Mau mulai pakai skincare, mana dulu yang harus di beli?

Mungkin mulai banyak yang resah dengan masalah kulit, dan akhirnya harus berkutat dengan produk - produk yang dapat mengatasi masalah tersebut. Bagi yang pertama kali pakai suatu produk terutama skin care, pasti ada rasa takut dan ragu. Antara pengen beli, tapi takut enggak cocok. Kalau enggak beli, nanti masalah kulit tak kunjung usai. Galau kan yaa…


Di pembahasan kali ini, aku akan share sedikit mengenai produk-produk yang bisa disebut sebagai must have item buat yang mau memulai merawat kulit. Tapi sebelumnya, ada beberapa tips yang perlu diperhatikan sebelum beli berbagai produk, yaitu 

1. Kenali tipe kulitmu
Ini penting dan utama. Kita harus tau tipe kulit kita, apakah normal, kering, berminyak, acne-prone, atau kombinasi. Nah setelah tau tipe kulit dan sebelum benar-benar memutuskan untuk pakai skin care, lebih baik pahami juga karakter kulit atau ciri khas kulit kita. Misalnya : kulit terasa kering di pagi hari, kulit mulai berminyak di siang hari, kulit menjadi iritasi setelah terkena panas matahari, atau muncul bruntusan setelah berpanas-panasan, dll.

2. Pilih produk yang sesuai dengan tipe kulit
Setelah tipe kulit dan karakternya kita pahami, mulailah untuk cari rekomendasi produk sesuai dengan tipe kulit kita. Komposisi produk untuk setiap jenis kulit pasti berbeda, jadi pastikan memilih dengan tepat ya.

3. Sesuaikan dengan budget
Budget memang menjadi pertimbangan utama buat yang mau memulai skin caring. Untuk awal-awal pemakaian, lebih baik pilih produk dengan harga menengah-kebawah. Karena produk-produk yang cenderung mahal belum tentu memberikan efek yang cepat juga untuk kulit. Dan produk dengan harga yang lebih terjangkau pun juga gak selalu buruk. Daripada beli produk mahal lalu gak cocok, lebih baik gunakan produk – produk yang lebih terjangkau dulu kan? Tapi urusan budget memang relatif kok, kalaupun memang sudah berniat alokasi budget ke produk - produk yang pricey pun juga tidak jadi masalah. 

Kalau sudah tau tipe kulit, list produk, dan sudah menyiapkan budget, lalu produk apa yang harus dibeli terlebih dahulu? 

Skin care itu bukan soal banyaknya produk yang dipakai ya, melainkan treatment yang tepat dan nyaman untuk kulit. Demi kenyamanan kulit, belilah produk basic yang bisa dipakai sehari-hari. Beberapa basic skin care untuk yang mau memulai skin caring adalah 

1. Sabun muka (Face wash )

Satu-satunya cara merawat wajah yang paling sederhana yaitu dengan cuci muka. Di pasaran sudah banyak di jual berbagai macam merk sabun muka dengan berbagai claimsnya. Belilah sabun muka yang sekiranya sesuai dengan jenis kulit. Dan pastikan sabun muka yang digunakan tidak membuat kulit kering atau iritasi. Beberapa rekomendasi sabun wajah yang ringan dan pernah aku coba silakan baca di link ini ya Rekomendasi Sabun Muka Untuk Kulit Kering dan Sensitif.

2. Toner

Toner jadi barang wajib buat pemula. Diawal pemakaian mungkin akan terasa 'aneh' karena muka terasa basah dan lengket. Tapi dibalik itu, toner punya berbagai fungsi yang baik untuk kulit lho. Selain mengembalikan pH kulit, toner juga berfungsi mempersiapkan kulit agar lebih lembab dan siap untuk ditimpa produk lain. Kalau udah biasa pakai toner, nanti efeknya lama-lama berasa kok. Produksi minyak pastinya akan lebih terkontrol, wajah akan lebih lembab, dan tone kulit lebih merata. Rekomendasi toner yang ringan dan bisa untuk semua jenis kulit silakan klik link ini (macam toner)

3. Light Moisturizer

Kadang gak setiap wanita suka pakai moisturizer. Kenapa? Karena mereka belum mengenali wajah mereka dengan baik. Jadi yang terjadi adalah, memakai moisturizer asal-asalan tanpa memperhatikan tipe kulit dan karakter kulit. Akhirnya, banyak kejadian kulit yang berminyak jadi semakin berminyak. Kulit yang kering berasa berat. Dan sering terjadi breakout
Untuk itu, penting diketahui kalau pelembab itu gak melulu yang berbentuk cream. Ada berbagai jenis pelembab dengan tekstur yang lebih ringan, bahkan sangat cair, contohnya Lotion. Bukan lotion untuk badan yaa. Lotion ini berbentuk cair, ringan, mudah diserap, dan dipakai setelah toner. Fungsinya juga untuk melembabkan kulit. Rekomendasinya ini nih hadalabo lotion.

Pakai 3 item diatas selama beberapa waktu. Untuk lebih aman, beri jeda 2-3 minggu untuk setiap produk baru. Amati kondisi kulit, kalau memang cocok dan gak ada masalah, kamu bisa memulai membeli skin care lain yang mengandung bahan aktif dan terkonsentrasi. Apa aja contohnya? besok akan aku share di postingan selanjutnya yaa.

Sekian sharing kali ini, semoga bermanfaat.

Mau mulai pakai skincare, mana dulu yang harus di beli? Mau mulai pakai skincare, mana dulu yang harus di beli? Reviewed by Dini Nh on June 06, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.