Multitasking - Treat my self better

Setelah dipikir-pikir, kok aku banyak ngeluh terus ya. Begini kurang, dikasih ini salah, dapet itu salah. Gak jelas apa maunya. Banyak komentar, protes, serba ga nerima meskipun cuma dalam hati aja. That is the real me, to be honest. Suka ngeluh, kurang bersyukur, tapi untungnya aku masih sadar kalau hal-hal itu 'not good' buat kehidupanku.

Disitulah posisi seorang wanita sedikit agak diuntungkan. Meskipun di beberapa aspek sangat down, tapi seorang wanita ditakdirkan punya sisi baik berupa 'kepekaan' terhadap berbagai hal, termasuk berbagai kejadian dalam kehidupan, kepekaan terhadap diri sendiri dan orang lain, dan hal-hal lain yang lebih spesifik ke soal 'rasa'. Dia bahkan bisa sadar atau membaca bahwa hal ini baik, hal itu buruk berdasarkan kepekaannya.

Anggap saja itu adalah good news bagi seorang wanita.

Namun, gak semua wanita act in a same way, gak bisa dipukul rata. Aku pribadi mungkin masuk disitu, kadang baik, kadang juga kacau, dan kupikir wajar. Selama kita masih selalu berkaca, dan mencari apa yang kurang dalam diri kita, that's not a big matter.

Apa yang kurang dalam diri akan membuat kita lebih on fire untuk memperbaiki itu semua, bukan malah jadi semakin down. Idealnya.


Nah yang jadi masalah, gimana caranya biar tetap 'produktif', tetap on fire, ga buang-buang energi buat ngeluh, dan supaya tetap terkendali?

Jawabannya, mari coba untuk doing something, handle sebanyak mungkin urusan, atau bisa disebut multitasking. Intinya, kerjakan banyak hal, jangan pernah puas akan suatu keadaan, dan harus selalu belajar akan hal baru.

Aku pribadi bukan orang yang bisa stuck dalam suatu keadaan. Pengen selalu muter dan kerjain sesuatu. Karena aku pribadi sadar, bahwa hanya berdiam diri itu membuat otak kita mati. Kita jadi males, jadi jarang mikir, pasrah sama keadaan, and bad news! Kepekaan dan semangat diri lama-lama akan hilang. Apalagi kalau hanya pasrah sama keadaan, tanpa kesibukan, jarang ketemu dengan hal-hal yang kontradiktif, bisa dipastikan kita akan jadi semakin jauh dan tertinggal.

Seperti judulnya ya, multitasking treats myself better. Multitasking artinya kita mengerjakan banyak hal dalam satu waktu. Lalu, Apa saja yang bisa kita kerjakan?

Banyak kok. Latihan untuk peka, baca keadaan, dan coba kerjakan hal-hal sepele disekitar kita. Misalnya yang kesibukannya dirumah, tidak usah mengeluh dan enjoy saja mengerjakan kesibukan dirumah. Dirumah biasa memasak, ya silakan lakukan. Selesai itu, coba untuk memulai mengerjakan hal lain. Misalnya baca koran, baca buku, kalau dirasa membosankan ya gunakan gadget kita (sekali-kali) untuk search content yang berfaedah. Meskipun sedikit, yang penting kita belajar akan hal baru dan sedikit atau banyak setidaknya bermanfaat, at least untuk diri sendiri.

Kalau yang bekerja? ya disyukuri saja. Bekerja, kadang juga masih harus mengurus rumah, mengikuti kegiatan lain, dan harus handle urusan lain. Artinya, kita mampu kerjakan berbagai hal dan yang pasti bermanfaat. Sepulang kerja lalu capek itu biasa. Tapi pisahkan antara lelah dan malas. Lelah jangan kita jadikan suatu alasan agar kita bisa santai-santai ria. Itu bukan lagi lelah, tapi rasa malas.

Apalagi yang masih single, tidak ada tanggungan, jangan sekali-kali mengeluh lelah. Tapi coba pikirkan, apa sih yang sudah kita lakukan? Lelah sekali-kali wajar, tapi jika setiap hari merasa lelah, itu jadi pertanyaan. Mungkin ada semangat yang hilang dalam diri kita. One thing i finally understand, malas itu karena kebiasaan.

That's why, kerjakan hal apapun, sebanyak-banyaknya. Selama hal tersebut positive, itu akan melatih kita jadi selalu berpikir, on fire, selalu berputar, dan kita jadi terbiasa untuk handle berbagai macam urusan.

Aku pribadi juga sering merasa lelah. Lelah kerja, banyak kegiatan, lelah dengan ujian hidup, lelah karena terlalu overload. Belum lagi ada pekerjaan rumah yang tampaknya sepele tapi cukup menyita waktu. But it's okay, mencoba saja untuk menikmati semua itu daripada hanya ngeluh. Dan akhirnya hal itu menjadi treatment yang istimewa untuk aku pribadi. Aku jadi terbiasa dengan banyak hal, terbiasa dengan berbagai macam ujian, terbiasa handle bermacam-macam urusan, dan yang pasti jadi tidak ada waktu untuk mengeluh.

Berani multitasking? Share your opinion below!

Sekian curhat kali ini. Fighting!!


Multitasking - Treat my self better Multitasking - Treat my self better Reviewed by Dini N on March 02, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.