(Spot Treatment) Tea Tree Essential Oil Review | Ampuh Atasi Jerawat

Udah lumayan lama gak berkutat dengan esssential oil. Sebenernya masih ada beberapa produk essential oil yang belum sempat aku review, salah satunya yaitu tea tree oil. Tea tree oil sudah lama digunakan di dunia kecantikan sebagai antiseptik, terutama sering dimanfaatkan untuk perawatan jerawat.

Seperti yang kita tahu, salah satu penyebab jerawat yaitu bakteri Propionibacterium acnes, dimana bakteri tersebut merupakan flora normal pada kulit. Namun ketika kulit dalam kondisi kotor, pori-pori tersumbat, bakteri P. acnes akan berkembang dan menghasilkan zat iritan sehingga lapisan kulit bengkak, dan jadilah jerawat.

tea-tree-essential-oil

Sejauh yang aku tau, ketika cari tea tree oil pasti yang muncul dari brand the body shop. Karena memang banyak yang cocok dan sejauh ini cuma tbs lah yang punya acne spot treatment dengan memanfaatkan antiseptik dari tea tree oil. Aku juga pernah coba tea tree oilnya tbs, lebih lengkap silakan klik link Review The Body Shop Tea Tree Oil.

Tapi karena tbs agak pricey dan kandungan tea treenya cuma 15%, aku mulai mikir-mikir kalo mau repurchase. Setelah cari sana sini, ternyata baru sadar, kalo produk lokal udah banyak banget yang produksi tea tree oil. Dan pilihan jatuh ke Amethyst. Aku belinya juga mikir lama, karena banyak banget brand lokal yang punya produk semacam ini. Setelah baca-baca review, amethyst ini cukup dilirik. Selain tea tree oil ini, aku juga beli rosehip oil yang konon bagus buat darkspot dan anti-aging. Sudah pernah aku review ya, silakan cek Review Rosehip Essential Oil.


Packaging
Dari packagingnya juga udah cukup standar untuk penyimpanan essential oil kok. Berupa botol kaca warna gelap. Tutupnya ulir, aman kalo dibawa-bawa dan anti tumpah. Sayangnya di kemasan masih minim info terkait detail produk. Jadi beberapa informasi cuma aku ambil dari descriptionnya si seller.

Price      : Rp 55.000
Netto      : 10 ml
Contain : 100% pure tea tree (Melaleuca alternifolia) essential oil

(Melaleuca alternifolia)
source : mytreelove.com
Claimnya tea tree oil ini sudah organic certified, dan di proses dengan coldpress atau distilasi, jadi bisa dipastikan kandungan tea tree oilnya gak rusak.

Cara Pakai
1. Langsung 
Memakai langsung yaitu dengan mengambil beberapa tetes essential oil dan langsung mengaplikasikan ke jerawat. Cukup aplikasikan ke jerawat aja ya, jangan diratakan ke seluruh muka. Pemakaian langsung essential oil memang sangat berisiko terhadap kulit yang sensitif. Kalau kamu ragu untuk pakai langsung, bisa lakukan patch test dulu. Ambil sedikit tea tree oil, oleskan ke dahi atau belakang telinga. Amati selama 24 jam, kalau gak timbul reaksi tertentu di kulit, berarti kulitmu bisa menerima.

2. Dicampur
Pencampuran bisa dilakukan dengan carrier oil ataupun skincare lain. Untuk carrier oil, silakan pilih yang sesuai dengan kulitmu. Karena beberapa carrier oil teksturnya sangat thick dan tidak ramah pori-pori. Contoh carrier oil yang ringan dan mudah didapat yaitu sweet almond oil dan virgin coconut oil. 
Sedangkan untuk pencampuran dengan skincare lain, sebenernya ini hasil modifikasi sendiri sih. Karena takut iritasi, jadi aku campur dengan aloe vera gel yang aku punya. 
Caranya : 
Gunakan jar bersih yang gak kepake.
Jumlah campurannya yaitu 10 ml aloe vera gel ditambah dengan 5 tetes tea tree oil.
Pakai 2-3 kali sehari di jerawat yang meradang.
Sisanya bisa di simpan di kulkas.

Lalu, cara pakai manakah yang lebih baik? Simak terus, akan aku ulas secara detail dibawah yaa.


First impression

Aku udah ga begitu kaget dengan tea tree oil. Udah cobain the body shop, dan ini gak begitu beda jauh sih. Memang dulu awal-awal pake tbs sempet kaget, karena memang aneh dan semacam pake minyak kayu putih. hihi. Untuk amethyst ini pun scentnya persis banget sama minyak kayu putih. Begitu kena kulit pun juga rasanya adem, lumayan lah buat calming jerawat. Teksturnya juga hampir sama kaya minyak kayu putih, cuma si amethyst ini agak oily. 


tea-tree-essential-oil


Result

Sejujurnya aku jarang banget jerawatan. Jerawat bener-bener muncul kalo pas siklus bulanan. Kadang juga muncul kalo abis pergi, terus males bersihin muka, bangun tidur pasti muncul beberapa jerawat.

Tapi sejauh ini, pemakaian tea tree oil dari brand lokal cukup memberikan kesan tersendiri. Btw, tea tree oil bisa digunakan untuk macem-macem ya. Aku pribadi sering gunakan si tea tree oil untuk acne treatment dan untuk body oil juga. Akan aku bahas satu-satu hasilnya

Pertama, sebagai acne treatment
Karena dia 100% essential oil, jadi waktu kena kulit berasa banget efeknya. Langsung dingin, semacam ketempelan permen mint. Cucok lah kalo pas di aplikasikan jerawat, bisa bikin jerawat adem. Tapi kalo yang gak betah sama rasa dinginnya, aku sarankan pakai carrier oil atau campur dengan skincare lain.

Aku pun kurang nyaman kalau pakai langsung, jadi aku campur sama aloe vera gel. Caranya sudah aku tulis diatas ya. Dibanding kalau dipake langsung, pencampuran dengan aloe gel ini hasilnya lebih efektif menurutku. Kalau dipake langsung, kadang berasa perih banget, dan jerawat yang meradang bisa kempes 4-5 hari.  Nah kalau dicampur aloe vera gel, 2-3 hari udah jauh membaik, kemerahan berkurang, dan bekasnya juga cepet ilang. Mungkin efek aloe veranya juga kali yes.

Kedua, sebagai body care
Kalo ini jelas harus dicampur dengan carrier oil. Kalo dipake langsung bisa boros banget dong. Campurannya terserah aja sih, bisa 10cc carrier oil ditambah 5 tetes tea tree oil. Atau silakan modifikasi sendiri sesuaikan dengan kondisi kulitmu. Aku punya kulit (badan) yang super sensitif dan banyak masalah. Sedikit aja kena bahan yang kurang bersahabat, pasti langsung gatel, merah-merah, atau mengelupas. Setelah kenalan sama tea tree oil ini, ga tau kenapa kulit jadi lebih nyaman.

Cara pakainya, aku campur dengan sweet almond oil. Sweet almond oilnya sekitar 10 cc, dan tea tree oilnya 3-5 tetes. Campuran ini aku pake sehari 1-2 kali sebagai pengganti body lotion, malem sebelum tidur sama pagi habis mandi. Wanginya yang semacam minyak kayu putih sangat menenangkan dan gak menggangu sama sekali. Yang pasti efek antiseptik dari tea tree oil ini cukup ampuh. Kalo kulit lagi alergi, gatel-gatel, terus ada ruam-ruam merah, pakai tea tree oil ini membantu banget kok. Bisa mengurangi gatal, dan merah-merah jadi jauh berkurang. Sweet almond oilnya juga bikin kulit halus dan lembab. Intinya, pake essential oil emang gak pernah salah.

Lalu, gimana kalo dibandingkan dengan tea tree oilnya the body shop? Next, akan aku buat perbandingannya. Stay tune terus ya..

(Spot Treatment) Tea Tree Essential Oil Review | Ampuh Atasi Jerawat (Spot Treatment) Tea Tree Essential Oil Review | Ampuh Atasi Jerawat Reviewed by Dini Nh on April 19, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.