My Night Skincare Routine and Budget

Malam hari merupakan waktu terbaik bagi kulit untuk regenerasi, baik kulit tubuh maupun kulit wajah. Pada dasarnya, semua bagian tubuh bermetabolisme lebih baik di malam hari. Khusus untuk kulit, dia akan mengalami proses regenerasi 2 kali lipat lebih cepat mulai jam 10 malam. Terjadi proses perbaikan sel kulit yang rusak, pembaruan sel baru, dan pelepasan sel kulit mati.

Karena proses metabolisme dan regenerasi tersebut berjalan lebih cepat di malam hari, sedangkan dalam suatu metabolisme pasti diperlukan banyak nutrisi dan cairan, tidak heran jika tubuh kita berpotensi mengalami dehidrasi. Beberapa saran untuk menjaga kesehatan diantaranya minum air putih sebelum dan setelah bangun tidur. Hal tersebut menjadi masuk akal, karena memang di saat tidur tubuh memerlukan lebih banyak cairan.

Analogikan hal tersebut dengan kulit kita, pasti terjadi proses yang sama pula. Untuk itu, ada baiknya kita harus support proses regenerasi kulit agar lebih maksimal, baik dari dalam maupun dari luar. Dari dalam tubuh salah satunya dengan mencukupi kebutuhan cairan harian, nah kalau dari luar salah satunya melalui skin caring. Skincare di malam hari lebih baik di fokuskan ke produk yang fungsinya seputar hidrasi, moisturize, dan eksfoliasi. Hidrasi penting untuk menjaga agar kulit tidak kekurangan cairan selama proses regenerasi di malam hari. Moisturize juga penting untuk mengunci kelembaban kulit. Eksfoliasi untuk membantu proses pelepasan sel kulit mati.

Nah, untuk Night skincare routine aku kali ini masih diadopsi dari korean skin care routine. Meskipun produk yang aku pakai juga masih ada produk lokal. Yang terpenting kita bisa mengerti kebutuhan kulit, dan produk yang kita pakai benar-benar cocok jika digunakan bersama dengan produk lain.


Apa saja skincare yang aku pakai di malam hari?

Night skincare aku gunakan setiap hari sebelum tidur. Beberapa produk memang ada yang sama dengan morning skincare routine. Seperti toner, face wash, dan essence, aku selalu gunakan pagi dan malam hari. Untuk informasi saja, tipe kulitku normal cenderung kering. Serba-serbi skincare yang aku gunakan selalu seputar hydrating dan moisturizing. Produk - produk yang aku pakai pun memang sebagian besar adalah korean product. Ada produk lokal juga yang aku pakai selama formulanya cocok dan aman. Let me share it to you...

night-skincare-routine



1. Face wash

Cuci muka sebenarnya aku lakukan di sore hari tepatnya waktu mandi. Nanti malamnya optional aja sih, kalau muka udah berasa berminyak ya aku cuci muka lagi. Kalau masih terasa bersih ya gak perlu cuci muka. Produk sabun muka yang aku pakai masih sama dengan yang aku pakai di pagi hari yaitu Hada Labo Gokujyun Ultimate Moisturizing Face Wash. Mau dipake se-sering apapun, formula hada labo memang gak bikin kulit iritasi dan sangat cocok untuk kulit sensitif. Jadi kalo mau cuci muka lebih dari 2 kali sehari pun menurutku masih aman.


Price : Rp 17000


2. Toner

Toner yang aku pakai di malam hari juga masih sama dengan toner pagi hari, yaitu Secret Key Aloe Soothing Moist Toner. Formulanya ringan dan mudah diserap jadi sangat cocok untuk toner harian. Secret key ini isinya banyak (248 ml), bisa habis 6 - 7 bulan dengan pemakaian rutin 2 kali sehari. Tapi sayangnya harus dibeli online, di Indo belum ada counter resminya.


Price : Rp 125000


3. Essence

Essence juga masih sama dengan morning skincare, yaitu Secret Key Starting Treatment Essence Rose Edition. Si ste ini gak pernah sekalipun mengacaukan kulit, selalu memberikan efek lembab dan calming, sehingga cocok untuk menghidrasi kulit semalaman.

Price : Rp 175.000


4. Serum

Serum merupakan produk terkonsentrasi yang biasanya ditujukan untuk menangani masalah kulit yang spesifik. Meskipun begitu, trend serum sekarang ini justru sebaliknya. Mulai banyak serum yang mengclaim bisa mengatasi berbagai masalah kulit, salah satunya yaitu Natural Pacific Fresh Herb Origin Serum. Serum ini aku pakai bergantian dengan serum vitamin C. Fresh herb origin serum ini jadi hype karena efek pertama kali saat dipakai yang menimbulkan sensasi tingling luar biasa. Aku sudah review secara detail, info lebih mendalam silakan klik link diatas ya.

So far cocok-cocok aja pakai serum ini, gak timbul purging ataupun breakout. Udah gitu awet banget. Isinya 50 ml, aku pakainya 2 kali sehari, udah hampir 5 bulan aku pakai dan sekarang produk masih sekitar 1/4 botol.


Price : Rp 185.000




5. Eksfoliator

Nah ini yang terpenting. Awalnya sempat takut dengan chemical exfoliator. Tapi setelah memberanikan diri untuk coba, sekarang malah merasa cocok. Produk yang aku pakai yaitu Cosrx AHA 7 Whitehead Power Liquid. Isinya glycolic acid 7%. Untuk chemical eksfoliator sejenis AHA, pakainya harus malam hari dan frekuensi pakainya cukup 1 - 2 kali seminggu. Penggunaan eksfoliator terlalu sering juga kurang baik karena bisa jadi over eksfoliasi, nanti efeknya kulit jadi menipis, sensitif, dan kulit kehilangan barrier alaminya.


Price : Rp 175.000


6. Sleeping mask

Moisturizing tak lengkap tanpa sleeping mask. Produk sleeping mask pertama dan yang masih setia aku pakai yaitu Laneige Water Sleeping Mask. Kulitku memang keringnya keterlaluan. Sudah sampai step serum pun kadang masih berasa kurang lembab. Setelah coba pakai sleeping mask, ternyata memang bisa mengunci kelembapan kulit. Sampai pagi kulit tetap berasa lembab, tone kulit lama-lama jadi lebih cerah, dan kulit jadi keliatan sehat.

Price : Rp 35000 (sample size)

*Note: Harga diatas bisa bervariasi. Harga yang aku cantumkan diatas adalah harga di saat aku beli produk.


Total Budget

Face wash           Rp 17000
Toner                   Rp 125000
Essence               Rp 175000
Serum                 Rp 185000
Sleeping mask    Rp 35000

Total : Rp 537.000


Setiap produk rata-rata habis dalam 4 - 5 bulan.

Jadi budget perbulannya sekitar Rp 107.400 - Rp 134.250

Mahal atau engga tergantung prioritas kebutuhan. Kalau memang skincare dirasa penting, pasti bisa kok menyisihkan uang/penghasilan dan memulai untuk skin caring dari yang basic dulu. For me, skincare menjadi penting, karena tanpa skincare jadi muncul banyak problem kulit. Nah, daripada kulit bermasalah, dan pengobatannya pun juga enggak murah, lebih baik nyicil setiap hari, step by step. Paling enggak, masalah kulit sedikit berkurang.

Yang perlu di ingat, kalau mau memulai skincaring harus sabar. Jangan mentang - mentang punya duit, bisa beli skincare full set dan akhirnya langsung pake semua bebarengan. As i said before, mungkin kamu bisa saja beli skincare apapun, tapi ingat kulit kamu belum tentu bisa nerima loh. It takes time.

Jadi, usahakan selalu memulai dari yang ringan dulu, seperti sabun muka, toner, emulsion atau essence. Kalau kulit sudah sedikit terkondisikan, mulai bisa beradaptasi (biasanya 2-3 minggu), kamu bisa tuh tambah beberapa step ke eksfoliator atau serum.

Inilah sekilas tentang my night skincare routine. Semoga bermanfaat dan bisa jadi referensi yaa...

My Night Skincare Routine and Budget My Night Skincare Routine and Budget Reviewed by Dini Nh on May 09, 2018 Rating: 5

No comments:

Powered by Blogger.