Produk Perawatan Tubuh Terbaik Dan Ramah Kantong

Beberapa kali baca postingan di instagram ataupun sosmed lain, sering banget ada iklan tentang pemutih tubuh instan. Misalnya krim pencerah wajah, kulit putih dalam 1 minggu no tipu-tipu, atau masker pemutih wajah sekali pakai langsung kelihatan efeknya. Kalian juga pasti pernah baca yang model-model begitu. Sebagai seorang yang peduli sama kesehatan tubuh, pasti yang macam itu kita skip dan abaikan. Tapi buat orang yang beneran awam, pasti bakal kepo maksimal sampe pengen coba.

Nah begitu udah coba, barulah ada rasa kecewa muncul karena mereka cuma menang clickbait tapi produknya hmm yasudahlah. Pada dasarnya aku emang gak pernah percaya sama produsen yang punya claims serba instan. Karena instan itu berarti cepat, dan pasti ada proses yang dipaksakan disitu. Jadi gak bakal baik buat kesehatan kita kedepannya.

Nah, di postingan sebelumnya aku sempat curhat kalo aku lebih cinta sama jenis perawatan konvensional. Dimana yang diandalkan adalah kesabaran, ketelatenan, dan konsisten. Aku kurang percaya sama sesuatu yang instan, karena hasil yang baik itu diawali dari proses yang panjang bukan?


Baiklah, tak perlu lama-lama, kali ini aku mau bongkar rahasia kesehatan kulit (tubuh)ku. Aku gak mau ada rahasia diantara kita. Biar semuanya jelas, simak baik-baik yaa..

Ada buanyak banget produk untuk perawatan kulit, tapi disini aku bakal kasih tau kalian tentang satu produk yang harus kalian pakai untuk perawatan harian, yaitu VCO (virgin coconut oil) atau minyak kelapa murni. Pasti pernah denger kan?

Apa bedanya VCO sama minyak kelapa biasa? Yang pasti berbeda pengolahan dan kandungannya. VCO mengandung asam laurat yang sangat tinggi (mencapai 52%). Dalam tubuh, asam laurat diubah menjadi monolaurin yang mengandung antibiotik alami yang bekerja dengan cara merusak membran yang membungkus sel-sel kuman, virus, mikroorganisme yang mayoritas disusun oleh asam lemak. (sumber: foodtech.binus.ac.id)

Makanya vco ini sering di konsumsi langsung karena banyak banget manfaatnya untuk kesehatan. Meskipun vco ini baik untuk dikonsumsi, tapi aku gak bakal pake vco ini untuk dikonsumsi langsung. Secara ini memang pure oil, teksturnya juga minyak banget, jadi gak nyaman aja kalo harus minum ini meskipun hanya 1 sendok saja.

Lalu gimana dong cara pakainya?
Well, aku pakai vco ini buat body oil alias lotion.

virgin-coconut-oil

VCO ini ada banyak banget merknya, udah gitu belinya juga gak repot. Tinggal tanya ke apotek biasanya ada kok. Nah yang aku punya ini juga beli di apotek, harganya sekitar Rp25000 (100 ml). Aku bilang ini murah soalnya bisa dipakai berbulan-bulan, awet banget!

Masih gak percaya keampuhan vco? Yuk coba lihat kandungannya dibawah ini...

kandungan-vco

Aku pake vco untuk body lotion udah sekitar 2 tahun. Awalnya sedia vco buat campuran essential oil yang pekat, nah si vco ini sebagai carrier oilnya. Carrier oil adalah jenis minyak ringan untuk membantu melarutkan essential oil yang terkonsentrasi. Karena aku juga pengguna essential oil, jadilah aku harus punya carrier oil, nah yang paling gampang ditemuin ya si VCO ini. 



Cara pemakaian VCO

Kalau ada yang masih bertanya-tanya cara pakainya, sejujurnya simple banget kok. Kalian bisa langsung oleskan beberapa tetes vco ke kulit. Atau bisa juga dicampur dengan essential oil.

Aku punya 2 tube yang berisi pure vco dan campuran vco. Untuk yang campuran, aku biasanya taruh vco di botol bekas serum, lalu ditambah beberapa tetes essential oil (aku biasa pake lavender sama rosehip). 
Takarannya : 10 ml VCO + 5 tetes essential oil

Biar lebih jelas, bisa di cek lagi di postingan ini: Cara Pencampuran Essential Oil


botol bekas serum
Pemakaiannya 2 kali sehari, yaitu pagi dan menjelang tidur. Cara pakainya yaitu ambil secukupnya, lalu ratakan di telapak tangan sampai sedikit hangat. Kalo udah hangat, pijat-pijat lembut ke seluruh kulit kaki dan tangan. Pakainya dikit aja, cukup 7-10 tetes (untuk tangan dan kaki) biar gak ada rasa lengket yang berlebihan.


Texture and Scent

Teksturnya ini sama kaya minyak goreng, tapi lebih ringan dikit lah. Kalo yang belum terbiasa pasti rasanya gak nyaman. Semacam pake minyak goreng. Tapi tenang aja, lama-lama bakal diserap dan gak ada rasa minyakan lagi kok.

Baunya juga agak tengik-tengik mirip minyak kelapa gitu yah. Tapi kalo udah dicampur sama essential oil, bau essential oilnya pasti lebih menonjol. Tergantung essential oil yang dipakai juga sih.


Effect...

Sudah sekitar 2 tahun ini telaten pake vco buat body oil, alhamdulillah berasa banget efeknya. FYI, kulit tubuh sama kulit wajah itu beda tipenya. Kalo kulit wajah bisa kering atau berminyak, nah kalo kulit tubuh biasanya cenderung kering. Apalagi aku ini kulitnya kering banget, kulit muka dan kulit badan pokoknya serba kering. Apalagi di bagian kaki, kadang keliatan busikan banget. Jadi kaya tandus sampe ada garis-garis kekeringan gitu. Ada juga bagian kulit kaki yang sampe agak menghitam dan menebal (read: kapalan) dan letaknya di deket mata kaki.

Dulunya aku udah sempet usaha pake footcream biar si kaki ini agak lembab dan garis-garisnya tersamarkan. Eh tapi enggak ngaruh juga. Akhirnya mulai tertarik sama oil-oilan, dan mulai tau kalo oil ini ternyata bagus banget buat menjaga kelembaban kulit. Terus mulai telaten pake, dan jujur aku lebih ngerasa nyaman pake oil daripada body lotion. Aku ngerasanya lebih lembab dan bener-bener bisa nge-lock kulit biar awet lembab.

Nah, sekarang alhamdulillah kulit kering-kering dan kapalan itu udah musnah. Ilangnya juga udah skitar setaun yang lalu. Dan efek lain yaitu tekstur kulit jadi jauh lebih halus, warna kulit kaki dan tangan pun jadi lebih cerah. Pokoknya makin pede kalo pake baju-baju warna terang. Hihi. Udah gitu ini kan natural banget, jadi kalaupun dipake jangka panjang juga aman.

Gimana? Mau coba beralih ke natural remedy? Intinya, kulit sehat itu bisa didapat dari hal-hal yang sederhana kok, gak harus mahal. 

Semoga sharing kali ini bisa bermanfaat yaa. Kalo ada yang kurang jelas, silakan komen atau email yaa. Thank you 😊
Produk Perawatan Tubuh Terbaik Dan Ramah Kantong Produk Perawatan Tubuh Terbaik Dan Ramah Kantong Reviewed by Dini Nh on February 24, 2019 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.