Weekly Skincare Routine

Kalau banyak yang bertanya, gimana sih caranya bikin wajah cepet cerah? gimana biar bisa cepet putih? produk apa yang bisa bikin wajah cerah?
Berarti si penanya memang kebanyakan micin. hehehe.

Beberapa yang mau instan kadang jadi kalang kabut. Jadi mudah terpengaruh dan ngasal beli produk dengan claims yang sangat berani. Padahal, skin concern 'memutihkan' atau 'mencerahkan' itu hampir sulit dicapai. Why? karena warna kulit itu udah faktor bawaan yang kita bawa dari lahir. Kalaupun bisa dicerahkan pun, juga bukan yang benar-benar sangat berbeda dengan aslinya. Kalo baca-baca dari para beauty expert, kulit wajah itu bisa jadi putih/lebih cerah sesuai dengan bagian (kulit) tercerah pada tubuh kita. Misalnya, warna kulit di lengan, warna kulit di punggung/ perut. Nah maksimal kulit wajah kita hanya bisa cerah sesuai dengan kulit yang dirasa paling cerah dalam tubuh. Hope you guys know what i mean.
Jadi, akan terlihat artificial ketika punya wajah putih, tapi kulit tangan atau leher lebih gelap misalnya. Yang ada bukan semakin PD, tapi malah terlihat aneh. Ya ga sih?

Aku pun setelah pakai skincare bermacam-macam, warna kulit juga biasa aja. Gak makin putih, gak yang bener-bener spotless. Karena memang dari awal sudah menyadari, bahwa memutihkan kulit itu bukan hal wajar yang bisa dilakukan. Cukup merawat dengan telaten, konsisten, masalah wajah lama-lama berkurang. Itu lebih masuk akal dan menyenangkan.

Telaten dan konsisten memang jadi kuncinya. Kalau kita sabar dalam menutrisi kulit, lama-lama kulit pasti membaik dan malah bisa memberikan hasil diatas ekspektasi kita.

Penting untuk wanita agar tidak mudah termakan iklan. Agar membiasakan baca dulu sebelum beli. Dan cari informasi sebanyak-banyaknya sebelum beli produk, karena sekarang berbagai informasi sudah bisa diakses dengan mudah.



Ngomongin weekly routine, intinya aku akan fokus ke eksfoliasi. Eksfoliasi merupakan proses untuk mengangkat sel kulit mati, sehingga akan membantu proses regenerasi kulit, dan kulit akan tampak lebih bersih. Pernah aku tulis sebelumnya mengenai jenis-jenis eksfoliator sesuai jenis kulit. Yang belum baca silakan baca dulu disini ya.

Skincare mingguan yang aku pakai sejujurnya cuma ada 3 produk, dan ketiganya berfokus pada eksfoliasi dan ekstraksi komedo.
Berikut ini akan aku share produk exfoliasi mingguan yang aku pakai. Fyi, pakai eksfoliator jangan terlalu bersemangat. Harus sabar dan memang tidak boleh terlalu sering. Both chemical and physical exfoliator, rekomendasinya dipakai 2 - 3 kali dalam seminggu. Karena terlalu sering mengeksfoliasi malah bikin kulit wajah tipis dan iritasi. Tapi disesuaikan dengan kondisi kulit juga. Ketika kulitmu baik-baik saja, dan gak ada masalah dengan bahan aktif, silakan saja kalau mau dipakai setiap hari. 

Kulitku tipenya normal-kering dan kadang sensitif. Produk eksfoliasi yang aku pakai pun minimalis, karena memang enggak mau memberatkan kulit. 

1. Chemical Exfoliator

Untuk chemical exfoliator yang aku pakai adalah dari Cosrx Aha 7 Whitehead Power Liquid. AHA memang lebih direkomendasikan untuk kulit kering karena sifatnya yang bisa melembabkan kulit. Aku pakai AHA 2 kali seminggu dan disesuaikan kondisi kulit. 
Kalau 2 kali seminggu dirasa membuat wajah iritasi, aku akan pake ketika wajah benar-benar gradakan penuh whitehead. Cara pakainya juga perlu diperhatikan, jangan di mix dengan produk yang mengandung bahan aktif, seperti retinol, benzoyl perokside, dan vitamin C.
Untuk waktu pemakaiannya pun pastikan pakai di malam hari. Cara pakainya, setelah cuci muka, pakai hydrating toner, AHA, lalu moisturizer (optional).

2. Physical exfoliator

Physical merupakan kebalikan dari chemical, yaitu menggunakan bantuan suatu bahan untuk mengangkat sel kulit mati dan kotoran di wajah. Yang aku pakai adalah scrub dan peel-off mask. Untuk produknya, aku pakai Skinfood Strawberry Mask Wash Off. Butiran scrub gula dan strawberry seednya membantu untuk mendorong sel kulit mati terangkat. Pemakaiannya pun cukup mudah. Gunakan seminggu 2-3 kali dan pakai sesukamu. Bisa setelah cuci muka, setelah bangun tidur, atau sebelum skincare routine. Yang jelas, setelah pakai harus di bilas dengan air hangat sampai bersih agar tidak menyisakan rasa licin di kulit. Setelah pakai kulit terasa bersih dan lembab. Karena strawberry seed ini cukup mild, jadi bisa-bisa saja setelah scrubbing dilanjutkan pakai AHA, hasilnya akan lebih maksimal. Jangan lupa pakai moisturizer setelahnya.

Produk physical exfoliator yang kedua yaitu The Face Shop Jeju Volcanic Lava Peel-Off Clay Nose Mask, adalah masker clay yang fungsinya untuk mengangkat komedo. Tapi hanya digunakan untuk daerah hidung. Cara pakainya juga sederhana, usapkan ke area hidung dan sekitar, tunggu sampai kering (15-20 menit), kalau sudah kering tinggal di angkat (peel-off). Kalo lagi beruntung, pasti banyak whitehead yang terangkat. Kalau pun cuma sedikit yang terangkat, mungkin wajah kita masih terlalu bersih dan belum butuh pakai clay mask.
Aku sendiri pakai ini kalau whitehead sudah berasa gradakan dan mengganggu. Mungkin seminggu 1 kali saja. Kalau terlalu sering, malah kadang sedikit komedo yang bisa terangkat dan kulit jadi iritasi. Lebih baik sesuaikan dengan kondisi kulit juga yaa.

Menggunakan produk-produk exfoliasi secara telaten dan konsisten sangat bisa berkontribusi untuk mencerahkan kulit. Remember, gak ada yang instan. Proses regenerasi kulit saja butuh waktu sekitar 28 hari. Agak aneh dan patut dicurigai ketika ada produk yang bisa mencerahkan dalam waktu singkat. Berarti ada hal yang dipaksakan disitu.

Sekian tulisan kali ini. Terima kasih sudah mampir.

Weekly Skincare Routine Weekly Skincare Routine Reviewed by Dini Nh on February 28, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.