My Morning Skincare Routine & Budget

Pagi hari harus kita buat se-indah mungkin agar beberapa jam kedepan yang kita lewati terasa lebih menyenangkan. Cara termudah untuk boosting mood di pagi hari adalah dengan memanjakan diri. Buat aku pribadi, aktivitas skincaring itu tak pernah terlewatkan. Apalagi membayangkan hari-hari yang menyibukkan, melelahkan, menguras emosi kadang bisa merusak mood kita. Menjadi sesuatu yang wajib buatku untuk membangun mood di pagi hari, salah satunya dengan skincaring.
For me, skincaring menjadi hal menyenangkan. Apalagi ketika kita lakukan secara konsisten, dan akhirnya melihat hasilnya yang diluar ekspektasi kita. Pasti terasa terbayarkan.

Pada postingan kali ini, aku akan berikan sedikit gambaran morning skincare routine yang setiap hari aku lakukan sebelum beraktivitas beserta perkiraan budgetnya. Buat informasi saja, kulitku tipenya normal cenderung kering. Dan setiap hari aku bekerja pada ruangan ber AC (suhu 19° - 22°). Kondisi dingin membuat kulit jadi sangat rentan bermasalah, seperti kulit semakin kering, dehidrasi, atau bahkan jika kita biarkan saja kulit malah jadi berminyak. Untuk itu, hampir semua produk yang aku gunakan akan lebih fokus ke moisturizing.
Apa saja skincare yang biasa aku gunakan di pagi hari? Let's check it out...



1. Face Wash

Bangun pagi, mandi, dan jangan lupa cuci muka. Produk yang aku gunakan untuk cuci muka ada berbagai pilihan, aku sesuaikan dengan kondisi kulit. Untuk face wash, aku selalu pilih yang murah dan mudah didapat. Tapi belakangan ini yang sering aku pakai adalah Hada labo Gokujyun Ultimate Moisturizing dan Acnes Creamy Wash. Keduanya dapat membersihkan wajah dari kotoran dan sebum. Tapi aku pakai Hada Labo ketika kulit tidak begitu berminyak. Nah kalau kulit berasa sangat kotor dan berminyak, aku pakai si Acnes creamy wash. Keduanya sudah pernah aku review secara lengkap. 

2. Toner

Setelah muka bersih dan kering sempurna, aku pakai toner dari Secret Key yang Aloe Vera Soothing Moist Toner. Dia termasuk hydrating toner dan tidak mengandung alcohol. Sangat cocok untuk tipe kulit normal dan kering. Cara pakai toner sebenarnya suka-suka saja. Aku kadang pakai kapas, kadang tap-tap langsung ke muka.
Silakan pakai kapas kalau memang muka masih terasa kotor. Jadi si toner bisa mengangkat sisa-sisa minyak dan sel kulit mati. Formula secret key memang selalu cocok untuk wajahku. Teksturnya sangat ringan, gak bikin breakout dan purging, dan toner ini sangat membantu melembabkan kulit.

3. Essence

Essence pertama dan masih setia aku pakai sampai sekarang yaitu Secret Key Starting Treatment Essence. Sudah pernah aku review secara lengkap. Dan aku sudah repurchase berkali-kali, kalau enggak salah ini sudah tube yang ke-4. 
Meskipun teksturnya mirip toner, bahkan seperti air. Tapi setelah dipakai, lumayan ngefek loh. Tetep melembabkan tanpa membuat kulit berminyak. 

4. Serum

Serum yang aku pakai juga masih ganti-ganti, menyesuaikan mood dan kebutuhan kulit. Sementara ini yang sering aku pakai ada 2, yaitu Innisfree The Green Tea Seed Serum dan Probio C High Potency 10% Vitamin C Serum. Keduanya sama-sama ngefek buat kulit yang banyak blemishesnya, cepat meresap, melembabkan, tidak meninggalkan rasa berat di muka, jadi cocok digunakan di pagi hari. 

5. Moisturizer 

Sebenarnya aku kurang suka pakai moisturizer. Jadi bisa dibilang ini optional. Aku pakai kalau kulit bener-bener butuh kelembaban ekstra. Kalau lagi males, cukup sampai serum saja. Dan itupun sudah membuat kulit lembab seharian, aman untuk ruang berAC, dan yang pasti tidak membuat kulit dehidrasi.
Kalaupun pakai moisturizer, produk yang aku pakai juga yang ringan. Sebelumnya aku pakai Mizon Snail Recovery Gel Cream, tapi sudah habis dan belum sempat repurchase, jadi sekarang pakai The Face Shop Jeju Aloe 99% Soothing Gel. Keduanya pernah aku review secara detail.

6. Sunscreen

Ini yang jangan sampai ketinggalan. Kalau kamu memang lebih sering beraktivitas di luar ruangan dan terpapar sinar UV lebih dari 20 menit, lebih baik pakai sunscreen. Sunscreen yang aku pakai saat ini adalah Skin Aqua UV Moisture Gel. Dengan SPF 30 Pa++ rasanya sudah sangat cukup untuk melindungi kulit dari sengatan sinar UV. Formulanya juga ringan dan enggak bikin muka terasa berat, jadi sangat cocok untuk digunakan di pagi hari.
To be honest, aku pakai sunscreen kalau diperlukan saja. Misalnya kalau hanya pergi keluar rumah sebentar, atau terkena panas kurang dari 20 menit, aku gak pakai sunscreen. Karena chemical sunscreen tidak begitu baik kalau terlalu sering digunakan. Formulanya bisa membuat kulit rentan akan jerawat.


Total Budget

Sekarang waktunya itung-itungan. Aku akan berikan kisaran budget dari keenam morning routine diatas.
1. Face wash
Hada labo gokujyun : 17.000 - 20.000
Acnes Creamy Wash : 20.000 - 25.000
2. Toner
Secret Key Aloe Toner (248 ml) : 100.000 - 125.000 
3. Essence 
Secret Key STE (150 ml) : 165.000 - 200.000 
4. Serum
Probio-c vitamin c serum (10 ml) : 55.000 - 60.000
Innisfree The Green Tea Seed Serum (80 ml): 200.000 - 250.000 
5. Moisturizer 
Mizon snail recovery gel cream : 85.000 - 100.000
The face shop aloe vera gel : 100.000 - 130.000
 6. Sunscreen
Skin aqua uv moisture gel spf 30 : 55.000 - 65.000

*Harga diatas adalah hasil search di beberapa online store. Harga sangat beragam tergantung dimana belinya. Sedangkan harga yang aku tulis diatas adalah rata-rata harga yang ditawarkan di berbagai online store. 

Total Range Budget : 477.000 s.d 575.000

Setiap skincare rata-rata habis dalam 3 - 5 bulan. Ambil range teratas yaitu 575.000/5 , jadi biaya yang harus dikeluarkan sekitar 115.000/bulan.

Soal budget (keuangan) sifatnya relatif. Mahal atau murah tergantung dengan kebutuhan si pemakai sendiri. Jika memang dirasa penting dan kamu mulai membutuhkan skincare, silakan mencoba untuk menyisihkan uang jajan, uang belanja, dan mulai biasakan untuk membuat rancangan kebutuhan bulanan.

Nah, jika kita membeli semua produk tersebut dalam sekali waktu, pasti akan terasa menguras kantong. Berikut aku berikan beberapa tips sederhana bagi yang mau mengawali skincaring :

1. Mulailah dari step paling awal (basic)
Buat yang mau memulai pakai skincare, silakan pikirkan untuk membeli skincare yang benar-benar basic, seperti face wash, toner, dan moisturizer. Belilah produk yang benar-benar sesuai dengan tipe kulit kamu.

2. Beli dan gunakan produk secara bertahap
Skincare sekarang ini semakin hype dan banyak brand yang berlomba-lomba mengeluarkan berbagai macam produk. Jangan tergiur untuk membeli semua produk dan mencobanya dalam sekali waktu. Lebih baik beli produk yang memang diperlukan, gunakan secara bertahap, dan jangan menumpuk-numpuk banyak produk di awal-awal pemakaian agar kulitmu bisa menyesuaikan dengan produk baru tersebut.

3. Biasakan search and research 
Sekarang sudah banyak informasi tersedia yang memudahkan kita untuk "teliti dulu sebelum beli". Biasakan jadi pembeli yang efektif, artinya kita harus benar-benar tahu produk tersebut sebelum memakai. Akan sia-sia kalau kita asal beli, dan ternyata produk tersebut bukanlah yang diperlukan kulit kita, akhirnya tidak terpakai.

4. Membiasakan single use setiap memakai produk
Ini lah yang paling penting. Bagi yang mau mengawali skincaring pasti sangat menggebu-gebu pengen beli semua rangkaian produk. It's okay kamu punya uang, kamu bisa beli. Tapi, kulit kita belum tentu siap dengan produk yang bermacam-macam itu. Lebih baik gunakan satu produk, amati efeknya selama 2-4 minggu. Ketika dirasa cocok dan memberikan efek, silakan untuk menimpa dengan produk lain yang sesuai dengan kebutuhan kulitmu.
Kebiasaan single use ini juga baik untuk mengatur budgeting kita. Selama jeda waktu kulit beradaptasi, kita bisa sambil menabung dan mencari produk lain yang akan digunakan di step selanjutnya.

Kesimpulannya, untuk urusan skincare intinya harus sabar dan step by step.


Semoga tulisan singkat ini bermanfaat untuk kamu ya. Terima kasih sudah mampir. Sampai jumpa di postingan selanjutnya!


My Morning Skincare Routine & Budget My Morning Skincare Routine & Budget Reviewed by Dini Nh on February 11, 2018 Rating: 5

2 comments:

  1. Kak diantara 3 varian toner secret key yg prnah kkak coba yg paling kka suka yg ngefek di muka kaka yg manaa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. krna kulitku cenderung kering, jujur lebih suka yg aloe sama milk. Bisa bikin kulit jadi kalem :)

      Delete

Powered by Blogger.