urutannya facewash - toner - essence - serum - moisturizer - sunscreen. Meskipun ditumpuk dan sunscreen ini ada diurutan atas, tapi so far dia enggak berat di muka. Walaupun menyisakan rasa lengket, tapi masih wajar karena aku pakai skincare bertumpuk-tumpuk. Kalau biasanya ada kesan putih artificial pada wajah setelah pakai sunscreen, ini enggak ada sih. Dia langsung menyatu, jadi enggak menimbulkan white cast. 

Kalau pakainya pagi-pagi banget, lebih baik memang aplikasikan ulang setelah 3-4 jam. Tapi enggak masalah dan gak perlu reapply ketika kita berada dalam ruangan.
Pernah suatu saat aku panas-panasan, tapi sebelumnya udah pakai skin aqua, di muka efeknya lumayan sih. Bisa melembabkan, mengurangi sunburn, memberikan kesan dewy, dan mendinginkan kulit. Sejujurnya aku lebih suka finish yang matte daripada dewy, but it's ok lah ya, seenggaknya dia gak berat di kulit

Sayangnya, semakin lama dia bertahan di kulit, semakin bikin muka berminyak. Makanya sedikit perhatian buat yang kulitnya oily, meskipun produk ini untuk jenis kulit normal dan berminyak, tapi lebih baik pakainya dikit aja. Kalau terlalu banyak, bikin muka jadi super greasy dan debu jadi nempel. Aku pun kurang nyaman karena finishnya muka jadi oily. Makanya aku siasati pakai produk tipis-tipis dan secukupnya.

Gunakan sunscreen sesuai kebutuhan ya! As you know, kandungan sunscreen  itu kimia banget. Gunakan sesuai kebutuhan aja, kalau kamu gak panas-panasan, ya gak usah pake. Apalagi cuma aktivitas di ruangan, lebih baik hindari sunscreen. Di skin aqua ini pun masih mengandung bahan kimia seperti methylparaben dan propylparaben, dia adalah momok yang menakutkan buat para skincare addict. Tapi beberapa penelian sudah menunjukkan paraben dalam bentuk methyl dan propyl itu enggak diserap kulit, mereka cuma berdiam diluar kulit. 

Anyway, skin aqua termasuk chemical sunscreen. Jadi, hal penting yang perlu dilakukan setelah seharian pake sunscreen yaitu cleansing. 
Jangan lupa lakukan double cleansing setelah pakai sunscreen, karena kandungan kimianya bisa saja tertinggal di kulit dan sabun muka aja mungkin gak cukup untuk menarik bahan-bahan ini keluar dari pori-pori. 

Silakan pakai micellar water, cleansing oil, atau cleansing balm untuk membersihkan sunscreen.

Sunscreen bikin jerawatan?
Pengalaman pribadi waktu pake sunscreen terus males bersihin muka, beberapa hari kemudian langsung muncul 1 sampai 2 jerawat yang tipenya merah meradang, muka lebih cepet komedoan, dan  banyak whitehead yang mau nongol. Tapi begitu rajin bersihin, aman sih. Whitehead dan jerawat enggak berani nongol lagi.

Btw sunscreen ini ngaruh banget untuk sunburn. Kulitku cepet gosong kalau kena panas matahari. Apalagi kulit tangan dan kaki. Tapi aku selalu pakai ini sebelum berpanas-panas, dan hasilnya all is well. Semua teratasi. Silakan pakai tebel untuk daerah tangan atau kaki buat ngurangi sunburn. 



Overall, aku suka produk ini. Selain murah, mudah dicari, dia juga sangat berkontribusi ngurangi sunburn. Kalau kamu punya rekomendasi sunscreen yang worth to try, silakan komen dibawah ya.
Sekian dulu review kali ini. Thanks for visitting my planet. See you...

Review Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ Review Skin Aqua UV Moisture Gel SPF 30 PA++ Reviewed by Dini Nh on January 10, 2018 Rating: 5

2 comments:

Powered by Blogger.