Secret Key Aloe Soothing Moist Toner Review

Memakai produk baru memang rasanya penasaran tapi juga takut. Takut kalau gak cocok, takut ngerusak kulit, dan ketakutan terbesar adalah breakout. Tapi entah kenapa kulitku dengan tipe kering ini sangat bisa menerima produk baru, cepat beradaptasi, dan hampir tidak pernah menimbulkan masalah baru. Selama kita tahu bagaimana kondisi kulit kita, dan paham bagaimana cara merawat yang baik. Yakin lah, memakai produk baru itu jadi menyenangkan.

Terkait mencoba skincare baru, sejujurnya bikin review pun juga butuh waktu. Butuh beberapa kali percobaan untuk bisa tahu efek suatu produk ke kulit kita. Butuh beberapa kali percobaan sampai wajah bisa beradaptasi. Dan juga harus sabar. Kadang hanya beberapa hari kita sudah tahu hasilnya, tapi kadang juga butuh waktu lebih lama. Inilah kenapa dari kemarin postingan isinya curhat dan opini gak jelas. Karena mau review tapi belum ada materi. hehe.

Nah, sekarang aku mau review satu produk dari Secret Key yang sudah lebih dari satu bulan aku pakai. Wanna know more? Check it out!


Secret Key Aloe Soothing Moist Toner


Brand and series

Secret Key Aloe Soothing Moist Toner

FYI, Secret key punya 5 varian toner, yaitu
  1. Aloe Soothing Moist Toner - Cocok untuk kulit kering dan kulit dehidrasi, jadi si aloe ini nanti fungsinya mendinginkan dan hidrasi *alcohol free
  2. Rose Floral Softening Toner - Cocok untuk kulit kering dan kusam, si rose floral akan melembabkan, melembutkan, dan memperbaiki tekstur kulit *alcohol free
  3. Milk Brightening Toner - Cocok untuk semua jenis kulit, fungsi milk ini untuk mencerahkan dan melembabkan *alcohol free
  4. Tea Tree Refresh Calming Toner - Cocok untuk kulit berminyak dan berjerawat.
  5. Witch Hazel Pore Clear Toner - Cocok untuk kulit berminyak, dan untuk mengecilkan pori-pori.
Btw ini adalah toner secret key yang ke-3. Sebelumnya aku pakai yang varian Witch Hazel dan Milk Brightening. Biasalah wanita, kadang rasanya sudah cocok sama satu produk dan mau repurchase terus. Tapi begitu browsing dan keracunan, jadi berubah pikiran kan. hihihi

Suitable for : All skin types




Description

Aloe soothing moist toner helps with sunburn through its powerful healing activity at the skin. It acts as a protective layer on the skin and helps replenish its moisture. And Aloe Soothing Moist Toner moisturizes the skin without giving it a greasy feel, so it's perfect for anyone with an oily skin complexion. For women who use mineral based make-up, aloe vera acts as a moisturizer and is great for the face prior to the application to prevents skin drying.

Aloe soothing moist toner membantu mengurangi sengatan matahari melalui aktivitas penyembuhannya yang kuat pada kulit. Toner ini berfungsi sebagai lapisan pelindung pada kulit dan membantu mengisi kelembaban. Dan Aloe Soothing Moist Toner melembabkan kulit tanpa memberi kesan berminyak, jadi sangat cocok untuk yang memiliki kulit berminyak. Bagi yang menggunakan make-up mineral based, aloe vera berfungsi sebagai pelembab dan sangat baik untuk wajah sehingga mencegah kulit kering.

Tulisan descriptionnya kecil-kecil, kalau gak dicermati, mungkin sulit terbaca.

Netto : 245 ml / 3.38 fl.oz
Gak tau kenapa isinya selalu nanggung. Kenapa gak dibikin 250 ml gitu kan enak. Tapi yasudah lah, hanya selisih dikit juga. hehe.


Price : Rp 90.000 - Rp 130.000
Untuk range harga sekitar segitu ya, aku sendiri beli dengan harga Rp 120.000 di shopee. Lumayan juga sih, tapi awet kok. Pengalaman sebelumnya, 1 botol gede itu bisa habis sekitar 6-8 bulan, dengan pemakaian rutin sehari 3 kali. Sampe bosen pakainya. hehe.



Packaging

Di package dengan tube dari plastik berwarna bening dan lumayan bulky. Tutupnya fliptop dan bisa menutup kencang, jadi ini aman banget, anti tumpah meskipun dibolak-balik. Saat beli, produk tersegel plastik diluarnya, tanpa box. Di bawah tutup utama tersegel dengan aluminium. Jadi produk terjamin masih higienis.


Secret Key Aloe Soothing Moist Toner



Tapi sayangnya, keterangan produknya tertulis pake hangeul, dan gak ada box luar/ lembaran tambahan yang menjelaskan tentang detail produk. Jadi beberapa informasi aku kutip dari berbagai sumber.



Scent, Color, and Texture

Ini juga jadi poin penting saat mau beli produk. Karena beberapa wanita terkadang sangat benci wewangian, termasuk aku. Nah dibanding dengan witch hazel dan milk toner, scent aloe vera ini yang paling fair menurutku. Wanginya hampir mirip sama the face shop aloe vera gel, ada scent tumbuh-tumbuhan atau semacam bau daun tapi gak begitu kenceng. Masih acceptable.


Warnanya bening, teksturnya sangat cair seperti air. Begitupun waktu diaplikasikan ke kulit, ya cuma kaya pakai air tapi ada sedikit rasa licin.





Yuk lihat ingredientsnya...

Btw ingredientsnya ditulis pakai hangeul. Dan aku kurang paham gimana bacanya. Biar lebih trusted, aku mengutip dari cosdna untuk analisa ingredientsnya. Berikut ini screenshootnya. Silakan dicermati sendiri yaa...





Scoring cosdna digambarkan dari angka 1 - 9. Semakin tinggi score, semakin berisiko untuk kulit.

Dari hasil diatas, hampir semua bahan tergolong aman karena berada di angka 1.

Angka 2 hanya diduduki oleh 2 bahan yaitu Glycerin dan Camellia Sinensis Leaf Extract.
Dan angka 3 adalah Polysorbate-80.
Dan satu-satunya dengan score 4 yaitu Fragrance.

Seperti yang kita tahu, produk-produk skincare jaman now apalagi korean skincare, selalu memberikan ingredients yang aman. Termasuk secret key, selalu bebas dari Paraben, Phenoxyethanol, Mineral oil, Benzophenone, dan Animal oil.


Secret Key Aloe Soothing Moist Toner

Yang bikin seneng, komposisinya sebagian besar adalah ekstrak daun dan bunga, jadi bisa dipastikan aman untuk jangka panjang. Komposisi utamanya pun aloe vera water, bukan air. Seperti yang kita tahu, lidah buaya punya banyak manfaat untuk kulit. Selain melembabkan, aloe vera bisa menenangkan kulit dari berbagai masalah.

Baca Juga : The Face Shop 99% Aloe Soothing Gel Review


Cara pakai toner ala aku

Untuk cara pemakaian, ada 2 cara untuk memakai toner

1. With cotton pad (pakai kapas)
Penggunaan toner dengan kapas adalah yang lazim dilakukan. Caranya, cuci muka dengan face wash terlebih dahulu, keringan muka, lalu tuangkan toner ke kapas, dan usapkan ke seluruh wajah. Menggunakan kapas dianggap paling nyaman karena kapas dirasa bisa mengangkat sisa kotoran yang masih tertinggal, memberikan rasa lebih bersih, dan juga lebih berasa kesat di wajah. 

2. Without cotton pad (tanpa kapas)
Penggunaan toner tanpa cotton pad ini lah yang paling sering aku gunakan. Yaitu dengan menuangkan beberapa tetes toner ke tangan, dan langsung usapkan ke wajah. Jangan lupa tepuk-tepuk wajah hingga toner meresap.

Silakan saja mau pakai cara yang mana, yang penting bisa membuat kulit kita nyaman. Aku pribadi lebih seneng pakai langsung dengan tangan. Selain lebih melembabkan, dia jadi irit karena tidak ada produk yang terbuang di kapas.


Urutan pakai

Semenjak 1 tahun (lebih) mengimitasi skincare ala orang korea. Jadi aku bener-bener harus ngerti urutan pakainya. Prinsipnya, yang lebih cair digunakan terlebih dahulu. Nah untuk toner yang tipenya hydrating toner, bisa digunakan di urutan kedua, yaitu setelah face wash. Tapi, bisa juga digunakan setelah essence. Jadi urutannya,

Face wash - Toner - Essence, atau

Face wash - Essence - Toner.

Kalau gak pakai essence, silakan skip dan bisa langsung ditimpa serum atau pelembab.



First impression 

Dari awal udah optimis sih. Karena produk-produk yang berbau aloe vera, jarang banget gak cocok di kulit aku. Tapi gimana dengan si aloe toner ini?
Karena di varian lain aku udah merasa cocok, jadi di varian aloe vera pun aku juga gak ragu mau coba. Hampir bisa dipastikan kulit bisa nerima.

Menurutku secret key aloe soothing moist toner ini bisa dimasukkan ke jenis hydrating toner, karena dia sama sekali gak mengandung alkohol, aman untuk kulit kering dan sangat bisa dirasakan efek moisturizingnya sejak awal pemakaian. Pertama kali pakai pun rasanya sangat ringan, malah semacam ga pake toner, karena teksturnya sangat cair dan mudah diserap. Setelah sekitar 1 - 2 menit diserap sempurna, aloe toner ini memberikan efek lembab dan kulit terasa lebih berisi. Kulit benar-benar terasa terhidrasi.



After a month using this product...

Seperti yang aku tulis diatas, bahwa mengulas suatu produk itu butuh waktu. Termasuk si aloe vera toner ini. Aku butuh waktu sekitar 1 bulan untuk akhirnya memutuskan bahwa produk ini bekerja di kulit aku.

Sebelumnya aku pakai toner dari secret key yang varian Milk Brightening. Sama-sama hydrating toner, dan sangat ringan di wajah. Cuma beda claimsnya. Yang milk untuk mencerahkan, nah yang aloe ini untuk melembabkan kulit.

Dari dulu seringkali ketakutan kalau pakai toner. Karena belum tahu komposisi yang cocok, jadi asal pakai. Hasilnya malah bikin muka semakin kering, iritasi, bahkan breakout habis-habisan. Tapi sekarang udah ngerti sih, toner mana yang formulanya cocok untuk kulit aku yang kering. Dan si aloe ini bisa dibilang sangat match dengan kulitku karena alcohol free. Seperti yang kita tahu lah ya, alkohol membantu proses penyerapan produk tapi di sisi lain dia bisa meluruhkan minyak dan efeknya kulit jadi kering.

Toner memang identik dengan alkohol karena memberikan efek dingin dan segar (seketika) diwajah. Jadi kalau yang belum paham, kalau pakai toner tapi gak ada cooling sensation, dianggap belum bersih dan kaya ga pakai toner. Tapi toner tanpa alcohol pun ternyata sangat nyaman. Mau pakai se-banyak apapun tetap aman di kulit. Begitupun dengan si aloe toner ini, aku seringkali pakai langsung, tanpa kapas. Pakainya pun berlapis-lapis. Jadi ambil beberapa tetes, tap-tap ke wajah. Kalau udah diserap, timpa lagi. Kadang sampai 3 kali. Karena aku pengen kulitku bener-bener lembab. Kalo cuma satu lapis kurang bisa melembabkan, dan cuma berasa lembab seketika.

Punya wajah yang normal-kering itu memang serba salah. Kalau gak pakai apa-apa, nanti lama-lama jadi minyakan dan bikin gak nyaman. Kalo pake terlalu banyak skincare, kadang bisa cepet komedoan. Kan jadi membingungkan. Tapi ketika bisa pakai hydrating toner pun ternyata udah sangat membantu. Kulit jadi cukup lembab. Kalau pake pagi hari, nanti siang hari kulit tetep aman dan gak berminyak. As i said before, kulit berminyak itu sebenarnya sinyal (alarm) bahwa kulit butuh kelembaban. Minyak muncul sebagai pertahanan alami tubuh agar kulit tetap lembab. Minyak wajah yang jarang dibersihkan bisa menimbulkan komedo dan jerawat. Jadi, pinter-pinterlah dalam mengenali kulit agar kita bisa handle kulit kita secara maksimal.

Diatas aku juga nulis, aloe toner ini meninggalkan sedikit rasa licin di wajah. Tapi ga masalah sih, nanti beberapa menit juga bakal ilang dan diserap. Kalo lagi bepergian, bawa aja toner ini, setidaknya bisa mengamankan wajah dengan cepat. Atau bisa juga dijadikan face mist waktu muka kerasa kering atau panas.

Toner ini juga sangat membantu penyerapan produk. Setelah toner, aku pakai essence STE dan serum vitamin C. Bisa dibilang ketiga step itu Combo. Jadi toner gak bisa kerja sendirian, dia selain melembabkan, tapi sangat membantu efektivitas produk lain. Kalo malem pake 3 skincare itu, nanti paginya muka jadi fresh dan tone kulit jadi lebih fair.

Nah untuk claims soothing, aku masih belum bisa memastikan sih. Kalaupun kena sunburn, itu juga bukan sunburn yang sangat parah. Dan toner ini cuma membantu hidrasi aja. Karena belum merasakan efek soothing yang bener-bener bikin kulit adem dan sunburn jadi berkurang. Atau mungkin hidrasi itu yang dimaksud soothing? Yang jelas it does good for hydrating my face.

Komposisi bahannya juga sebagian besar ekstrak daun dan bunga, jadi sangat aman digunakan untuk jangka waktu lama. Bahan-bahan yang alami juga mencegah dari munculnya masalah baru. So far pakai toner ini gak ada purging atau breakout sih. Ga bikin muka bruntusan juga. Tapi malah bisa meredakan bruntusan. Aku kalo kena panas terlalu lama, di hari berikutnya muka jadi muncul bruntusan. Bruntusan yang tipenya merah kecil-kecil dan berisi cairan putih. Biar cepet ilang, aku sering pecahin dan habis itu pakai toner ini berlapis-lapis dan juga di dukung skincare lain. Di hari selanjutnya, bruntusan sudah mereda dan ilang gak berbekas.

Untuk jerawat, belum ada efek yang signifikan sih. Gak bikin jerawat jadi makin parah, tapi gak bikin mereda juga. Jadi sepertinya toner ini memang concern untuk soothing dan moisturizing.


Like
1. Melembabkan
2. Ringan di wajah
3. Mudah diserap
4. Tidak menimbulkan masalah baru di kulit
5. Wanginya enak dan gak mengganggu

Dislike
1. Menyisakan rasa licin di wajah
2. Harus beli online karena belum ada store secret key di indo.


Overall, aku suka toner ini dan pasti akan beli lagi.

Sekian dulu review kali ini. Semoga bisa jadi referensi buat yang mau cari toner yaa. Thanks for reading my review. See you!
Secret Key Aloe Soothing Moist Toner Review Secret Key Aloe Soothing Moist Toner Review Reviewed by Dini Nh on February 25, 2018 Rating: 5

4 comments:

  1. Halo kak, tp di ingredients nya ada snail secretion filtrate utk yg aloe vera ini. Jd ada kandungan animal derived nya gak sih?

    ReplyDelete
    Replies
    1. iyaa itu termasuk animal derived

      Delete
  2. seneng banget ada yang review ini. diantara ketiganya. aloe,witch hazel, milk brightening yang paling kaka suka rangking pertamanya yang mana?

    ReplyDelete
    Replies
    1. Paling suka yg aloe sih. Teksturnya ringan tapi tetep melembabkan, cocok bgt buat kulitku yg super kering. Thanks sudah mampir :)

      Delete

Powered by Blogger.