Food is mood!

So sorry kalo jadi out of topic, out banget malah. Blogger juga manusia guys, yang masih punya kesenengan, kadang punya kegalauan, dan punya banyak hal yang bisa dibagi. Sebagian besar blog ini isinya emang bahasan seputar skincare, dan aku jarang banget cerita soal kesenengan lain. Ini kebetulan lagi pengen sharing, yaa sekali-kali agak random topic soal makan gapapa dong ya. Tapi sebenernya kalo diruntut, skincare itu juga gak bisa semata-mata soal produk yang kita pakai. Karena skincare terbaik itu ya cuma nutrisi alias makan. Percuma aja kan pakai produk mahal-mahal tapi kita jarang makan, jatuhnya malah jadi kurang gizi, kurang vitamin, dan semua sel-sel tubuh ikutan rusak. Efeknya jadi gampang sakit, keliatan pucet, badan gak fresh, pengaruhnya ke seluruh tubuh jadi jauh dari sehat kan? *bisaajangeles



Kalau ada yang tanya, apa yang bikin kamu seneng? aku akan jawab 'makan'. Kalau ada yang tanya hobimu apa? Jangan sekali-kali jawab makan juga ya. Karena makan itu bukan hobi, melainkan kebutuhan. Di pikiranku, kebiasaan makan umumnya kan sehari 3 kali. Kalau 'hobi' makan, bisa aja setiap waktu isinya cuma makan dan makan dalam frekuensi yang lebih sering. Itu yang ada di pikiranku sih.
So that's clear for me, i need to eat, and my hobby is writing, tho. Kinda bit like that.

Sampe Isyana Sarasvati, si composer muda berbakat itu pun kalau ditanya apa yang bikin bahagia, dia cuma jawab 'makan'. Apa yang di lakuin kalo lagi gak mood? Isyan juga jawab makan. Dan gak heran setiap doi konser, selalu ada makanan favorit di mejanya. Dan Isyana pun langsung happy tiada tara ketika udah ketemu sama kecintaannya, yaitu martabak. Epic kan? Musisi keren, muda, cantik, lucu, pinter, pun dengan makan martabak doi langsung jadi happy dan maksimal saat manggung. Btw aku bukan asistennya Isyana kok, sekedar tau aja. Hihi.

Aku pun juga gak tau mulai kapan suka makan, tapi yang jelas dari dulu emang udah interest sama makan. Makan apapun. Kebegoan semakin menjadi-jadi ketika kebetulan rekan kerja pehobi makan semua. Meskipun sebagian besar udah lumayan berumur *akujuga tapi mereka sangat enjoy ketika harus pergi, jalan, ataupun usaha dikit buat sekedar makan. Jadi gak heran tuh, kalau kerjaan udah kelar, sering banget nyempetin melancong ke luar daerah cuma buat makan. The point is not only the food anyway. Ketika bisa makan, duduk bareng, dan cerita berbagai macam hal sama partner itu udah jadi cerita tersendiri. Sesuatu yang dalam itu mulainya dari yang ringan dulu kan? Bahkan dari makan, terkadang obrolan jadi dalam. Nanti yang tua jatuhnya curhat, yang muda jadinya baper. huh

Seperti judulnya ya, food is mood. Intinya food brings back my mood. *tapicitacitakurus


Mood (suasana hati) bisa dibangun dari banyak hal. Buatku pribadi, makan membawa ke suasana hati yang menyenangkan. Sampe pernah waktu itu makan sama temen di tempat yang udah di rencana dari lama, begitu aku merasa klop sama menunya, dan mulai makan, temen cuma bilang kira-kira begini, "cewek kadang simple, kalau lagi galau cukup kasih makan enak, doi pasti langsung cantik cerah happy seketika". Hell kan yaa. hahaha


Meskipun makan memang kebutuhan dan sebuah 'mood', tapi sebenernya yang terjadi bukan yang setiap detik makan, setiap waktu kulineran, bukan. Urusan makan emang penting, tapi tetep enggak membutakan kok. Hanya di waktu dan kondisi tertentu makan menjadi suatu alasan. Misalnya kalo lagi sedih, ada hal yang perlu dibagi, bosen, atau butuh suasana beda, nah bisa tuh ajak temen/ keluarga ngobrol diluar sekalian makan. Dan dari situ, ketika kita menikmati rasa dari sebuah makanan dan tastenya klop dengan selera kita, bisa jadi produksi hormon endorphin seketika meloncat tajam. Perasaan jadi lebih baik, perut kenyang, hati pun senang. LOL. Ini bukan ngeles, tapi memang begitu faktanya.

Selain itu, aku suka suasana ketika setidaknya masih ada orang (teman/keluarga) yang bisa menjadi partner kita. Bukan hal yang mudah untuk bisa meluangkan waktu keluar hanya sekedar makan. Tapi so far, temen dan keluarga juga punya kesenengan yang sama. Jadi biasa tuh kalau ada ciwi-ciwi yang tiba-tiba ngajak makan diluar tanpa alesan, tapi aku paham bener lah kalo ada sesuatu dibalik makan. Makannya 5 menit, doi ceritanya 3 jam. Biasa. Aku cukup jadi good listener, dan jadi penikmat makan yang sesungguhnya. Doi pun asik keluarin uneg-unegnya sambil makan pula, dan aku cukup iya-iyain aja. hihi. Tapi gak masalah. Ingat! ketika makan dan seseorang menikmatinya, hormon endorphin bisa meningkat, efeknya seseorang bisa bahagia, mood membaik, dan pikiran cerah ceria. Jadi, walaupun aku gak punya solusi dibalik masalahnya, tapi doi udah dapet moment yang pas buat berbagi. That's why, food is mood menjadi sebuah cerita yang panjang. Makan gak cuma sekedar makan, tapi ada cerita tersendiri di balik itu.

Beberapa hari yang lalu, sengaja janjian ketemu temen kerja, pengen makan sambil ngobrol. Ngobrol sama temen kerja? Apasih yang lu omongin sama temen kerja? Kan tiap hari ketemu? Kan tiap hari udah ngomong? Okelah tiap hari ketemu, tiap hari ngomong dan baik-baik aja. Tapi omongan di khalayak umum kan cuma bisa haha hihi aja, gak ada yang mendalam kalo didepan banyak orang. Nah sengaja cari atmosphere yang lumayan syahdu buat makan dan curhat. Curhat pun juga bukan urusan yang urgent, masalah sepele anak muda kebanyakan. Tapi kita happy, setidaknya kita udah menyempatkan waktu buat sekedar makan, cerita, dan bebas ungkapkan semua perasaan. Di dukung vibe tempat yang memang menyenangkan, setelah kegalauan terungkapkan, bisa ketawa-ketiwi juga kan akhirnya.

Beberapa kali pergi ke tempat makan, tapi jarang fotoin tempatnya. Kemarin kebetulan sempat foto meski cuma dikit. Aku gak bisa capture sesuatu dengan baik. Tapi dibawah ini yang aku maksud vibe yang menyenangkan. Pas sore hari, ada semacam efek tyndall dari sinar matahari, sinarnya bisa masuk di pojok ruangan. Aku ingat betul, waktu itu temen pas cerita soal kerinduan ke ibunya yang cukup mendalam. Syahdu.


Ada yang bagus juga nih, sandal teplek nampang dikit yaa. hihi



Inilah sedikit ceritaku tentang makan. Aku orangnya simple kok, when im in doubt, give me a good food.

Food is mood! Food is mood! Reviewed by Dini Nh on April 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.