Tea Tree Oil The Body Shop VS Produk Lokal (Acne Spot Treatment)

Sebenernya udah lama pengen nulis dua produk hype ini. Tujuan nulis ini cuma mau membandingkan mana yang lebih ampuh untuk mengurangi jerawat. Produk yang aku pakai yaitu si hits The Body Shop Tea Tree Oil dan Amethyst Tea Tree Essential Oil. Keduanya merupakan produk tea tree oil, lalu mana yang lebih ampuh?


Sebelumnya aku ulas sedikit tentang tea tree oil.

image source: aromaticstudies.com

Tea tree oil didapat dari ekstrak minyak dari pohon teh yang di proses dengan coldpress atau distilasi.

Tea tree oil diketahui dapat menembus sampai ke sel kulit. Tea tree oil berisi antiseptik dan antijamur yang dapat membantu membunuh bakteri. Manfaat antiseptik dari tea tree oil dapat membantu membersihkan noda di kulit dan membuat kulit tampak lebih bersih. Bahkan tea tree oil memiliki efek yang hampir sama dengan benzoyl perokside. Penelitian menunjukkan 5% tea tree oil gel efektif untuk perawatan jerawat. Meskipun cara kerja tea tree oil relatif lebih lambat, tapi lebih baik dibanding benzoyl peroksida. Karena benzoyl perokside memiliki sifat sebagai agent keratolitik (menghilangkan lapisan keratin kulit) sedangkan tea tree oil tidak.
(Source : Australian Tea Tree Oil Guide: First Aid Kit in a Bottle by Cynthia B. Olsen)

Kutipan diatas merupakan salah satu referensi yang mendukung bahwa tea tree oil memang bermanfaat sebagai antiseptik. Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab utama jerawat adalah bakteri Propionibacterium acnes. Bakteri ini merupakan flora normal pada kulit, namun akan menjadi bakteri patogen ketika kondisi kulit tidak terjaga dengan baik. Misalnya ketika kita kurang menjaga kebersihan kulit, kulit akan tersumbat oleh kotoran dan sebum (minyak), kotoran tersebut akan menumpuk dan menutup pori. Disaat bersamaan, pori-pori yang tersumbat merupakan media yang baik bagi bakteri P. acnes untuk berkembang biak. Bakteri tersebut akan menghasilkan zat iritan yang menyebabkan jaringan kulit meradang dan bengkak, sehingga muncul jerawat. Jadi, sangat masuk akal ketika manfaat antiseptik yang ada dalam tea tree digunakan untuk mencegah berkembangnya bakteri P. acnes si penyebab jerawat.

*Antiseptik (germisida) adalah senyawa kimia yang digunakan untuk membunuh atau menghambat pertumbuhan mikroorganisme pada jaringan yang hidup seperti pada permukaan kulit dan membran mukosa. (wikipedia)

Siapa sih yang gak tau tea tree oilnya TBS? Aku pun sempat jadi korban hypenya produk ini, sempat coba dan pernah aku review juga. TBS punya rangkaian skincare yang semuanya mengandung tea tree dan ditujukan untuk kulit berminyak. Berhubung kulitku bukan tipe yang berminyak, jadi aku memutuskan beli tea tree oilnya aja sebagai acne spot treatment.

Kalo Amethyst sendiri merupakan brand lokal dengan claim organic certified yang khusus memproduksi beberapa produk seperti essential oil. Aku putuskan pake brand lokal juga sebagai salah satu bentuk support ke produsen lokal. Karena mereka memproduksi berbagai macam produk yang cukup variatif dan semuanya layak dicoba.

Satu hal yang bikin aku akhirnya compare TBS sama produk lokal, karena ternyata tea tree oil sudah banyak beredar di pasaran lokal dengan komposisi yang lebih sederhana. Untuk lebih lengkap, simak detailnya dibawah ini yaa


Ingredients

Untuk komposisi dari kedua produk sangatlah berbeda.

TBS ingredients :
Aqua/water/eau, Alcohol Denat, Polysorbate 60, Melaleuza Alternifolia leaf oil/ Melaleuza Alternifolia (tea tree) Leaf oil, Limonene, Calophyllum inophyllum Seed Oil, Citral, Citronellol, Leptospermum Petersonii Oil, Tocopherol.

Amethyst Ingredients :
100% pure tea tree oil.

TBS mengandung 15% tea tree oil, sedangkan amethyst 100% tea tree oil.

Karena berisi tea tree oil 100% murni tanpa tambahan bahan lain, kadang menimbulkan reaksi sensitif ke beberapa kulit, jadi lebih baik gunakan secukupnya atau bisa juga gunakan carrier oil untuk mengurangi konsentrasi tea tree oil itu sendiri. Tentang carrier oil sudah pernah aku bahas secara detail. Kalau mau baca-baca lagi, silakan cek link ini : Carrier Oil.


Texture, Color, Scent

TBS: Cair tapi sedikit berminyak. Lengket ketika kena kulit, dan sulit diserap. Warnanya bening jernih. Wanginya persis seperti minyak kayu putih.


Amethyst : Teksturnya sangat cair, tidak berminyak sama sekali, dan mudah diserap. Warnanya bening. Wanginya pun sama persis seperti minyak kayu putih.


Cara Pakai

Cara pakai kedua produk ini sama.
Cukup dioleskan ke area yang ada jerawatnya saja. Tapi sedikit perhatian untuk yang amethyst. Karena dia merupakan essential oil murni dan komposisinya 100% tea tree oil, jadi bisa gunakan tambahan carrier oil untuk mencegah iritasi. Tapi ketika kulitmu baik-baik saja, silakan pakai langsung. 

Aku sendiri kurang nyaman kalau pakai langsung ke kulit, jadi seringkali aku campur 2-3 tetes ke dalam 15 ml aloe vera gel, baru di aplikasikan ke kulit. 


Price

Nah ini yang bikin kacau. Salah satu alasan coba produk lokal ya karena harganya. Yuk coba bandingkan

TBS : Rp 119.000 (10 ml) kandungan 15% tea tree oil
Amethyst : Rp 55.000 (10 ml) kandungan 100% tea tree oil




Gimana efeknya?

The Body Shop
Untuk first impression, pakai tea tree oil rasanya mirip pakai minyak kayu putih. Ada rasa adem di kulit beberapa saat. Kalo yang gak tahan mungkin jatuhnya jadi rasa panas. Tapi buatku gak masalah, dan gak mengganggu sih. Malah berasa ngademin jerawat.

Banyak yang bilang bahwa tbs ini memberikan hasil yang memuaskan jika digunakan ke jerawat yang benar-benar dalam fase meradang. Aku pun setuju. Mukaku memang kering, tapi sering tiba-tiba muncul jerawat 1 - 2 dan tipenya yang bengkak merah gede. Biasanya aku pake 2 - 3 kali sehari. Meskipun enggak menghilangkan jerawat dalam semalam, tapi buatku tbs tea tree oil ini sangat membantu mengurangi bengkak si jerawat. Semisal pakai malam hari, nanti paginya jerawat bisa lebih kalem. Ya meskipun gak bener-bener ilang, tapi bengkaknya bener - bener berkurang. Coba telaten pake, nanti di hari ke-5 pasti jerawat udah kempes dan gak jadi muncul.

Amethyst
Aku sempat experimen pakai tea tree essential oil dengan 2 cara

1. Langsung apply
Jadi pertama kali pakai memang kerasa banget tea treenya. Ada rasa dingin semacam mint tapi lumayan kenceng, lebih kenceng dari tbs. Hmm rasanya persis kaya pake minyak kayu putih. Tapi beberapa saat rasa dingin/panas itu ilang kok.

Aku akan cerita gimana efeknya kalau dipakai langsung.
Sebenernya karena ini spot treatment, jadi boleh banget kalo mau dipake langsung ke kulit. Tapi perlu di ingat, gunakan hanya di area yang berjerawat ya. Hati-hati kalo ada kulit yang luka/lecet/jerawat yang udah pecah, kalo kena bisa perih banget rasanya.
Aku pakainya sebelum jerawat benar-benar muncul. Kadang kan kita udah kerasa ya, kalo mau muncul jerawat, biasanya kulit berasa kenceng, terus agak pegel. Nah kalo udah ada tanda-tanda semacam itu, lebih baik pakai langsung. Maksudnya biar si essential oil lebih cepet meresap ke jerawat yang mau numbuh, sampe ke akar-akarnya. Tapi ini cuma pemikiran asal-asalan aja ya. Tapi, hasilnya lumayan juga loh. Kurang dari 5 hari, nanti jerawat beneran gagal numbuh. Kalau muncul pun, jatuhnya juga gak yang merah bengkak. Jadi pemikiran asal-asalan ini kayanya ada benernya sih. hihi.

Nah kalau jerawat udah terlanjur tumbuh, kadang kan tampilannya merah bengkak kadang berisi cairan putih. Kalo pake tea tree oil langsung memang rasanya perih banget, tapi tahan aja. Beberapa detik juga ilang sendiri kok. Efeknya, tea tree oil ini bisa bikin jerawat cepet mateng. Aku coba pake 3 kali sehari di jerawat yang udah terlanjur numbuh, di hari berikutnya jerawat udah mateng, jadi aku pecah dan keluarin si cairan putih bair jerawat cepet kering. Nah kalo udah kering, tetep pake aja meskipun perih, nanti bekasnya pasti cepet ilang.

2. Campur dengan skincare lain
Campuran favorit ya aloe vera gel. Yang aku pake The Face Shop Jeju Aloe 99% Fresh Soothing Gel. Kenapa mesti dicampur? Jujur kadang gak tahan sama rasa panasnya, apalagi kalo kena kulit yang lecet, bisa perih banget. Jadi aku sok-sok experimen campur tea tree oil ini pake aloe gel. Bisa juga dicampur lotion/pelembab/skincare lain kok, bebas, yang penting kulitmu nyaman.

Caranya : 
Campur 5 tetes tea tree essential oil dengan 15 ml aloe gel.

Aku pakai jar bekas laneige sleeping mask buat campuran ini, dan aku simpen di kulkas biar ada efek dingin waktu dipake. Efeknya gimana?
Campuran ini berguna banget buat ngatasi jerawat yang udah terlanjur tumbuh. Bisa dipakai 2-3 kali sehari. Efeknya lumayan, 2 - 3 hari jerawat akan kering dan kadang makin mateng. Tapi campuran ini berguna buat yang gak tahan sama rasa panasnya tea tree oil. Udah gitu ada aloe vera gelnya juga berguna untuk mengurangi proses peradangan, jadi efeknya lebih bisa dirasakan.

*Sorry belum bisa share foto before-after, kadang masih kurang pede sama tampilan muka yang lagi jerawatan. Tapi review ini dibikin sejujur-jujurnya kok.


WHICH ONE IS BETTER? TBS OR AMETHYST?

Dari review diatas, aku bisa simpulkan kedua produk sama - sama punya efek untuk mengatasi jerawat. TBS lebih berguna kalo dipake ke jerawat yang udah meradang, kalo si Amethyst lebih ngefek dipake ke jerawat yang mau numbuh. Sorry to say, aku pun bingung banget mana yang lebih baik, karena memang keduanya worth it. Meskipun dari sisi harga memang sangat beda jauh, tapi produk lokal ini bisa banget jadi pilihan kamu yang low budget tapi pengen cobain acne spot treatment. Untuk hasilnya, mungkin bisa berbeda-beda ya, tergantung jenis kulit dan tipe jerawat kamu. 

Sekian dulu sharing kali ini. Semoga bermanfaat ya :)

Tea Tree Oil The Body Shop VS Produk Lokal (Acne Spot Treatment) Tea Tree Oil The Body Shop VS Produk Lokal (Acne Spot Treatment) Reviewed by Dini Nh on April 25, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.