Secret Key ROSE Softening Toner Review // For All Skin Types

Hai. Welcome back to my blog!

Setelah beberapa taun rutin merawat muka, aku yang awalnya suka underestimate sama istilah 'telaten' sekarang malah mulai bisa merasakan nikmatnya sebuah kesabaran. Kaya apa aja iniii...
Dulu sering males ngerawat diri, males rempong, dan dari awal udah ada mindset yang salah, yaitu pengennya yang instan. Maunya gak keluar duit banyak, gak rempong, tapi hasilnya maksimal. Barangkali kalian juga pernah mikir semacam itu, it's normal.

Baiklah, lama-lama setelah umur bertambah, mulai ada masalah muncul, mulai takut fine lines, keriput, dan tanda aging lainnya. Disitulah peperangan dimulai, mau gak mau harus sedikit lebih care sama tubuh sendiri. Mulai nyicil-nyicil sebisanya yang penting prinsipku 'merawat lebih baik daripada membiarkan'. Hehe. Dan satu lagi yang harus ada di mindset kita bahwa Good things take time!, gak bisa instan.

Kenapa aku panjang lebar ngomongin telaten dan sabar, karena di postingan kali ini aku mau ulas salah satu produk yang sangat mendasar, yaitu TONER. Dulunya aku sempet merasa bahwa pemakaian toner ini gak guna, sama sekali gak ngaruh ke kulit, cuma kaya pake air, gak bakalan ngefek. Yes, itu dulu.

Tapi setelah bergelut di dunia per-skincare-an ini, aku mulai sadar bahwa toner ternyata mempengaruhi kondisi kulit kita loh, meskipun wujudnya cuma kaya air biasa. Bahkan saking cintanya sama toner, kadang pengen cobain toner yang berbeda-beda, yang macem-macem biar dapet manfaat yang berbeda pula. Hal itu biasa aku lakuin karena formula toner cenderung ringan, jadi toner jarang mengacaukan muka kita.

Beberapa produk toner yang pernah aku pakai juga seputar toner yang fungsinya untuk Hydrating dan Soothing. Lebih lengkap silakan baca disini yaa : Toner Harian.

Sempat juga cobain exfoliating toner yang hits yaitu Some By Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Toner, si toner hits dengan paket lengkap dan cukup menggoda iman. Dan beruntungnya si miracle toner yang ada kandungan acidnya pun gak masalah di mukaku. That's why toner harus selalu ada di skincare routine aku, gak boleh terlewat.

Nahh kali ini aku gak bakal bahas miracle toner, tapi mau review satu toner dari brand Secret Key yang varian Rose. Lebih lengkap silakan baca sampai habis yaa...


Brand & Series
Secret Key Rose Floral Softening Toner

Sebenernya secret key ini punya 5 varian toner, yaitu tea tree, aloe vera, milk, witch hazel, dan rose. Untuk yang alcohol-free yaitu yang aloe vera, milk, dan rose. Aku kebetulan udah coba 4 varian, yang belum pernah dicoba yang tea tree. Karena si tea tree sepertinya lebih cocok buat kulit berminyak dan acne-prone. Sedangkan aku sendiri punya kulit yang normal cenderung kering, jadi aku pilih yang alcohol free biar mukaku gak tambah kering.

Kalo kamu mau baca-baca review varian yang lain, silakan klik link dibawah ini

Oh iya, toner ini bisa dipake buat semua jenis kulit ya. Untuk varian yang lain pun juga cocok-cocok aja untuk tipe kulit apapun karena formulanya ringan banget.

Secretkey-rose-softening-toner


Packaging

Pertama-tama mari kita lihat packagingnya. Dari sekian banyak brand, secret key ini mem-package produknya dengan sangat basic tapi tetep aman. Kemasannya dari plastik transparan yang lumayan tebel dan cukup bulky, secara toner ini isinya 248 ml. Btw gaeess, aku juga ga paham kenapa 248 ml, padahal ditambah 2 ml lagi gitu udah jadi lebih enak angkanya. wkwk. Yawes pokoknya isinya lumayan banyak dan pastinya awet. Pengalaman sebelumnya, toner sebanyak ini bisa habis sekitar 5-6 bulan dengan pemakaian rutin 2 kali sehari. 

Btw, waktu aku beli toner ini ada segel plastik diluarnya. Ini menjamin kalo produk masih baru dan belum pernah dibuka. 


Selain itu, dibawah tutupnya ada segel semacam aluminium. Buatku ini penting banget. Kalo gak disegel kok rasa-rasanya jadi gak mantep, seolah-olah produk kurang higienis dan udah terpapar udara diluar. 


Di tubenya yang bagian depan ada tulisan deskripsi produk yang ukurannya kecil-kecil. Mata kudu melek biar bisa baca tulisan mungil-mungil ini. Maklum mata udah berumur mah gini. Tapi setelah aku cermati, begini kata-katanya,
Rose Floral Softening Toner is widely used for skin care because it is safe and gentle enough for all skin types. One of the main benefits of Rose Floral Softening Toner is that it acts as a moisturizer and it helps to feel and looks smooth. Additionally, and perhaps most obviously, rose water has a pleasant aroma. This lovely perfume and its healing, rejuvenating effects make rose floral softening toner a potentially valuable.


Di bagian belakang juga tertulis keterangan dengan bahasa korea yang aku gak paham sama sekali. Tapi untungnya ini cuma toner, jadi kita bisa kira-kira cara pakai dan fungsinya tanpa baca sekalipun. Mulai sotoy yaa, hehe.

Tapi sayang banget aku jadi gak bisa baca komposisinya huh. Aku cuma bisa baca angka 9700ppm, kemungkinan itu kandungan ekstrak mawarnya.

Secretkey-rose-softening-toner

Daripada suram penasaran sama komposisinya, ini aku ngulik dari cosdna.
Di urutan paling atas adalah rose water. Seneng banget aku bacanya, biasanya kalo toner di urutan pertama adalah aqua alias air. Ya kan suka sayang aja gitu, udah ngeluarin duit banyak tapi isinya cuma air. Hihi. Dan menurutku worth it banget sih ini, selain rose water ada juga itu ekstrak macem-macem buah dan tumbuhan yang bisa mendukung kandungan utama si toner itu sendiri.

Selain itu, komposisinya kebanyakan warna hijau semua, alias safe untuk kulit kita, aman gaess. Yang lampu kuning cuma Polysorbate sama fragrance, itupun di urutan bawah. Oke well, kulit sensitif bisa pake juga nih 😎


How to use?

Pemakaian toner selalu aku bagi jadi 2 cara
Pertama, pakai kapas
1. Bersihkan muka dengan sabun muka
2. Tuang toner ke kapas lalu usapkan lembut ke seluruh muka.

Kedua, tanpa kapas
1. Bersihkan muka
2. Tuang toner secukupnya ke tangan, dan langsung ratakan ke muka. Tekan-tekan lembut sampai toner meresap.

Mana yang lebih ngaruh?
Keduanya sama-sama ngaruh. Ini cuma soal kesenengan aja kok. Aku sendiri lebih seneng langsung pakai tangan, karena tonernya jadi nempel ke kulit semua, gak ada yang terbuang ataupun tertinggal di kapas. Tim ngirit skin care ya begini gaeees. hehe


First Impression

Dari penampakannya udah keliatan kan kalo toner ini warnanya bening, ringan kaya air, dan ternyata gak lengket sama sekali. Bener-bener kaya air tapi ada sedikit wangi-wanginya.
Untuk wanginya, karena ini varian rose, jadi baunya juga gak jauh-jauh dari kembang mawar yang lagi mekar. Wangi-wangi kalem, gak nyegrak.

Aku akan coba aplikasikan ke kulit biar lebih jelas. Dibawah ini pas aku coba usap ke tangan.

seperti air


Saking ringannya, si toner ini cepet banget meresap ke kulit. Misal aku pakai 3-5 tetes, terus diratain ke muka, nanti gak sampe 1 menit si toner udah terserap. Finishnya pun kalian bisa lihat sendiri ya, kulit jadi keliatan basah dan lembab.


Review

Kalau kita lihat komposisi utamanya yaitu air mawar, ya memang faktanya ekstrak bunga mawar mengandung vitamin A, C, E dan ada efek antibacteri dan antiinflamasi. Makanya mawar bagus buat meredakan kulit yang iritasi/ inflamasi/ kemerahan/ meradang.

Untuk pemakaiannya, aku pake setelah cuci muka buat menetralkan pH kulit dan persiapan untuk skincare setelahnya. Lalu, kalo toner udah merasuk ke kulit, aku lanjut pake lotion, serum, dan moisturizer. Untuk produknya silakan baca di Morning Skincare Routine. Ini merupakan step yang sudah coba aku sederhanakan daripada sebelumnya. Tujuannya biar lebih simple, aman, dan hemat waktu. Untungnya setelah aku cut beberapa step, kulitku baik-baik aja, gak ada efek semacam ketergantungan gitu. 

Toner ini kadang aku pake siang-siang kalo habis kepanasan. Soalnya mukaku sensi banget sama panas matahari, kalo terlalu lama kepanasan bisa jadi bruntusan kecil-kecil dan nyebar di seluruh muka. Nah buat mencegah bruntusan itu, kalo abis kepanasan aku langsung pake toner ini berlapis-lapis, katanya mawar kan bagus buat muka yang lagi meradang. Dan sejujurnya cara ini lumayan ngefek, bruntusan jadi gak keluar kalo aku pakein toner berlapis-lapis.

Btw, aku udah pakai toner ini sekitar 3 bulan, tapi karena masih males-malesan buat nulis review, jadi baru sekarang terpublish. Dan sekarang si toner ini masih seperempat botol, awet kan ya? Padahal aku pakenya boros banget, malahan sering pake toner ini buat ala ala 7 skin method. Itu tuh pakai toner sampai 7 lapis biar muka jadi lembab. Kebetulan toner ini masuk ke hydrating toner, jadi pas banget kalo mau dipake ala ala 7 skin methods gitu. Aman lah! Tapi aku gak pake sampai 7 lapis juga sih. Palingan maksimal 4 lapis, itupun menurutku udah cukup melembabkan. Misalnya mau 7 lapis bisa sih, tapi aku gak mau, kayanya bakal bikin kulit berasa lengket.

Seandainya mau pake satu lapis pun juga oke-oke aja kok, bebas sesukamu. Tapi aku ngerasa kalo cuma selapis itu kurang lembab. Jadi semacam diserap terus ilang, gak berasa apa-apa. Maklum yaa, kulitku emang kering, kadang bisa sampe ngelupas. Obat terbaik buat kulitku ya cuma pake produk-produk hydrating begini. Itupun aku harus rutin, telaten, dan sabar. Misalnya aku skip gak pake skin care apa-apa, kulit bisa balik kering lagi. Mungkin udah bawaan lahir kali yaa...


Claims Vs Result

Sekilas kalo baca claimsnya, toner ini fungsinya untuk moisturizing dan softening, melembabkan dan melembutkan. Memang iya, toner ini bikin kulit jadi lembab, tapi kalo softening kok aku belum ngrasain. Kalo bisa meredakan kulit yang kemerahan itu lebih ke calming menurutku, bukan softening. Jadi yang benar-benar aku rasain ya efek lembabnya aja.


Lalu, dari sekian banyak varian toner Secret Key, mana yang paling favorit?
Oke. Setelah cobain yang witch hazel, milk, aloe, dan rose ini, aku juga masih galau mana yang sekiranya paling cocok di mukaku. Ini tergantung kondisi muka banget soalnya. Kalo pas berminyak, enak pake yang witch hazel. Kalo pas sensitif dan ngelupas, aku lebih suka yang aloe vera. Yang milk itu buat mencerahkan, tapi gak gitu ngefek. Jadi, dari keempat varian, aku lebih condong ke aloe vera. Lebih berasa banget efeknya. Si rose ini juga memberikan manfaat, tapi di kulitku kurang begitu maksimal. Kalo dipake buat yang kulitnya berminyak, mungkin malah bisa pas banget, karena teksturnya yang ringan, mudah diserap, dan gak lengket sama sekali.

Where To Buy?
Aku beli di shopee, karena ga tau lagi kudu beli dimana. Coba Search aja nanti ada banyak yang jual kok.
Range harganya sekitar Rp110000 - Rp 140000. Aku sendiri dapet yang harga Rp 130000.

How? Kepengen tapi galau yang varian apa? Hmm gak usah galau deh, sama saja kok. Yang pasti toner dari secret key ini gak bikin masalah baru ke kulit. Itu aja udah cukup.


Baiklah, sekian dulu ya review kali ini. Semoga bisa jadi referensi dalam memilih toner. Kalau ada rekomendasi hydrating toner yang bagus, silakan komen dibawah ya, thanks 😊

Secret Key ROSE Softening Toner Review // For All Skin Types Secret Key ROSE Softening Toner Review // For All Skin Types Reviewed by Dini Nh on January 17, 2019 Rating: 5

1 comment:

  1. aku sellau suka dengan apapun yang beraroma mawar. untuk toner sekarang lagi pake corine de farme gentle rose

    ReplyDelete

Powered by Blogger.