Sekilas Tentang Essential Oils PART 2 | TOP 10 Best Essential Oils | Jenis dan Fungsi

sekilas-tentang-essential-oils

Sebelumnya mungkin sudah baca sekilas mengenai essential oil yang aku tulis di postingan kemarin. Serba-serbi tentang essential oil juga sebenarnya masih banyak banget dan aku hanya ngulik sedikit aja poin pentingnya. Bagi yang mungkin belum baca silakan mampir dulu di part sebelumnya. Nah, buat yang udah nyimak, sekarang aku akan share beberapa essential oil yang sudah umum digunakan di Indonesia. Kita sebut aja basic kit essential oil, ini adalah yang paling banyak digunakan, paling mudah ditemukan, dan memiliki segudang manfaat di setiap tetesnya. Berikut aku rangkum jadi Top 10 Best Essential Oil

1. Lavender
Lavender memiliki kemampuan yang sangat dahsyat dalam dunia essential oil. Lavender ini sepertinya jadi Queen of essential oil. Bahkan di berbagai referensi menuliskan "Everyhome should have a bottle of lavender". Lavender memiliki fungsi sebagai antibiotik, antiseptik, antidepressan, mild sedatif (penenang yang bersifat ringan), menetralkan racun, membantu proses penyembuhan dan mencegah timbulnya bekas luka, menstimulasi sistem imun, dan berkontribusi dalam proses penyembuhan luka dengan menstimulasi sel yang terluka untuk regenerasi lebih cepat.
Begitu banyaknya manfaat si lavender, makanya enggak heran kalau setiap rumah wajib punya lavender oil. Fragrance khas dari lavender juga sangat calming dan banyak yang suka, jadi seringkali dijadikan bahan untuk parfume atau aromatherapy.

2. Tea tree
Tea tree merupakan Queen of antiseptik dalam essential oil. Bahkan Valerie dalam bukunya menyebutkan bahwa kemampuan antiseptik tea tree seribu kali lipat lebih kuat dari Carbolic acid dan dia tidak beracun untuk tubuh kita. Tea tree berfungsi sebagai antivirus, antibakteri, dan antijamur. Tea tree biasanya dipakai untuk mengobati jamur candida dan beberapa jenis infeksi seperti cacing pita, luka bakar, jerawat, athlete's foot, sakit gigi, nyeri gusi, dsb.
#Carbolic acid/asam karbonat/phenol adalah agen antimikroba

3. Peppermint
Peppermint sudah digunakan sejak jaman kuno Mesir, China, dan Amerika Indian. Peppermint berperan dalam menangani masalah seputar pencernaan, pernafasan, sirkulasi tubuh. Dia juga berfungsi sebagai antiinflamasi dan antiseptik. Nah, makanya peppermint sering digunakan untuk mengatasi gangguan pencernaan, sesak nafas, flu, radang selaput lendir hidung, varises, sakit kepala dan migrain, iritasi kulit, reumatik, sakit gigi, dan kelelahan. Peppermint juga berfungsi mengusir tikus, kutu, dan semut. Hmm menarik juga yaa..

4. Rosemary
Rosemary adalah stimulan fisik dan mental. Sehingga rosemary sangat baik digunakan untuk mandi dipagi hari. Rosemary bisa memberikan mood dan suasana hati yang baik. Rosemary juga memiliki fungsi antiseptik dan sering digunakan untuk meredakan kekakuan sendi, radang sendi, reumatik, depresi, kelelahan, migrain, sakit kepala, batuk, flu, dan kondisi lain. Rosemary juga berguna untuk perawatan kecantikan seperti perawatan rambut, jerawat, dan selulitis.

5. Geranium
Geranium berfungsi sebagai antiseptik dan astringent. Sehingga seringkali difungsikan untuk mengurangi gatal-gatal pada kulit. Efek astringent yang ditimbulkan sering dimanfaatkan juga untuk perawatan kulit wajah sehingga tampak lebih glowing dan radiant. Selain itu geranium memiliki banyak fungsi untuk merawat frostbite sampai infertilitas.
6. Frankincense
Sylvia Lynne dalam bukunya Essential Oils: Beginners Guidebook Bible menuliskan mengenai frankincense oil secara detail. Secara garis besar frankincense (minyak kemenyan) yang dihasilkan dari resin pohon Boswellia ini memiliki manfaat yang lebih dominan untuk pengobatan, seperti
πŸ’¦ Menyembuhkan luka (luka sayat & luka bakar)
Jadi frankincense ini membantu regenerasi sel. Seringkali digunakan di wajah untuk menghilangkan bekas luka, jerawat, dan peradangan karena si kemenyan ini jenis essential oil yang ringan sehingga aman digunakan untuk wajah.
πŸ’¦ Mengurangi keriput dan bekas luka
πŸ’¦ Mengurangi rasa gatal
Dapat membantu mengurangi beberapa kondisi kulit seperti gatal pada kulit, kulit kering yang sampai menimbulkan rasa tidak nyaman, dan gigitan serangga. Cukup oleskan frankincense oil ini ke area yang dirasa gatal/kurang nyaman
πŸ’¦ Meningkatkan mood dan konsentrasi
Konon bau kemenyan ini sangat spesifik dan khas hingga dapat meningkatkan kondisi emosi/mood bahkan konsentrasi.
πŸ’¦ Meredakan gejala PMS seperti mual, lemas, atau sakit kepala

7. Chamomile
Chamonile berfungsi sebagai antibakteri, antiseptik, desinfektan, analgesik, diuretik, sedative, dan penenang. Namun fungsi yang paling nampak adalah sebagai antiinflamasi. Chamomile biasanya digunakan untuk mengatasi luka bakar, termasuk luka bakar akibat matahari, psoriasis, eczema, asthma, hay fever, diare, keseleo, mual, demam,

8. Patchouli
Jadi pohon Patchoulli ini mudah ditemukam dan tumbuh subur di Asia Tenggara. Indonesia sendiri adalah penghasil patchouli terbanyak, diikuti China, Brazil, dan Malaysia (Burfield, 2000)
Karena tumbuh dimana-mana dan bisa dipanen berkali-kali, makanya ga heran kalau patchoulli ini cenderung mudah didapat dan gak semahal essential oil yang lain. Nah apakah yang murah lantas memiliki kualitas murahan? Setelah aku baca-baca, dia ternyata punya manfaat yang istimewa untuk suasana hati (mood). Mau tahu manfaatnya?
πŸ’¦ Sebagai penggugah mood / uplifting blend
Cukup campur 3 tetes patchoulli dengan 1 tetes rosemary, atau bisa juga dengan carrier oil dan gunakan untuk minyak harian.
πŸ’¦ Campuran patchoulli dan lemon dapat meningkatkan semangat jiwa
πŸ’¦ Sebagai obat penenang yang ringan
πŸ’¦ Skin tonic
Patchouli ternyata memiliki efek astringent untuk kulit, sehingga biasa dimanfaatkan untuk mengatasi masalah kulit seperti wrinkles (keriput) dan pori-pori melebar.
πŸ’¦ Memperkuat sel kulit
πŸ’¦ Meremajakan kulit kering, pecah-pecah, dan kulit sensitif
πŸ’¦ Efek antiseptik
Memiliki efek antiseptik sehingga baik untuk mengatasi jerawat, luka, dan psoriasis (kondisi kulit sangat kering bahkan hingga mengelupas)
Jadi patchouli ini bisa jadi rekomendasi buat kamu yang less budget tapi pengen coba essential oil.

9. Rosehip
Jadi rosehip ini adalah biji/buah dari bunga mawar dan sangat kaya antioksidan seperti lycopene dan beta-caroten. Rosehip juga kaya akan vitamin A dan C. Fungsi utama dari rosehip oil adalah untuk merawat tanda-tanda penuaan dini. Namun tak hanya itu, kandungan asam lemak didalamnya juga dapat membantu meregenerasi kulit, mengobati dermatitis, bekas luka, warna kulit tidak merata, garis-garis halus, dan bekas jerawat. 
Buat yang lagi cari essential oil yang di khususkan untuk wajah, rosehip sudah banyak di rekomendasikan oleh para beauty expert untuk mengatasi berbagai permasalah kulit. Tekstunya yang ringan, mudah meresap, dan non-komedogenic membuat rosehip jadi sangat populer sebagai minyak untuk perawatan wajah.

10. Sweet Orange
Sweet orange essential oil diekstrak dari buah Citrus Sinensis. Komponen utama si jeruk manis ini yaitu limonene, myrcene, citronellal, neral, alpha pinene, geraniol, linalool, and sabinene. Sweet orange oil digunakan di berbagai pengobatan herbal karena memiliki seabrek manfaat, diantaranya
πŸ’¦ Antidepressan
Penggunaan jeruk sebagai aromaterapi dapat meningkatkan mood, selain itu minyak ini juga dapat mengurangi produksi kortisol (hormon stres) sehingga dapat mengurangi kecemasan.
πŸ’¦ Sedative
Jeruk berfungsi sebagai sedatif ringan, mengurangi kelelahan fisik dan mental serta nyeri. Meskipun berfungsi sebagai agen sedatif, tapi jeruk tidak mempunyai efek samping seperti efek narkotika pada umumnya.
πŸ’¦ Anti-inflamasi
Inflame (radang) adalah bagian dari mekanisme tubuh ketika tubuh terluka. Beberapa tanda inflamasi adalah bengkak, kemerahan, dan nyeri. Penggunaan Sweet orange yang tepat dapat membantu mengurangi gejala peradangan tersebut.
πŸ’¦ Antispasmodic
Sweet orange juga efektif mengurangi nyeri akibat kekakuan otot, kram, dan gangguan fungsi syaraf.
πŸ’¦ Antiseptik
πŸ’¦ Mengontrol Jerawat
Sweet orange dapat membantu mengeringkan jerawat. Penggunaan minyak ini hanya cocok dipakai untuk jenis kulit berminyak. Cukup dengan 2-3 tetes minyak dicampurkan dengan segelas air dan digunakan untuk membasuh muka sebelum tidur. Sweet orang juga berfungsi sebagi deep cleanser ketika dicampurkan dengan carrier oil. #3-4 tetes sweet orange dicampur dengan 1 sendok carrier oil dapat dijadikan sebagai makeup remover.
Nah yang perlu diperhatikan, karena orange mengandung vitamin C, dimana vitamin C terkadang raktif terhadap cahaya matahari, jadi disarankan untuk menggunakan sweet orang oil hanya pada sore/malam hari saja.
Vitamin C juga terkadang sangat sensitif dan reaktif terhadap beberapa jenis kulit, sehingga diharapkan untuk tes sensitivitas dulu sebelum memakai minyak ini.

Diatas adalah rangkuman top 10 essential versi aku.
Semuanya recommend banget untuk dicoba. Yang terpenting sesuaikan dengan kondisi kulit dan selalu cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum menggunakan. Semoga sedikit informasi ini bisa berguna buat kamu ya. Thanks for reading and see you in the next part 🎈
Sekilas Tentang Essential Oils PART 2 | TOP 10 Best Essential Oils | Jenis dan Fungsi Sekilas Tentang Essential Oils PART 2 | TOP 10 Best Essential Oils | Jenis dan Fungsi Reviewed by Dini Nh on December 19, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.