Review Acnes Creamy Face Wash

Welcome back to my planet. Entah ini sudah face wash yang ke berapa. Tapi memang coba-coba face wash itu hal yang paling menyenangkan, selain karena tidak begitu reaktif, dia juga punya banyak varian yang menarik untuk dicoba.
Nah kali ini aku akan review Acnes Creamy Face Wash. Ga ada tujuan khusus saat beli face wash ini. Hanya sekedar mengobati penasaran, katanya dia bagus untuk melenyapkan minyak-minyak dan kotoran di wajah. 

Acnes-Creamy-Wash

Description
Daily facial wash to fight bacteria and acne care. Remove excess sebum and dirt.
Keep skin fresh and smoot.

Btw acnes ini mudah ditemui dan bisa dibeli di drugstore atau supermarket dengan harga sekitar Rp 20.000, aku lupa tepatnya berapa.

Kegunaan produk
#Membersihkan wajah
Menghilangkan minyak (sebum) berlebih dan menghilangkam kotoran yang dapat menyumbat pori-pori
#Anti Bakteri
Mengandung Isopropyl Metylphenol melawan bakteri penyebab jerawat
#Nutrisi bagi kulit
Diperkaya vitamin C dan E merawat kelembutan kulit. Kulit tetap sehat, terasa lembut dan berseri.

Untuk keterangan produk tertulis detail dikemasan kok.

Acnes-Creamy-Wash
Packaging
Seperti face wash pada umumnya, dibalut tube plastik besar warna putih hijau khas Acnes, dengan tutup fliptop. Tutupnya pas awal beli sih baik-baik aja. Bisa nutup kenceng terus ga bikin produk tumpah kemana-mana. Tapi lama-lama kenapa jadi error, kaya meleset gitu terus jadi enggak bisa nutup sempurna. Tapi gapapa lah ya, untung tekstur produknya enggak yang cair terus bisa meluber kemana-mana. Jadi masih aman..


Cara Pakai
Basahi wajah dan keluarkan Acnes Creamy Wash secukupnya pada telapak tangan lalu gosok hingga berbusa. Usapkan secara merata ke seluruh permukaan wajah dan bilas dengan air.

Ingredients
Aqua (water), Glycerin, Palmitic acid, Butylene Glycol, PEG-2 Stearate, Myristic acid, Potassium hydroxide, Lauric acid, Olea Europaea fruit oil, Lauramida DEA, Potassium Lauroyl glutamate, Alcohol, Potassium chloride, Sodium hydroxide, Fragrance, Lauryl hydroxysultaine, Tocopheryl acetate, o-Cymen-5-ol, Dipotassium glycyrrhizate, CI 77288, Sodium Chloride, CI 77492, Lactic acid, Magnesium ascorbyl phosphate, Saxifraga sarmentosa extract.

Perhatian langsung tertuju ke alcohol. Pantes saja kalau dia cocok untuk kulit berminyak, secara alcohol memang akan mengikis minyak. Buat yang kulitnya kering (aku termasuk) lebih baik pakainya kadang-kadang aja ya. Daripada minyak alami kulit semakin terkikis, kulit malah bisa jadi semakin tipis dan jadi iritasi. 

My impression...
Niatnya beli produk ini cuma buat selingan aja sih. Sehari-hari aku pakai si hadalabo. Dan aku selalu punya beberapa jenis facewash. Fungsinya sekedar untuk menyesuaikan kebutuhan kulit. Kalau muka kebetulan sangat oily dan kotor, aku langsung gunakan Acnes. Tapi kalau cuma abis bangun tidur, terus muka juga cuma kena skincare, aku pakai si hadalabo. Jujur kalau si acnes aku pakainya emang bener-bener pas dirasa perlu aja.
Dari pertama pakai sebenarnya acnes ini lumayan banget. Dia bisa membersihkan kotoran dan minyak. Jadi, setelah dibilas kulit langsung tampak fresh dan  keliatan cerah seketika. Tapi setelah beberapa menit, muka kembali ke warna semula. 

Dia mudah dibusakan. Busanya pun juga cukup banyak. Kalau memang kulit kamu kering, lebih baik pakainya sedikit aja. Sebiji jagung aja udah bisa buat satu muka. Karena dengan busa dikit aja, dia udah bisa bikin muka jadi super matte. Tapi ga ada rasa kering sampai ketarik sihh.

Acnes-Creamy-WashAcnes-Creamy-Wash
  
Karena aku pakainya kadang-kadang (3-4 kali seminggu), jadi aku merasa aman-aman aja sama kulitku. Ga ada iritasi dan kulit juga gak sensitif. Semisal ada jerawat pun, dia gak berkontribusi apa-apa sih. Ya sebatas membersihkan kulit, enggak ngefek apa-apa ke jerawat ataupun bruntusan.


Uji ketahanan...
Aku pernah uji ketahanan si acnes ini. Aku pake facewash di pagi hari, dan aku gak pakai toner/pelembab setelahnya.  Sekitar 2 jam setelah cuci muka, langsung mulai minyakan. Terus aku amati lagi sampe siang hari, memang semakin berminyak.
Setelah aku lihat lagi, ada kandungan alkohol disitu. Alkohol memang bisa menghilangkan minyak secara tepat dan memberikan efek matte ke kulit, tapi penggunaan produk beralkohol jangka waktu lama bisa  membuat kulit kehilangan barrier alaminya. Jadi lama-lama kulit yang oily jadi semakin oily dan pori-pori juga semakin melebar. Ini aku kutip juga sedikit informasi dari paula's choice
"The research is clear: Alcohol harms your skin’s protective surface, depletes vital substances needed for healthy skin, and makes oily skin worse"
But for me, jadilah pengguna yang cerdas. Kalau memang kamu merasa membutuhkan tapi takut dengan efek jangka panjang, bisa kamu selang seling penggunaannya. Atau semisal setelah cuci muka jadi kering, setelah itu bisa gunakan hydrating toner atau moisturizer. 

Beberapa Alkohol aman kok...
Dan untuk informasi aja sih. Alkohol enggak semuanya bahaya, beberapa produk yang menggunakan alkohol kadang tidak difungsikan untuk melarutkan minyak, tapi untuk meningkatkan penyerapan produk yang terkonsentrasi seperti serum atau lotion.
Bahkan ada juga tipe alcohol yang masih aman digunakan untuk kulit kering, seperti yang aku kutip dari paula's choice berikut ini
"Just to be 100% clear, there are other types of alcohols, known as fatty alcohols, which are absolutely non-irritating and can be exceptionally beneficial for skin. Examples you’ll see on ingredient labels include cetyl, stearyl, and cetearyl alcohol. All of these are good ingredients for dry skin, and in small amounts fine for any skin type as they give a pleasing texture and help keep ingredients stable in products."
Intinya buat yang memiliki kulit kering silakan pakai jenis alkohol seperti Cetyl, Stearyl, dan Stearyl alkohol. Ketiga jenis itu tidak mengiritasi dan dalam jumlah yang "aman" bisa menjadikan bahan-bahan dalam suatu produk menjadi lebih stabil.

Sudah sedikit tercerahkan ya?
Yuk mulai sekarang kita bareng-bareng jadi konsumen yang pintar. Informasi sudah banyak tersedia, jadi apa salahnya selalu baca dulu sebelum membeli. Kita harus selalu belajar, komposisi mana yang sekira cocok, terus ingat-ingat juga mana yang berbahaya untuk kulit kita. Terus saat beli produk pastikan juga cek ingredientsnya.

Sekian dulu ya review kali ini. Aku suka facewash ini kalau pas kulitku lagi minyakan. Dan aku lebih rekomendasikan ini untuk dipakai selingan, bukan untuk pemakaian harian.

Thanks for reading my review. See you!!
Review Acnes Creamy Face Wash Review Acnes Creamy Face Wash Reviewed by Dini Nh on December 24, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.