Seputar Kulit Kering Dan Rekomendasi Produk

Hi. Sorry sebelumnya, belakangan ini jarang posting. Masih males-malesan kebawa suasana Lebaran, udah gitu lagi banyak libur, penulis juga butuh liburan biar semakin sehat jiwa raga dooong. Ciyelaah...

Buat yang ngikuti blog ini pasti tau banget kalo aku punya kulit kering, kadang sensitif, dan kadang jerawatan. Kulitku bisa sensitif kupikir karena barrier (pelindung) kulit yang gak oke, jadi kena apa dikit pasti langsung jadi over-reacted. Kulit kering memang memiliki barrier yang buruk, jadi wajar kalau kulit jadi berasa tipis dan lebih sensitif. Analogikan aja sama mata kita ya, kalau mata kita gak dilindungi kelopak, pasti kena angin pun bisa langsung merah, gatel-gatel. Begitupun kulit, kalau pelindung alami kulit menipis, pasti kulit jadi lebih rentan sensitif sama apapun. Itu cuma dugaan sementara sih.

Tapi secara anatomis, kulit memang punya lapisan yang disebut stratum korneum. Biasa juga disebut moisture barrier, skin barrier, atau lipid barrier. Stratum korneum ini merupakan bagian dari kulit ari (epidermis), dimana fungsinya emang sebagai pelindung terluar kulit. Pasti udah pada tau lah ya, kulit ari itu lapisan yang super-tipis, yang kalo lecet dikit pasti jadi ada semacam warna putih mengelupas, nah itu lah kulit ari. Dalam kulit ari ada 2 lapisan, yaitu lapisan korneum dan malpighi

1. Stratum korneum
Lapisan ini berisi sel mati dan mengandung zat keratin. Lapisan ini akan selalu baru, dan kalau ngelupas gak berasa sakit karena gak ada saraf disitu, dan gak mengeluarkan darah.

2. Lapisan malpigh
Terdapat pembuluh darah untuk menyalurkan nutrisi. Mengandung sel - sel melanin (pigmen yang mewarnai kulit). Melanin ini lah yang nantinya memberikan nuansa warna kulit. Melanin akan menggelap kalo kulit terallu sering terpapar sinar matahari.

As far as I know, kulit kering itu juga merupakan penyebab dari berbagai masalah kulit lain seperti penuaan (aging), kulit kusam, dan dehidrasi. Dan itu memang bener terjadi di kulitku sih, beberapa tahun silam kulitku bener-bener kusam, mengelupas kalo habis kepanasan, dan bisa jadi berminyak banget kalo udah menjelang siang hari. Kalau aku gak pakai skincare, mungkin kulitku sekarang udah semakin peyot, kusam, bahkan tandus kering kerontang. Kalau pakai sembarang skincare, (semacam cream pelembab) kadang jadi komedoan, terus makin bingung gimana ngilanginnya. Serba salah kaaan...

Beberapa orang dengan kulit kering seringkali bingung bukan main, kudu diapain nih kulit biar gak kusam, biar gak mengelupas. Kadang kalau pakai pelembab pun malah jadi komedoan bahkan jerawatan. Terus gimana dong? 

Yang terbaik adalah kenali tanda-tanda kalau moisture barrier mulai terganggu, seperti kulit sensitif, kering, gampang memerah, sering bruntusan, bahkan jerawatan. Nah kalau udah muncul tanda-tanda semacam itu, sebaiknya hindari segala macam hal yang dapat memperburuk rusaknya barrier kulit seperti terlalu sering melakukan eksfoliasi, memakai skincare yang mengandung bahan aktif, tidak memakai sunscreen, gaya hidup yang kurang baik juga ikut berkontribusi. 


Lalu apa yang harus dilakukan?

Salah satu solusi untuk menghindari masalah akibat kulit kering yaitu dengan menjaga kelembaban kulit dan mempertahankan hidrasi kulit. Ketika kulit lembab, jaringan kulit pasti lebih kuat dikarenakan ada komponen air yang tertahan disitu. Ketika jaringan kulit kuat, dipastikan kulit lebih tahan terhadap faktor apapun yang dapat merusak kulit, seperti suhu (baik panas maupun dingin), bahan tertentu, gesekan, dll.

Sebenernya yang harus dilakukan pun sederhana kok. Hindarkan kulit dari berbagai macam stressor yang dapat memperburuk kondisi kulit, dan fokus aja supaya kulit bisa kalem. Jadi, cukup gunakan produk yang sifatnya ringan, dapat menjaga kelembaban, dan menenangkan kulit. Apapun itu, misalnya hydrating toner, light lotion, hydrating serum, essence, soothing gel, dan light moisturizer.


Untuk produk yang harus dipakai pun sekarang udah banyak pilihannya, tinggal cari aja yang claimsnya memang untuk kulit kering, atau bisa juga pakai produk yang fungsinya seputar soothing, hydrating, atau moisturizing. Buat yang takut komedoan, saran aja sih, sebaiknya pakai produk yang teksturnya cair, ringan, dan hindari produk dengan tekstur cream yang pekat. Aku pun begitu, produk yang aku pakai sebagian besar teksturnya cair, gel, dan light cream. Karena aku memang gak pernah cocok pakai cream yang berat, jatuhnya malah langsung komedoan bahkan jerawatan. Setelah concern ke skincare yang ringan, alhamdulillah komedo juga gak sering - sering banget nongol. Kulit juga terhidrasi dengan baik.

Untuk produk yang pernah aku pakai, silakan baca lagi di link postingan ini ya
My night skincare routine

My morning skincare routine
Weekly skincare routine 
My favourite skincare combination

Sekian dulu sharing singkat kali ini. Semoga bermanfaat yaa. 
Seputar Kulit Kering Dan Rekomendasi Produk Seputar Kulit Kering Dan Rekomendasi Produk Reviewed by Dini Nh on June 28, 2018 Rating: 5

4 comments:

  1. Wah aku selama ini menganggap krim yg pekat itu bisa lebih baik dalam menjaga kelembaban karena awet gitu. Mungkin ini yg bikin komedoku masih ada terus kali ya meski bersihinnya udah lumayan beberapa step. Thanks for sharing Mba Dini :)

    ReplyDelete
    Replies
    1. wahh, bisa jadi mbaa. tips sederhana saya bisa dicoba. hehe
      thanks juga sudah mampir :)

      Delete
  2. Kulitku cenderung berminyak. Hiks

    ReplyDelete

Powered by Blogger.