Natural Remedy dan Sekilas Tentang Essensial Oil Part 1

Mencoba beralih ke Natural Remedy dan Sekilas Tentang Essensial Oil 

Hello. Welcome back to my planet 🎀
Mungkin aku satu-satunya beauty enthusiast yang ketinggalan berita. Hari gini baru bahas natural remedy. Hari gini baru back to nature. But, it's okay, ketika kita lelah dengan semua yang melibatkan bahan kimia, memang ada kalanya kita akan kembali ke yang lebih alami. Yuk apa salahnya kalau kita coba ulas kembali mengenai natural remedy. Simak terus sampai tuntas ya...

natural-remedies-essential-oil

My opinion about natural remedy

Apa yang aku tau mengenai natural remedy mungkin sangat dangkal dan terbatas. Karena pengalaman mengenai  natural remedy juga biasanya aku dapat dari generasi sebelumnya seperti bapak-ibu-kakek-nenek. Mereka sang generasi sebelum kita sadar atau tidak, biasanya adalah para generasi natural remedy, yang mana mengembalikan sesuatu pada alam (back to nature) dan memandang produk natural atau yang disebut "herbal" adalah jawaranya. Mereka lebih percaya pada sesuatu yang alami. Karena dianggap lebih aman dan tidak ada efek samping. Sejauh ini, apa yang aku tahu soal natural remedy adalah segala bentuk pertolongan atau perbaikan tubuh yang berasal dari alam, bisa berupa cara ataupun melalui suatu bahan dari alam, dan bahan tersebut benar-benar pure tanpa tambahan bahan sintetis. Natural remedy juga cenderung sangat tradisional dan dirasa aman, karena tidak melibatkan additional substance yang neko-neko.

Kenapa natural remedy?

Segala bentuk pengobatan, perawatan, perbaikan tubuh bukanlah semata-mata hal yang dapat diterima setiap manusia. Setiap orang punya "style" sendiri dalam memperbaiki tubuhnya. Berbagai faktor memang cenderung membuat manusia takut akan berbagai macam bentuk pengobatan. Ketakutan akan perubahan atau tidak adanya perubahan merupakan ketakutan yang mendasar. Jadi akan menjadi wajar ketika setiap orang memiliki hak untuk memilih, mana yang menurut mereka baik, yang dirasa tepat dan tidak membahayakan menurut referensi masing-masing, yang dirasa memberikan pengaruh yang significant, dan yang pasti membuat mereka lega karena apa yang mereka peroleh adalah apa yag mereka inginkan untuk tubuhnya. Got it?
Jadi, keputusan beralih ke natural remedy adalah pilihan, tidak bisa dipaksakan.

Apa kelebihan natural remedy?

As i said before, semua hal yang natural cenderung bebas dari additional substance atau bahan-bahan tambahan yang mungkin bisa memberikan efek negatif ke tubuh jika digunakan dalam jangka waktu lama. Natural remedy juga bersifat dekat dengan kita. Apa yang akan kita gunakan adalah apa yang ada disekitar kita, intinya mudah didapat. As far as i know, natural remedy juga aman digunakan secara terus-menerus karena tidak mengandung bahan-bahan tambahan kimia. Karena tanpa bahan kimia tambahan, bahan-bahan alami ini akan memiliki masa simpan yang bebas dan cukup lama, salah satu penanda bahwa produk kadaluarsa hanyalah dari karakteristik berubahnya warna/wujud saja.

Apa kekurangan natural remedy?

Sudah banyak penelitian yang mengangkat bahan-bahan natural dan kandungannya. Sejak berabad-abad silam juga sudah banyak yang membuktikan bahwa bahan-bahan natural bepengaruh dalam penyembuhan. But for me, in my opinion, bahwa setiap hal pasti mempunyai sisi positif dan negatif. Berbagai kelebihan sudah aku jelaskan, lalu kekurangan yang saat ini aku tahu mengenai natural remedy yaitu
1. Bahan-bahan natural remedy cenderung diambil langsung dari alam. Bahan yang digunakan untuk natural remedy biasanya berupa bahan yang unik-khusus-spesial bahkan terkadang susah didapat.
2. Karena bahan-bahan tersebut spesial, artinya terkadang susah ditemukan, jadi akan menjadi wajar jika suatu saat akan terjadi kelangkaan produk.
3. Penggunaan natural remedy memang telah banyak dibuktikan keampuhannya, tapi di sisi lain, tidak ada takaran yang pasti mengenai dosis atau jumlah yang harus digunakan. Jadi biasanya hanya perkiraan dan takaran sederhana. Padahal kita tahu, setiap tubuh yang satu dengan yang lain itu istimewa, tidak ada yang sama, kebutuhan masing-masing tubuh itu berbeda. Jadi ada kalanya natural remedy lemah dalam hal ini.
4. Berhubung bahan natural remedy adalah bahan yang benar-benar murni, beberapa kekurangan yang bersifat material terkadang masih melekat pada produk itu sendiri. Misalnya seperti tekstur, warna, bau spesifik dan khas suatu bahan herbal. Berbeda dengan obat modern yang mungkin telah terbebas dari bau-warna-bentuk yang mungkin mengganggu para konsumennya.

Diatas adalah sedikit opini mengenai bahan-bahan natural, dan pada akhirnya setelah kita memilih mana yang terbaik, semua dikembalikan pada tubuh itu sendiri dan sang pemilik kehidupan tentunya. 

Lalu, natural remedy sangat erat kaitannya dengan produk yang akan sedikit diulas pada topik kali ini, yaitu Essential Oil. Selanjutnya akan saya singkat EO.
Informasi mengenai EO sebenarnya juga baru-baru saja aku peroleh melalui beberapa website, blog, dan beberapa forum kecantikan. EO sebenarnya bukan hal baru bagi beberapa kalangan, karena EO pertama kali ditemukan disekitar abad ke-15. Dan masih digunakan sampai sekarang. Bagi yang ingin mengetahui lebih detail mengenai essential oil, baca sampai selesai ya...

Apa itu essential oil? 

Valerie Ann Worwood dalam bukunya "The Complete Book of Essential Oils and Aromatherapy", mengungkapkan sangat detail mengenai essential oil.
"Essential oils are extracted from certain varieties of trees, shrubs, herbs, grasses, and flowers. The oil is concentrated in different parts of the plant"
(Essential oil diekstrak dari bahan tertentu baik berupa pohon, semak, herbal, rerumputan, dan bunga. Minyak tersebut dikonsentrasikan dari bagian berbeda pada setiap tanaman)
Nah, Valerie memberikan penjelasan bahwa tidak semua bagian tumbuhan bisa diekstrak jadi essential oil. Contohnya Geranium oil hanya bisa didapat dari daun dan tangkainya, ginger oil didapat dari akarnya, cinnamon oil didapat dari kulit pohonnya, dan masih banyak lagi. 
Penjelasan tersebut juga menjawab kenapa essential oil dijual dengan harga yang mahal, karena dia didapat dari bagian-bagian tertentu suatu tanaman, dan sebagai contoh adalah rose oil, dibutuhkan 60.000 bunga mawar mekar untuk mendapatkan 1 ons minyak bunga mawar. Sungguh istimewa bukan?


essential-oil

Apa sih keuntungan menggunakan essential oil?

Valerie menjelaskan sangat detail mengenai efek essential oil dalam tubuh kita. Dan aku rangkum saja garis besarnya
1. Essential oils contribute towards stimulating the body's own natural healing mechanisms.
2. The positive effect of essential oils on blood circulation is well known. They play an important part in bringing oxygen and nutrients to the tissues while assisting in the efficient disposal of carbondioxide and the other waste products that are produced by cell metabolism.
3. The general increase in blood flow improves the efficiency of the immune system and decreases blood viscosity.

1. Essential oils berkontribusi menstimulasi mekanisme penyembuhan alami tubuh
2. Efek positif essential oil dalam sirkulasi darah juga sudah sangat dikenal, yaitu mereka berperan dalam proses penghantaran oksigen dan nutrisi ke jaringan, membantu memaksimalkan pembuangan carbondioksida dan produk buangan lain yang diproduksi dari metabolisme sel.
3. Ketika aliran darah lancar, maka akan meningkatkan efektivitas dari sistem imun dan menurunkan kekentalan darah.

Apakah essential oil berbahaya bagi tubuh?

"Unlike chemical drugs, essential oils do not, as far as we know, remain in the body. They are excreted through urine and feces, perspiration, and exhalation."
(Ann Worwood)
Jadi pada intinya, essential oil tidak seperti obat kimia, essential oil tidak meninggalkan sisa di dalam tubuh kita, karena diekskresi (dikeluarkan) melalui urine dan feses, keringat, dan pernafasan.

Nah buat informasi tambahan, karena molekul essential oil itu sangat kecil, jadi dia bisa dengan mudah penetrasi (masuk) ke pembuluh darah terdekat, meskipun pemakaian hanya dengan dioles ataupun dihirup, tapi molekul essential oil bisa dengan mudah mencapai peredaran darah.

Gimana semakin menarik bukan?
Bagi yang masih penasaran, postingan kali ini aku fokuskan sekian dulu, supaya yang baca juga bisa fokus dan enggak overload alias puyeng.

Sekian dulu ya pembahasan sekilas mengenai essential oil. Untuk lebih detail mengenai jenis-jenis essential oil, cara pemakaian, dan review. Tunggu di postingan selanjutnya ya..
Natural Remedy dan Sekilas Tentang Essensial Oil Part 1 Natural Remedy dan Sekilas Tentang Essensial Oil Part 1 Reviewed by Anonymous on December 09, 2017 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.